Ulasan One Piece Chapter 834

0

Heso

Pertama-tama aku mohon maaf karena minggu lalu aku tak sempat memberikan ulasan. Harap maklum ya, aku tetap memiliki tanggung jawab yang harus diprioritaskan. Well, ke depannya aku akan berusaha semaksimal mungkin.

One Piece memang memiliki kerumitan cerita yang begitu kompleks, terutama di awal arc. Ingat apa yang terjadi di Dressrosa? Puluhan karakter baru muncul bagai kilat. Saat itu tak ada yang tahu, apakah peran mereka nantinya dalam cerita. Kita hanya tahu, tujuan aliansi Luffy dan Law hanya ingin menghancurkan Pabrik SMILE dan menyerahkan kembali Caesar Clown sesuai kesepakatan yang dibuat. Tak pernah dibayangkan bahwa para karakter baru tersebut akan terlibat dalam intrik cerita yang akan berkelanjutan sampai perang tahta di mulai nanti.

Tak jauh beda dengan sekarang, ketika tujuan mereka yang diketahui saat ini hanya menjemput Sanji kembali dan mengambil salinan Road Poneglyph. Cerita mulai memunculkan kompleksitas seperti biasa.

Whole cake island bukan sekedar pulau selingan untuk menjemput salah satu kru. Berbagai intrik dan konflik akan terjadi, yang juga akan banyak menyeret tokoh lain ke dalam ceritanya.

Well, kita mulai saja mengulasnya.

1. SANJI.

Kita sudah sama-sama tahu Sanji memang gemar memasak sejak kecil. Tak beda jauh dengan sifat penolongnya yang juga terbentuk sejak kecil. Kenapa Sanji selalu dibully?? Aku memprediksikan itu semua karena akibat dari dua point utama tersebut. Germa yang merupakan tentara bangsawan dengan kekuatan teknologi dan militernya, amat tumpang tindih dengan sifat baik Sanji ataupun kegemaran memasak Sanji. Mudahnya, menjadi koki adalah “Melayani Orang lain”, bukan “dilayani orang lain”. Itu bukan prinsip bangsawan.

Well, Sanji berbeda dengan yang lain, meskipun mereka semua lahir pada hari yang sama, tidak membuat semua anak memiliki sifat yang sama. Dari mana Sanji memiliki sifat yang berbeda di antara saudaranya yang lain??

Hal yang paling mudah ditebak adalah Vinsmoke Mother. Orang yang menelurkan sifat berbeda pada Sanji dan menjadi pemicu kaburnya Sanji ketika masih berumur 13 tahun lalu. Jika anak yang suka dibully biasanya punya seorang pelindung? Jika sang Ayah yang tak peduli dengan Sanji yang kerap dibully oleh saudara-saudaranya yang lain. Kenapa Sanji masih bertahan sampai umur 7 tahun di keluarganya? Jawabannya mungkin karena sang Ibu. Satu-satunya orang yang menyayangi Sanji meskipun dia berbeda dari saudara-saudaranya XD. Ketika sang Ibu tiada, Sanji lari dari rumah karena sang pelindung telah tiada. Jika alasan Sanji begitu menghormati seorang wanita tercipta akibat memori buruk kehilangan sang ibu, itu merupakan alasan yang baik.

2. HARTA KARUN.

Kedua lengan Sanji adalah harta karunnya yang harus dijaga. Lengan itulah yang selama ini telah membuat ratusan resep masakan. Lihat saja, Sanji begitu ingin melepas kedua borgol tersebut. Bayangan Zeff pun muncul, sudah tak bisa dipungkiri Zefflah yang memberi pesan kepada Sanji, bahwa dia harus menjaga harta karunnya itu. Jika luka sedikit saja bisa berpengaruh pada masakan yang dia masak, apalagi jika dia kehilangan kedua lengannya. Sebagai koki, Sanji akan benar-benar kehilangan hal yang paling berharga dalam hidupnya.

