Ulasan One Piece Chapter 843

0

Heso…

Well. Good Job. Hanya dengan satu chapter Odachi berhasil membuat para fans Sanji berteriak. Kesal atau mungkin ada yang kecewa parah.

But wait…

Sanji punya alasan untuk berbicara seperti itu.

By the way, ingatkah kalian bahwa aku juga pernah mengulas bahwa pada arc kali ini, memiliki kemiripan dengan kisah Robin.

Robin pun punya alasan kan?

Hal unik yang seperti disengaja, Robin pernah berucap berpisah dengan kru pada Sanji. Dan saat ini Sanji melakukannya sendiri. Ini pasti sengaja LOL.

Oke, kita lewatkan prolog yang terlalu ngawur. Banyak hal yang harus diulas sepertinya.

1. K.O

Sudah pasti kalah. Cracker terbang layaknya bola meriam yang menghantam apapun yang ada didepannya. Para hommies, prajurit biskuitnya sendiri dan bahkan kastil kue. Tidak ada lagi tameng biskuit yang melindunginya. Cracker sudah benar-benar tumbang. Well, sekarang dia benar-benar merasakan rasa sakit. Aku penasaran apa yang akan diucapkan Cracker tentang rasa sakit yang dia terima dari Luffy.

Kekalahan Cracker menambah daftar komandan Big Mom yang telah dikalahkan. Sekarang kita memiliki 4 nama para komandan. Pertama Cracker yang baru saja dikalahkan oleh Luffy. Kedua Snack, yang kemungkinan besarnya dialah orang yang sudah dikalahkan oleh Uroge. Dan dua nama lainnya adalah Katakuri dan Smothie.

2. KELUARGA BESAR

Masuk dan menjemput Sanji ke dalam wilayah Totland, sebenernya ibarat bunuh diri.

Ya, bayangkan saja. Saat ini tengah akan dilangsungkan pesta pernikahan antara Sanji dan Purin. Sudah bisa diperkirakan bahwa masing-masing keluarga besar akan berkumpul. Pasukan Big Mom dan Pasukan Germa 66.

Dari sisi Germa mereka memiliki anak anak luar biasa hasil rekayasa genetika. Reiju, Ichiji, Niji dan Yonji. Belum lagi sang ayah, Judge. Sementara ada tambahan pasukan tentara Germa yang secara fisik dan kekuatan semuanya sama rata karena mereka semua adalah tentara buatan.

Sementara dari sisi Big Mom sudah jelas kekuatan Yonko tidak bisa diremehkan. Memiliki 4 komandan utama, meskipun 2 sudah dikalahkan. Belum lagi jumlah anak dan para Hommies yang ada di sana. Jangan lupakan para aliansi bajak laut Big Mom yang rata-rata terikat karena tali pernikahan.

Bayangkan berapa besar pasukan yang bertentangan dengan Luffy saat ini. Itu bagaikan tembok besar China yang hendak diruntuhkan dengan palu biasa LOL.

Meskipun Luffy berhasil mengalahkan Cracker, satu dari 3 komandan yang tersisa. Bukan jaminan Luffy bisa menghadapi sisanya seorang diri. Belum lagi anak-anaknya yang lain pasti akan turut campur.

Perospero, Opera, Montd’Or, Brulle, Galette, Chiffon, Praline. Dan tentu nama anak-anak lainya yang belum muncul. Mereka pasti akan turut andil dalam cerita.

Belum lagi masih ada kotak “Tamatebako”, yang pasti akan menjadi sebuah bom waktu.

Mau jadi seperti apa pertarungan yang nanti terjadi di sini? Aku masih belum memahami akan terjadi apa dalam arc kali ini. Ya, tapi tentu jangan lupakan kekuatan paling mengerikan di lautan.

Bukan Haoshoku Haki, bukan buah iblis yang sudah tahap awakening.

Tapi…

Kekuatan yang dapat menjadikan orang-orang di sekitarnya menjadi teman.

3. VIVRE CARD SPESIAL

Sekarang kita tahu bahwa Vivre Card pemberian Lola benar-benar spesial.

“Sudah menjadi hal lumrah bahwa para hommies tidak berdaya di hadapan Vivre Card tersebut”.

Garis bawahi saja, bahwa para penunggu secara umum adalah keseluruhan, benda-benda yang dimasuki oleh jiwa-jiwa yang disebar oleh kekuatan Big Mom. Dengan kata lain, Nami sudah memegang separuh kekuatan untuk menguasai para Hommies yang ada di Totland. Semuanya berkat Vivre Card tersebut XD.

Jika semua Hommies tunduk, tentu mereka semua akan berpihak pada Nami kan? Sederhananya mah gitu LOL.

Dan informasi yang tak kalah pentingnya yakni anak-anak Big Mom tak ada yang memilikinya!

