Ulasan One Piece Chapter 840

0

Heso…

Hmmm.

Menarik XD. Ketika aku tahu bahwa Germa adalah kelompok yang mampu mengembangkan teknologi. Aku sudah berpikir, apakah Vegapunk memiliki hubungan khusus? Yap, terjawab sudah.

Lagi-lagi Vegapunk. Orang yang belum pernah muncul, tapi namanya selalu booming ketika disinggung. Dan kembali masalah “Lineage Factor”, hal khusus yang pernah disinggung Law, bahwa Vegapunk telah mengembangkan faktor tersebut untuk menciptakan prototipe buah iblis buatan. Dan kita tahu hal yang serupa pun merupakan prototipe untuk membuat seorang manusia! He’s like a God…

Aw, terlalu keren! Daripada menanti Admiral Ryukugyu aku lebih menantikan kemunculan Vegapunk. Karena dalam SBS Odachi pernah berkata, ketika seorang Ilmuwan muncul maka dia akan menjelaskan apa sebenarnya buah iblis.

Oke, dimulai saja. Here I go.

1.ASAL USUL

Pernah denger pepatah kacang lupa akan kulitnya? Pepatah yang mengartikan bahwa kita tidak boleh lupa akan asal usul kita. But wait, ini tidak bisa digunakan dalam kasus Sanji LOL. Bahkan Sanji seperti sudah membuang masa lalunya. Masa lalu sebelum bertemu Zeff tentunya.

Well, dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh Negara Germa. Germa dijuluki sebagai kerajaan ilmu pengetahuan. Judge (Jajji) sebagai raja di Germa sekaligus pemimpin Keluarga Vinsmoke adalah seorang yang dipuja sebagai salah seorang ilmuwan yang jenius. Dan dia pernah bekerja sama dengan Dr. Vegapunk dalam mengembangkan senjata berteknologi tinggi. Aku khawatir senjata yang dikembangkan adalah sebuah replika dari Pluton, Poseidon dan Uranus XD.

Kerja sama antara Jajji dan Vegapunk akhirnya juga menemukan sebuah penemuan tentang hal yang tak masuk akal. Lineage Factor atau faktor garis keturunan yang kita sebut cetak biru kehidupan.

Pada kenyataannya sulit diterima bahwa Sanji berasal dari keluarga ilmuwan. Padahal dia tidak tertarik sama sekali, tidak seperti Franky XD. Sanji memang sudah lupa dengan kulitnya.

2. KRIMINAL ILMU PENGETAHUAN

Menjadi seorang penemu bukan serta merta menjadi terkenal. Bahkan bisa saja malah menjadi seorang penjahat. Pikirkan saja, para tukang kayu Water 7 yang dulu kala membuat Pluton dan mewariskan Bluprintnya. Sampai 2 tahun lalu, pewaris Blueprint tersebut diincar pemerintah dan dianggap kriminal. Meskipun kita tahu bahwa pihak pemerintah memang mengincarnya.

Menjadi penemu bukan suatu kesalahan, menciptakan suatu penemuan bukan hal yang salah, tapi melakukan tindakan jahat dengan penemuan tersebut. Itu adalah kriminal!

Apakah tindakan Jajji salah? Dengan menciptakan tentara buatan untuk menguasai sebuah kawasan adalah tindakan keliru kan?

By the way, Jajji dan Vegapunk ditangkap pemerintah karena menemukan sebuah cetak biru kehidupan. Ini mungkin menjadi alasan kenapa kenapa sampai saat ini Vegapunk bekerja dengan pemerintah. Ditangkap, sudah pasti dia tidak pergi dengan sukarela. Sekarang kita bisa memahami kenapa Vegapunk masih mau mengikuti kata-kata Bartholomew Kuma untuk menanamkan program menjaga Sunny Go. Ya, karena dia bekerja karena ilmu pengetahuan bukan karena pemerintah. Apakah ada yang memiliki pemikiran bahwa Vegapunk sebenarnya merupakan tahanan Pemerintah?