Sialnya, saat ini kedua lengan itu malah dijadikan ancaman agar Sanji tidak kabur. Jenis borgol yang bisa meledak, seperti jenis borgol Tenryubito kepada para budak. Dengan kata Lain Jajji dan Big Mom sepakat bahwa jika pernikahan anak-anak mereka gagal karena suatu hal, tak masalah jika Sanji kehilangan hal yang paling berharga dalam hidupnya. Kedua lengan untuk memasak XD. Ya, aku semakin yakin bahwa hobi Sanji adalah menyebab sang ayah membencinya. Dan kenapa bukan Yonji yang dinikahkan saja ketika Sanji selama ini menghilang, karena cuma Sanji yang paling tak berharga. Yang tak masalah jika dikorbankan karena hanya Sanji yang tidak mencirikan seorang Vinsmoke Sejati XD.

“Vinsmoke not serve the people, but people serve the Vinsmoke”.

3. BIMBANG.

Aku tidak tahu apakah koran tersebut adalah News Coo, atau hanya koran lokal wilayah Totland. Tapi yang jelas bahwa sebuah berita besar bahwa Jinbei mengurungkan niatnya untuk keluar dari armada Big Mom. Sangat disayangkan jika itu memang terjadi dan berita itu benar adanya.

Jauh berbeda dengan tindakan Jinbei 2 tahun lalu, ketika semua Shicibukai setuju berdiri sebagai pion pemerintah untuk menghadapi Shirohige. Jinbei adalah satu-satunya yang menolak perang tersebut, sampai rela dijebloskan ke Impel Down. Tidak ada satupun rasa takut untuk mengadapi masalah itu, meskipun nyawa taruhannya. Memang kala itu Pulau Gyojin masih di bawah bendera Shirohige, sehingga meskipun Jinbei kehilangan status Shicibukai sekalipun pulau yang merupakan surga itu tetap masih bisa aman. Jelas berbeda posisi saat ini, ketika Big Mom yang menguasai Gyojin, perbedaan idelisme dalam meminjamkan bendera bajak lautnya adalah sebuah pertimbangan yang memang harus dipikirkan baik-baik.

Well, jadi menurutku bukan masalah harga yang harus dibayar oleh Jinbei, seperti kehilangan salah satu bagian tubuhnya. Tapi tentang harga yang lebih besar, kelompok matahari maupun pulau Gyojin bisa menjadi sasaran kemarahan Big Mom. Jinbei masih memikirkan teman-temannya, Jinbei masih memikirkan pulau kelahirannya. Satu-satunya kesempatan agar Jinbei bisa lepas. Kekuasaan Big Mom memang harus dihancurkan. Ketika mungkin nanti Luffy mengalahkan Big Mom. Dan ketika nanti berita itu tersebar ke seluruh dunia. Bendera Topi Jerami benar-benar akan layak menggantikan Bendera Big Mom nantinya. Bajak laut mana yang berani mengacau di tempat bendera kelompok Topi Jerami berkibar, bajak laut yang telah mengalahkan salah satu Yonko LOL.

4. MENYUSUP.

Memakai Shark Submerge untuk bisa tiba di pusat kota Whole Cake Island memang adalah cara yang paling tepat. Terbukti dengan berhasilnya Pedro dan Brook tiba di pusat kota. Mengumpulkan informasi adalah hal yang memang harus terlebih dahulu dilakukan ketimbang grasak grusuk masuk ke istana. Kenyataan tentang Purin pun terkuak. Purin tidak pernah meninggalkan kota bersama Sanji untuk bertemu dengan Luffy. Dan parahnya lagi, kedatangan Luffy memang sudah diprediksikan. Memang kan sejak awal Big Mom sudah tahu kalo Luffy sudah tiba di wilayah Totland.