Lantas…

Kenapa Lola memilikinya?

Apakah Lola spesial?? Atau Lola hanya sekedar mengambilnya?

Sikap idealisme Big Mom menegaskan bahwa apapun kehendak Big Mom adalah mutlak, sekalipun kepada anak-anaknya.

Tidak ada yang berani menentang, tidak ada yang berani menolak. Harus ya harus!

Jika anak-anak Big Mom harus dikorbankan kebahagiannya hanya demi idealisme Big Mom untuk mencapai impian menciptakan sebuah keluarga besar dari semua ras dan duduk bersama sambil makan tanpa memikirkan derajat.

Maka tentu janggal membiarkan seorang anaknya berkelana untuk mencari cinta sejatinya. Bahkan Purin pun tak kuasa menolak perjodohannya.

Jadi sesepesial apakah Lola?

Hanya melarikan diri tapi bisa membawa Vivre Card yang anak-anak lainnya tak bisa memilikinya. Semuanya amat janggal.

Mungkin Lola mampu melewati tahapan tertentu sehingga Big Mom mengizinkannya pergi?

Lola mengklaim dirinya sebagai kapten bajak laut Rolling. Dan sebagai bajak laut hal yang paling penting adalah hidup bebas.

Ingat ya, Big Mom adalah orang yang juga cukup terbuka dengan sebuah alasan. Jinbei pun diperbolehkan keluar dari bajak lautnya asalkan ada bayaran yang setimpal. Ya, bagaimana jika memang Lola pun melakukan hal yang sama.

Dia mengatakan keinginannya, lalu menjalani hal yang sama dengan Jinbei lakukan. Vivre Card adalah imbalan atas keberanian Lola, sekaligus cara agar mungkin kelak Lola bisa kembali lagi setelah mendapatkan cinta sejatinya.

Aku harap Lola sedang dalam perjalanan pulang kembali ke Totland dan membawa suaminya XD.

4. ZEUS DAN PROMETHEUS

Aku tidak perlu menjabarkan tentang apa penjelasan dari dua istilah tersebut. Aku yakin, kalian sudah tahu juga. Dan pasti teman-teman reviewer lain sudah membahasnya.

Jadi aku tak usah bertele-tele, aku hanya ingin menekankan. Bagaimana caranya Big Mom bisa melakukan hal tersebut? Bagaimana tangan kirinya dapat memanggil awan petir Zeus dan tangannya memanggil matahari Promethus. Bagaimana caranya dia memanipulasi cuaca? Bukankah buah iblis Big Mom adalah Soru-soru no Mi (soul/jiwa).

Apapun yang dilakukan Big Mom pastilah kembali pada kekuatan buah iblisnya. Itu semua pasti karena Soru-soru no Mi.

Inilah yang aku paling suka dari One Piece, ketika apapun itu yang terlihat di luar batas. Semuanya masih masuk akal ketika semuanya digerakan oleh kekuatan buah iblis. Logika One Piece LOL.

Doflamingo bisa melayang di udara, aneh! Tapi tidak ketika kita tahu mekanismenya. Benang dikaitkan di awan. Masuk akal!

Maka dari itu pasti selalu ada penjelasan yang masuk akal.

Bukankah kalian sudah melihat awan dan marahari yang hidup? Bagaimana jika jiwa yang memasuki suatu materi bisa berkembang? Tentu harus berdasarkan perintah sang pemilik kekuatan buah iblis.

Sang awan bisa menciptakan awan petir Zeus dan sang matahari bisa menciptakan Prothemus. Dan ini mungkin adalah tahapan “awakening” dari buah iblis Soru-soru.

Di mana mereka bisa mempengaruhi sifat materi yang dirasuki. Awan mengeluarkan petir atau hujan. Matahari dengan Prothemusnya. Mungkin kalo gunung yang dirasuki, tentu mungkin bisa mengeluarkan magma dalam perut bumi. Bagaimana? XD.

Well, meskipun menurut Pound itu hanya rumor. Tapi itulah kenyataannya, bahwa ketika Cracker dikirim untuk menghabisi musuh (Uroge) yang mengalahkan komandan Snack. Tiupan badai dan gemuruh petir mengikuti kapal mereka.

Tapi yang jelas, Luffy telah memancing bencana. Seperti yang dikatakan Pound, kita harus mulai memikirkan amukan Big Mom. Tapi tentu itu tidak akan langsung terjadi. Pesta pernikahan saat ini jauh lebih penting. Big Mom pasti tahu mana yang lebih prioritas saat ini. Mengamuk karena Cracker kalah atau buru-buru mengikat jalinan keluarga dengan Vinsmoke Family.

5. LUFFY DAN KEKHAWATIRANNYA

Luffy adalah tipikal orang yang lurus. Jarang berpikir dan seenaknya. Tapi ketika itu menyangkut kru atau teman, Luffy kerap kali serius menanggapinya.