Sementara Jajji berhasil meloloskan diri dan terus melanjutkan penelitian sampai saat ini. Kita masih belum tahu apakah dia lolos setelah ditangkap atau sebelumnya. Tapi tentu ini terasa aneh, ketika ilmuwan yang memiliki dasar pengetahuan yang sama dengan Vegapunk dibiarkan begitu saja, dan malah mendapatkan hak khusus dalam Reverie. Seperti ada kesepakatan khusus antara pemerintah dan Germa. Benar?

3. PRODUKSI MANUSIA

Produksi senjata pembunuh massal, tidak aneh. Bahkan nuklir sudah dikembangkan oleh beberapa negara. Menciptakan sebuah Buah Iblis buatan pun tidak aneh. Tapi bagaimana dengan membuat manusia?

Tentu, ini seperti kita melanggar aturan tuhan. Tapi tentu ini cuma komik LOL.

Faktor garis keturunan yang ditemukan oleh Vegapunk dan Jajji atau yang dikatakan sebagai “cetak biru kehidupan”. Secara umum menjelaskan tentang DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) pada organisme. Dalam DNA terdapat biomolekul guna menyimpan dan menyandi intruksi genetika setiap organisme. DNA menyimpan cetak biru bagi segala aktivitas sel. DNA adalah cetak biru yang menuntun perkembangan suatu organisme.

Sungguh rumit! Jika seorang berhasil memecahkannya berarti memang itu sangat jenius. Jajji dan Vegapunk pasti bisa membacanya dan memahami bagaimana sebuah organisme terbentuk dari sebuah inti sel. Dengan demikian itulah yang bisa menciptakan sebuah organisme tanpa perlu hubungan seksual.

Cetak biru ini juga yang pasti dikembangkan oleh Vegapunk untuk menciptakan sebuah buah iblis buatan. Semakin jelas kan, kenapa buah iblis buatan hanya bertipe zoan. Materi atau zat lain tidak mungkin memiliki sebuah “Lineage Factor”, yang hanya dimiliki organisme saja. Hanya manusia, hewan, tumbuhan dan mikro organisme saja yang memilikinya.

4. PASUKAN MILITER SUPERHUMAN GERMA

Ingatkah kalian? Bahwa prajurit Germa memiliki kepatuhan tingkat tinggi?

Hanya dengan berkata “wall”, prajurit akan bergerak melindungi si pemberi perintah. Selama itu adalah bos mereka, yaitu Vinsmoke. Alasan sederhana mereka memang diprogram untuk loyal dan tidak takut menghadapi kematian demi melindungi pemimpinnya.

Kloning itu licik? Konsep Kloning adalah mengandakan. Tidak sekedar mengandakan, tapi kita mampu membuat sebuah kloning berdasarkan selera kita. Gampangnya, jika ingin anak pintar maka tanamkan gen orang yang ber-IQ tinggi. Jika ingin berkulit tinggal tanamkan gen dari yang berkulit putih. Sederhana? Tidak, bahkan banyak kegagalan dalam percobaan nyatanya.

Inilah yang terjadi pada pasukan Germa. Bukan sekedar menanamkan program loyalitas saja. Tapi juga soal tubuh, fisik dan hal lain-lain. Germa mencari bibit-bibit unggul dari prajurit yang mereka punya. Mereka ambil DNA-nya. Mereka campurkan semua bibit unggulnya, jadilah tentara superhuman Germa dan diperbanyak semau mereka.

Well, dibalik kelebihan selalu ada kekurangan. Tentu butuh waktu untuk membuat pasukan kloning superhuman ini. 5 tahun untuk membuat satu orang individu yang setara dengan pengalaman hidup 20 tahun.

Tentu semuanya butuh proses XD. Jika ingin mengalahkan pasukan Germa, mungkin hancurkan saja ” Gudang Tentaranya”.