Kebocoran informasi pun memang sudah terjadi sejak kemarin, saat Luffy tiba di kota Coklat. Apakah ini memang ulah Purin? Belum bisa dikatakan pasti. Karena sekarang kita tahu bahwa Pekoms bersama Capone Bege, kemungkinan dia lah yang membocorkan informasi soal rencana Purin adalah yang paling memungkinkan. Kita bahas lebih detailnya nanti.

5. BARON TAMAGO.

Tamago laksana seorang yang begitu dipercayai oleh Big Mom dalam berbagai urusan. Setiap urusan sepertinya memang Tamago yang diberi kepercayaan lebih. Meskipun Tamago tak menyandang nama Charlote di namanya, orang kepercayaan Big Mom tak selalu berasal dari anak kandungnya XD.

Tamago pun diserahin tugas untuk mendampingi Purin saat fitting gaun pengantin. Mungkin Tamago tak mau kehilangan momen atau ini merupakan cara agar Purin tak melakukan hal bodoh. Aku semakin meyakini dengan adanya Tamago di sana, bahwa sebenarnya rencana Purin telah dibocorkan oleh seseorang kepada seluruh anggota Big Mom. Sehingga Bajak Laut Big Mom sudah selangkah dalam mengantisipasi rencana yang akan dijalankan Purin.

Well, Tamago pun sudah begitu akrab dengan nama Pedro XD. Dia pun langsung menyanggah gambar bahwa yang bernama Pedro bukanlah macan tutul, melainkan seekor Jaguar. Dia juga tahu kemana harus mencari Pedro. Dahulu saat Pedro tertangkap di wilayah Totland, adalah ketika Pedro dan Pekoms sedang berpetualang mencari Poneglyph. Jadi ketika Pedro kembali lagi, hal yang paling mungkin terjadi adalah kembali ke tempat Poneglyph berada. Dengan kata lain, Tamago mungkin akan memperketat keamanan di sekitar Road Poneglyph berada. Karena disitulah tujuannya Pedro.

Ketika Pedro dan Brook sudah sadar bahwa rencana mereka ketahuan? Maka cara yang paling baik adalah menyusun kembali rencana. Jika mereka berniat kembali ke Hutan Perayu, itu terlalu buang waktu. Ketika mereka sudah dekat dengan tujuan mereka, cara terbaiknya adalah tetap maju. Well, mereka berdua pun memiliki kesempatan untuk mendekati Purin untuk mencari tahu kebenaran yang sesungguhnya kan??

6. SUAMI ISTRI.

Pada kenyataannya wanita yang mirip lola bernama Charlotte Chiffon XD. Dan sekarang kita bisa memahami kenapa Gotti merasa takut ketika Chiffon yang memarahinya, dan cara panggil dia tentunya. Bukan karena mereka yang suami istri, pada kenyataannya Bege adalah suami dari Chiffon. Dengan kata lain, saat itu Gotti ketakutan karena wanita yang dihadapinya adalah istri dari kapten bajak lautnya sendiri XD. Begitu rupaya LOL.

Well, soal Chiffon jika memang dia adalah saudari dari Lola, maka kemungkinannya Lola adalah anak ke-23 atau ke-21. Tergantung Chiffon sang adik atau sang kakak. Aku jadi penasaran sebanarnya siapa nama asli dari Lola.

Well, Chiffon dan Bege telah memiliki anak bernama Capone Gang Petz. Anak yang buruk, dari kecil saja sudah menghisap cerutu. Apalagi besarnya LOL. Satu misteri pun berhasil terkuak, Pekoms bersama mereka. Dengan begitu hilangnya misteri Pekoms terjawab. Tapi ada yang aneh?? Benar, seorang prajurit yang melaporkan soal hilangnya Pekoms kepada Tamago tidak mengetahui keberadaan Pekoms. Dengan kata lain diculiknya Pekoms oleh Capone adalah diluar rencana atau dengan kata lain ini adalah tindakan individual dari Capone.