Dan kupikir Luffy mulai memiliki kekhawatiran soal Sanji. Pada intinya ini semakin menguatkan perkiraanku bahwa batas waktu untuk menjemput Sanji adalah sebelum waktu pernikahan dimulai. Karena jika itu terjadi maka Sanji akan menjadi bagian dari keluarga Big Mom, yang akan tetap menyeret Luffy semakin jauh jika dia masih menjadi nakama Luffy.

Masalahnya sekarang adalah berapa lama lagi pesta pernikahan ini akan berlangsung?

Kita pakai perumpaan hari saja biar lebih mudah. Jika hari dimana Luffy tiba di Totland adalah hari minggu. Dan dikatakan waktu pernikahan Sanji adalah 3 hari lagi. Berarti hari pernikahan Sanji adalah hari Rabu.

Waktu perjalanan dari pulau Cocoa ke pulau utama Whole Cake Island memakan waktu satu hari, berarti mereka tiba di pantai Whole Cake itu adalah hari Senin. Mungkin bisa jadi pun sudah agak siang, karena matahari sudah cukup tinggi.

Lalu, jika pertarungan Cracker memakan waktu 11 jam. Chopper yang berlarian menyebabkan ada warga yang melihatnya ketika sedang bercermin di malam hari. Maka artinya hari sudah berubah. Dengan kata lain hari kekalahan Cracker adalah Selasa pagi.

Artinya hari ini bukan hari pernikahan, melainkan besok. Pertemuan antara Vinsmoke dan Charlote hari ini adalah pertemuan pra nikah untuk mengenalkan masing-masing mempelai kepada keluarga besar.

Masih ada 1 hari lagi waktu untuk mengambil Sanji. Sebelum pesta sesungguhnya dimulai.

6. BAIK-BAIK SAJA

Chopper dan Carrot masih terjebak di dunia cermin. Chopper berkata “kalau semua berjalan lancar, kita pasti bisa.”

Kata yang mungkin menekankan mereka sedang melakukan rencana. Tapi belum terjadi. Karena mungkin Brulle terus mengejar mereka. Atau karena belum waktunya saja rencana itu dijalankan.

Tapi ditegaskan bahwa tidak ada yang bisa dilakukan untuk menolong mereka dari luar. Dengan kata lain, memecahkan kaca dari luar dunia cermin, bukan cara untuk mengeluarkan mereka.

Tapi yang jelas kita tahu bahwa mereka berdua baik-baik saja. Jika kastil adalah tujuan Luffy dan Nami. Tidak menutup kemungkinan sebenarnya Chopper juga sedang mencari cermin yang terhubung ke dalam istana. Aku masih tetap berharap ada satu cermin di dalam istana yang merupakan jalan keluar dan masuk ke dalam dunia cermin yang memang sudah disiapkan oleh Brulle agar mudah memantau aktifitas semua warga di Totland.

Well, sekarang tinggal nasib Pedro dan Brook saja yang masih belum jelas.

7. KEMBAR MESUM

Akhirnya Sanji dan Luffy bertemu, setelah Raja Baum membantu mereka keluar dari hutan perayu. Luffy tepat waktu tiba di sana ketika Sanji masih berada dalam iringan menuju istana.

Hal yang menarik yang aku tangkap adalah bahwa semua anak laki-laki Vinsmoke menunjukan tingkat mesum yang sama. Ichiji, Niji atapun Yonji melihat Nami dengan mata love. Sebuah perilaku yang juga kerap Sanji tunjukan.

Artinya, mereka berempat termasuk Sanji adalah tipikal orang yang tertarik dengan gadis-gadis cantik. Tapi kelihatannya pesona Nami lebih menarik ketimbang Cosete XD.

Mereka kembar 4, lahir di hari yang sama. Sangat wajar ketika mereka memiliki prilaku yang sama juga.

Tapi dari mana?

Sang ayah, Judge. Sama sekali tidak memperlihatkannya. Apakah ini pengaruh umur? Tidak juga kemesuman tidak harus masalah umur. Atau ini turunan dari ibu? XD

Sedikit mustahil LOL.

Ekspresi lain yang aku tangkap adalah ekspresi senyum Reiju. Yang seperti senang melihat kedatangan Luffy. Kalo Sanji yang terkejut pasti tentu sudah tidak aneh.

Tapi seharusnya Sanji peka dan tahu. Bahwa Luffy tidak mungkin tidak akan datang untuk menjemputnya XD.

8. KENANGAN DAN ANCAMAN

Aku tahu pasti Sanji merasakan gelisah parah ketika Luffy datang untuk menjemputnya.

Dan aku masih belum memahami kenapa masih ada saja orang yang membenci sikap Sanji saat ini. Pada bagian ini sudah jelas bahwa Sanji sudah tersudutkan oleh pilihan yang sulit.