5. BLACK LEG VS ELECTRIC BLUE

Pertarungan yang sempat tidak terlaksana ketika mereka sedang makan bersama, akhirnya terlaksana juga.

Pertarungan ini memang dipicu akibat tindakan Niji yang berlebihan terhadap Cosette. Tentu sangat wajar Sanji marah besar XD. Tepat di wajah Niji, tendangan Sanji mendarat dan membuatnya terpental.

Sekilas kita melihat bahwa Niji seolah langsung membenarkan rahangnya yang bergeser akibat tendangan. Aku jadi ingat juga bahwa wajah Yonji sempat penyok kan? Manusia normal tidak akan bisa melakukan hal tersebut secara singkat. Hal ini wajar ketika sekarang tahu bahwa tengkorak mereka bahkan berbeda dari manusia biasa.

Sungguh cepat! Ini menjawab pertanyaanku kenapa Sanji tak bisa memprediksi gerakan Niji dengan Kenbunshokunya di chapter lalu. Cepat sekali, bagai kilat yang langsung bisa berpindah tepat di belakang Sanji. Teknik Stealth, sepintas mirip dengan Soru.

Well, pertarungan memang berat sebelah. Karena lagi-lagi Zeff diseret. Ancaman yang memang pasti tak bisa terbantahkan lagi, bahwa Germa memang mampu menghancurkan Baratie sekali sapu.

Tendangan Sanji dibalas dengan tendangan lutut tepat di punggung Sanji. Aww, ini sakit sekali pasti. Tendangan yang juga memicu kejutan listrik. Masih belum bisa memahami bagaimana konsep listriknya bisa terjadi. Tidak seperti counter shocknya Law atau senjata listrik para suku minks. Mungkin memang karena julukannya Niji, “ELECTRIC BLUE”, sehingga semua tekniknya bagai listrik XD.

Ya, kalah telak! Sanji tak mampu melawan. Ketika dia membawa beban ancaman dari sang keluarga sendiri.

6.PRODUK GAGAL

Reiju, Ichiji, Niji, Sanji dan Yonji bukan merupakan kloning seperti para tentara Germa. Mereka adalah anak-anak murni yang dilahirkan dari seorang Vinsmoke Mother.

Hanya saja, Mereka berlima telah melewati tahap rekayasa genetika. Dalam ilmu sains mereka bisa diberikan istilah GMO (Genetically Modified Organism). Mungkin saja itu terjadi ketika mereka baru saja dilahirkan. Modifikasi Gen dengan cara mungkin menambahkan gen-gen yang membawa sifat kekuatan, kekebalan dan kecepatan. Selain penambahan, modifiksi juga bisa melibatkan mutasi atau pengurangan yang pada akhirnya membuat mereka menjadi manusia super.

Untuk mengembangkan potensi-potensi yang sudah ditanamkan. Mereka harus berlatih agar merangsang potensi itu tumbuh. Dan aku tidak paham, kenapa hanya Sanji yang gagal.

Apakah DNA Sanji tidak bisa menerima gen tambahan yang masuk? Atau ada gen yang lupa dihilangkan sebelum menambahkan gen lain? Sehingga gen tersebut menolak gen modifikasi yang ditambahkan ke dalam tubuh Sanji.

Contohnya, sifat genetik Vinsmoke Mother yang ternyata lupa dihilangkan. Menurut penelitian, ternyata gen ibu menyumbang sebesar 75 % untuk masalah sifat anak. Jika kalian jeli, dikatakan oleh Jajji bahwa Sanji tidak berguna jika terus-menerus mengikuti apa yang dilakukan ibunya yang sudah lama meninggal.

Dengan kata lain mungkin, melayani orang lain, gemar memasak adalah sifat bawaan yang memang diturunkan oleh Vinsmoke Mother. Dan sifat gen itulah yang lupa dihilangkan saat memodifikasi DNA Sanji. Sehingga potensi tersebut tidak bisa tumbuh normal meskipun dipaksa berlatih jeras.