Untuk alasan apa Capone melakukan itu?? Aku pikir ini ada dua kemungkinan. Capone mengincar posisi jabatan Pekoms di bajak laut Big Mom atau Capone berniat menghancurkan Big Mom dari dari dalam. Dengan mengalahkan satu-satu anak buah kuat dari Big Mom.

Well, aku lebih berpikir ini soal perebutan jabatan. Coba pikirkan apa yang dikatakan Tamago?? Pada intinya Tamago memaafkan perbuatan Pekoms yang mementingkan perasaannya ketimbang tugas saat di Zou, dengan alasan sebuah pertemanan. Dan Tamago akan berusaha membantu agar Big Mom mau memaafkannya. Dengan hilangnya Pekoms, maka yang direncanakan oleh Tamago tidak akan terlaksana. Dengan demikian Capone yang masih baru, memiliki peluang besar untuk menggantikan jabatan Pekoms nantinya. Hanya itu yang aku pikirkan saat ini, karena jika inisiatif Capone bertujuan untuk menghancurkan Mama dari dalam. Bagiku hal yang dilakukan Capone adalah hal naif.

Nah, apakah Pekoms tewas? Sudah tertembak jatuh pula ke laut. Seorang pemakan buah iblis tidak akan bisa berenang. Ditambah dia dirantai, lantas di bawahnya juga berenang sekumpulan ikan hiu ganas. Ahh, kecil kemungkinan Pekoms akan selamat. Tapi tidak mustahli, karena di dalam perairan wilayah perairan Totland. Saat ini sedang berkeliaran anggota bajak laut matahari yang mungkin akan menolong Pekoms.

7. JADI RAKSASA.

Setiap yang berlayar di lautan memiliki impiannya masing-masing. Sebuah proses panjang untuk mencapainya. Luffy memiliki impian untuk menjadi Raja Bajak Laut, hal yang tentu tidak mudah untuk dicapai. Shirohige memiliki impian untuk memiliki keluarga, Kaido mungkin memiliki impian untuk mati LOL, dan Big Mom memiliki impian untuk berkeluarga dengan semua ras di dunia tanpa adanya perbedaan derajat. Dan sambil makan bersama-sama.

Well, tapi impian Big Mom terkendala pada ukuran LOL. Lihat saja Purin, dan bandingkan dengan ibunya Big Mom. Jika mereka duduk satu meja makan, tentu tak akan sebanding XD. Oleh karena itu Big Mom menyewa seorang ilmuwan untuk membantu agar impiannya terwujud. Membuat sebuah obat yang bisa membuat anak-anaknya tumbuh menjadi besar dan sebanding dengan ukurannya dirinya LOL.

Ini konyol XD.

8. IMPIAN.

Sadar atau tidak, di Punk Hazard Caesar Clown memiliki 3 jenis project penelitian. Pertama, adalah Projet pengembangan senjata pembunuh massal (Shinokuni). Kedua, Project pengembangan buah iblis SMILE dengan menciptakan bahan yang bernama SAD. Dan yang ketiga adalah pengembangan manusia menjadi raksaksa.

Kita sudah sama-sama tahu kalo SAD yang dibat Caesar dipakai oleh Doflamingo. Sementara untuk Shinokuni, beberapa negara sudah memakainya. Dan baru-baru ini juga diperlihatkan bahwa “ROKO” adalah salah satu jenis senjata pembunuh massal dipergunakan oleh Jack untuk menghancurkan Zou. Tapi untuk masalah pengembangan manusia menjadi raksaka, selama ini masih tertutup. Kita hanya tahu bahwa Project pengembangan tubuh menjadi raksaksa memang sudah dikembangkan sejak ratusan tahun oleh pemerintah agar menciptakan tentara raksaksa. Tapi untuk apa Caesar kembali mengembangkannya?? Kita belum pernah diceritakan kan.