Tidak ada yang bisa dilakukan oleh Sanji ketika ancaman yang diberikan padanya menyangkut nyawa orang-orang yang disayanginya. Ditambah kedua tangan Sanji terborgol oleh sebuah borgol yang bisa meledak. Tangan adalah hal yang paling berharga dalam tubuhnya. Alasan memasaknya pun dikarenakan mendiang ibunya. Jadi Sanji memang dibuat seolah tidak memiliki pilihan.

9. VINSMOKE SANJI

Adalah nama yang pasti akan terkenal ke depannya. Nama ini pasti akan dipakai untuk seterusnya. Untuk memperkenalkan seorang pangeran tampan dari negeri utara bernama Vinsmoke Sanji.

Ya sekarang mungkin Nami akan berpikiran lain terhadap Sanji LOL.

Monkey adalah nama keluarga yang paling fenomenal. Vinsmoke adalah nama keluarga yang cukup disegani dalam dunia underground ataupun pemerintah.

Lalu bagaimana dengan Roronoa?

Seharusnya trio monster memiliki nama-nama keluarga yang bisa membuat bulu kuduk merinding kala disebut. Ibarat menyebut nama Lord Voldemort yang tabu “you-know-who” XD.

10. KEBOHONGAN PRIA

Kata-kata Sanji memang menjemukan. Tapi tentu ada alasan kenapa Sanji melakukannya.

Tentu motivasinya adalah ancaman tersebut yang tidak bisa Sanji hindari lagi. Tapi pada kenyataannya semua hal yang dikatakan Sanji adalah untuk melindungi dan menjauhkan Luffy ataupun Nami dari masalah yang akan bertambah rumit.

Seperti Robin yang dulu kala tidak mau membahayakan kru Topi Jerami. Karena ancaman yang dibawa adalah sebuah Buster Call yang menjadi kenangan pahit di masa lalunya. Mau tidak mau Robin harus memihak CP 9 kala itu.

Tidak ada bedanya dengan Sanji. Ingat apa yang terjadi saat makan malam keluarga Vinsmoke. Ketika terjadi sebuah perkelahian antara Sanji dan Niji karena diawali oleh Niji yang menghina Cosete. Apa yang didapatkan oleh Sanji saat itu.

Jaminan kematian Zeff jika Sanji terus berulah. Apa yang terjadi pada Sanji kala itu, diam tak bergeming. Seolah tak bisa melakukan apapun?

Diakhir kata Judge hanya berkata “Selama kau patuh dan mengikuti alur pernikahan, semuanya akan baik-baik saja!”

Apakah masih ada yang berpikir sikap Sanji kelewatan terhadap Luffy dan Nami?

Sanji harus terpaksa berbohong karena memang saat ini, itu adalah pilihan terbaik untuk menyelamatkan krunya. Karena saat ini, yang paling tahu tentang kekuatan keluarganya adalah Sanji sendiri. Sekalipun dia pasti tahu Luffy adalah orang yang sangat kuat.

Well, ada satu panel dimana alis Sanji salah ulirnya. Tapi itu murni salah gambar. Tidak perlu dikaitkan dengan teori bahwa sekarang Sanji sudah menjadi Sanji Vinsmoke atau hal lain. Tidak ada dasar yang kuat terhadap hal tersebut.

Yang ada Sanji bersikap seperti itu untuk menyelamatkan mereka dari bahaya. Seperti pilihan Robin kala itu.

***

Kalian pasti tahu bahwa Luffy pasti tidak akan terima dengan alasan Sanji. Konflik ini kembali berulang seperti apa yang terjadi pada Robin. Apa yang akan dilakukan Luffy selanjutnya tentunya pasti akan mencari alasan terhadap sikap Sanji.

Masih ada 1 hari kan, jelang upacara pernikahan? Masih ada waktu menyusun strategi untuk mengambil Sanji. Tapi tentu Sanji harus mendapatkan pencerahan lagi, untuk tidak takut dengan ancaman. Karena mereka sudah hampir mati berkali-kali untuk berjuang bersama.

Sanji tidak perlu berjuang sendiri karena masih ada teman-teman setia yang siap menolong dia kapanpun.

Membosankan? Tidak! Mudah ditebak? Enggak juga.

Tapi aku kembalikan lagi, itu tergantung dari kalian menikmatinya.

Jujur saja, ketika kalian sudah menikmati sesuatu dari hati kalian dan sudah menjadikannya sebuah passion. Pasti kalian tidak akan pernah menemukan kata bosan. Bahkan aku baru tahu, bahwa temanku menjadikan “One Piece” sebagai bahan skripsinya. Itu luar biasa XD.

Oke mungkin cukup. Ulasan minggu ini.

Heso.

Ulasan One Piece Chapter 843 oleh Lucy

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World