Sehingga bisa dikatakan Sanji adalah produk gagal ilmu pengetahuan, tapi bukan produk gagal sebagai manusia.

7.REIJU

Sedikit aku singgung tentang Reiju, ternyata dia masih memiliki sifat yang baik. Dia cuma tidak ingin dibully, maka dari itu dia selalu menertawai Sanji. Mungkin juga karena cuma dia yang wanita, daripada tidak ada teman lagi. Maka dia terpaksa ikut tertawa.

Memang cuma Reiju yang tidak sedikitpun manghajar atau mengganggu Sanji ketika masih kecil. Hanya Ichiji, Niji dan Yonji yang melakukannya. Dia hanya ikut tertawa, dan bagiku dalam posisi dia itu tidak salah.

Praktis aku memang bisa mengatakan bahwa Reiju memang baik. Pertolongannya terhadap Luffy pun bukan pura-pura pastinya.

8.THE MAN IN IRON MASK

Ketika aku tahu judul chapter ini adalah “Iron Mask”. Ini seperti sebuah dilematik sendiri buat Sanji. Pada chapter 492, Odachi membuat judul chapter “Iron Mask Duval”. LOL.

Aku jadi berpikir, kekesalan Sanji mungkin awalnya dipicu karena topeng besi yang dikenakan Duval. Karena sampai topeng dibuka, tidak ada yang tahu alasan Duval mencari dan ingin membunuh Sanji. Mungkin dalam pikiran Sanji kala itu “Jangan-jangan itu Ayah!” XD.

Kenangan kelam masa kecilnya jadi teringat ketika dia melihat topeng besi Duval. Seperti melihat dirinya sendiri yang dipakaikan topeng besi.

By the way, seorang member chat ke aku dan mengatakan bahwa dia langsung teringat kisah dari Perancis tentang pria bertopeng yang dipenjara dalam penjara Bastille. Spekulasi banyak beredar, dan spekulasi yang paling terkenal berasal dari penulis bernama Andreas Dumas. Yang menyatakan bahwa pria bertopeng ini adalah pangeran alias Louis XIV. Kisah yang juga difilmkan dan diperankan oleh Leonardo diCaprio.

Jika kru Topi Jerami diberikan kebangsaan, maka Sanji berasal dari Perancis. Kebetulan atau tidak dalam kisah ini Sanji pun sebenarnya adalah seorang pangeran yang dikenakan topeng besi.

__

Well, kisah Sanji akan dimulai. Entah ini akan menjadi flashback singkat atau tidak. Tapi yang jelas kita mulai memahami kenapa Sanji begitu membenci keluarganya. Kenapa dia ingin membuang masa lalunya.
Kedepannya, nanti kita akan tahu bagaimana Sanji bisa melarikan diri, apakah ada yang membantunya atau tidak.

Kediktaktoran Jajji (Judge) pun semakin terlihat. Bukan hanya dari arogansi bahwa dia adalah cerminan dari keadilannya. Melihat hasil penelitiannya gagal pun dia tak terima, meskipun itu adalah anaknya sendiri.

Nah, bagaimana jika potensi Sanji yang tidak tumbuh saat kecil, akan berkembang saat ini. Bagaimana jika Sanji akan melebihi kakak dan adiknya? Bukankah Jajji akan merasa malu, justru malah membuang potensi terbesar yang dimilikinya.

Aku minggu lalu bilang, bahwa Sanji butuh power up. 2 tahun menghilang, Sanji hanya diperlihatkan memiliki teknik Sky Walk dan Blue Walk. Sanji pun belum melawan terkhusus orang kuat. Di Dressrosa pun dia harus kehilangan peran. Mengalahkan Sheephead bukan jaminan dia kuat.

1 dari 3 monster, Sanji belum menununjukan keliarannya! Cukup sampai disini dulu ya. Tadinya pengen lebih pendek, ternyata tidak bisa LOL.

Heso!

 

Ulasan One Piece Chapter 840 oleh Lucy

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World