Pada akhirnya di chapter ini terungkap XD. Dalangnya adalah Big Mom!!! Caesar melakukan itu bukan karena dia ingin menciptakan tentara raksasa. Tapi untuk membantu impian Big Mom terwujud LOL.

Dari perkataan Caesar, aku memahami bahwa dia sebenarnya fokus pada penelitian pengembangan raksaksa. Karena itu bisa membuatnya menjadi ilmuwan yang terkenal, jika ratusan tahun lalu pemerintah gagal dan Caesar berhasil. Bukan omong kosong lagi Caesar akan menjadi ilmuwan terhebat XD. Masuknya Doflamingo dalam penelitian Caesar membuat Big Mom pun tak bisa berbuat banyak untuk menekan Caesar untuk segera menyelesaikan penelitian bagi Big Mom. Karena sang Joker terlalu banyak mengendalikan monster, terutama Kaido. Big Mom tentu menghindari pertempuran dengan Joker, karena sangat tidak bagus untuk posisinya sebagai Yonko.

Dan yang paling penting, aku sekarang benar-benar sadar. Kenapa Odachi sengaja membuang peran Nami, Chopper dan yang lain. Karena mereka sudah disiapkan untuk membalas dendam.

Balas dendam?? Lho, kenapa?

Ingat kejadian di Punk Hazard? Nami adalah orang pertama yang mengutarakan kepada teman-temannya untuk menolong Mocha dan anak-anak yang lain. Sementara Chopper adalah orang yang habis-habisan berusaha menyelamatkan nyawa anak-anak malang itu dengan ilmu pengobatannya.

Ketika mereka tahu bahwa eksperimen yang membuat Mocha dan yang lain menjadi kelinci percobaan agar menjadi raksaksa didalangi Big Mom. Apa reaksi mereka?? Bayangkan sebenci apa mereka pada Big Mom nantinya. Meskipun itu tak akan membuat mereka memaafkan Caesar yang mau saja dijadikan alat hanya demi uang LOL.

Anak-anak seperti Mocha dikorbankan hanya demi impian konyol Big Mom. Nami dan Chopper tak akan memaafkan Big Mom. Btw, Caesar akan punya peran penting di Arc ini XD.

9. CAESAR CLOWN DAN CANDY PUNK HAZARD.

Caesar ya tetap Caesar. Masih menyebalkan tiap saat. Caesar menyalahkan Law dan Luffy yang menghancurkan fasilitas penelitian Punk Hazard, menyebabkan terganggunya eksperimen obat untuk meraksasakan tubuh. Jika memang melihat situasi yang sekarang, memang salah Luffy dan Law. Tapi jika kita runut kronologisnya maka, penyebab awal ya dari diri Caesar itu sendiri. Yang menyalahgunakan dana penelitian Big Mom demi kepentingan pribadi dan berlindung di bawah ketiak Joker.

Lempar batu sembunyi tangan?? Orang-orang yang menyebalkan.

Caesar berniat membela diri dengan alasan Luffy dan Law, fasilitas lab hancur dan tidak memiliki dana lagi untuk riset. Tapi ternyata Big Mom telah menyiapkan semuanya. Bukannya marah kepada Caesar, Big Mom malah sudah menyiapkan Mini Punk Hazard yang terbuat dari Candy dan dana untuk kembali melanjutkan penelitian meraksasakan manusia.

Well, Caesar diberi waktu sekitar 14 hari. Kita tahu Mocha saja sudah diteliti selama tahunan. Bisa diprediksikan itu adalah hal yang mustahil dilakukan Caesar. Dalam 2 minggu Caesar tidak akan membuat obat untuk meraksasakan tubuh, tapi pasti membuat senjata untuk melarikan diri LOL.

10. CHARLOTTE PEROSPREO.

Well, dia adalah anak pertama dari sang ratu Totland. Perospero, dari penampilannya sungguh tinggi. Lidahnya menjulur keluar dan sangat panjang. Mungkin efek dari buah iblis Pero (permen), sehingga lidahnya itu bagai lidah yang selalu menjilati permen.

Kekuatan permen, bagiku terkesan aneh. Tapi hal yang paling menarik dari one piece adalah buah iblisnya. odachi selalu bisa mengembangkan hal sederhana menjadi luar biasa. Ya, Karet saja bisa diubah oleh Odachi menjadi sesuatu yang sangat keren. Karet mungkin juga sudah jadi merknya one piece. Kalo orang denger one piece pasti saja celetukannya, oh si manusia karet itu ya??

Well, sekarang apa yang bisa diperbuat oleh permen? Perospero menggunakan kekuatan permennya untuk membuat bangunan Punk Hazard. Sama persis, mungkin hanya versinya saja yang diperkecil. Dan sudah pasti itu semua bisa dimakan kan?

Dan bahkan katanya jika Caesar tak bisa menyelesaikannya sesuai waktu yang dijanjikan, maka Caesar akan dijadikan permen dan dimakan LOL.

11. BANYAK KEMBARAN.

Hal yang paling berbahaya bagi Luffy, bukanlah seorang wanita yang sexy, bukan orang yang mempunyai daya tempur hebat, bukan sebuah benteng istana yang sulit ditembus. Melainkan hanya hal sederhana, tipuan. Dan hutan perayu memiliki jutaan tipuan agar siapa saja yang masuk ke dalam, selamanya akan terjebak di dalamnya. Hutan ini berbahaya bagi Luffy.

Setelah kita tahu bahwa tipuan fake Luffy adalah Brulee yang menciptakan refleksi diri Luffy. Sekarang muncul lagi tipuan yang lain, teman-teman Luffy bertambah banyak. Tapi anehnya bukan sebuah refleksi seperti fake Luffy. Ini seperti kloning-kloning mereka semua. Bahkan ada Sanji dan Purin, rasanya jelas sekali mengatakan bahwa. Ini berbeda dengan kekuatan Brulee, orang lain pelakunya.

Kekuatan peniru, maybe kekuatan yang bisa menciptakan banyak klone. Atau kekuatan yang bisa mengubah hewan atau benda menjadi orang lain berdasarkan kemauan si pemilik kekuatan. Jika kekuatan mane-mane hanya berlaku untuk sang pemilik kekuatan, kekuatan ini kebalikannya, hanya berlaku pada orang lain saja. Karena tidak ada kekuatan buah iblis yang sama dalam satu waktu.

Well, yang jelas. Tipuan klasik membuat kelompok ini dirugikan. Rugi waktu, tenaga dan rencana XD.

================================

One Piece begitu memiliki sebuah kompleksitas cerita yang rumit. Dari Arc ke Arc, dari masing-masing Arc atau dari saga ke saga. Tapi luar biasanya selalu ada benang merah yang tersambung di dalamnya. Intinya semua akan mengarah pada benang merah cerita sesungguhnya, yakni petualangan untuk memperebutkan gelar yang nanti akan ditentukan oleh perang tahta.

Tentu kita memang masih baru masuk di awal Arc, masih terlalu banyak hal yang mungkin terjadi. Masih banyak karakter misterius yang mungkin tiba-tiba akan muncul di tengah cerita XD. Ketika Luffy tidak datang dengan full team nakamanya. Seharusnya logikanya akan sama dengan di Dressrosa. Akan ada karakter lain yang membantu mereka. Dan jangan lupakan, selalu ada tokoh pembantu yang menolong misi mereka dari pulau yang mereka kunjungi. Peran ini sangat cocok untuk Purin ataupun Reiju dari pihak Germa XD.

Well, segitu saja dulu ya? Aku rasa cukup untuk minggu ini XD

Sekian dulu.

Heso.

 

Ulasan One Piece Chapter 834 by Lucy

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World