Ulasan One Piece Chapter 829

0

Hesoo…

Chapter ini milik Big Mom, sudah pasti. Dari judul saja sudah ketahuan “Sang Yonko, Bajak Laut Charlote Linlin”. Sebagian besar chapter diakuisisi olehnya XD. Kekuatannya, perilakunya, tabiatnya sampai kelainan yang terjadi padanya. Well, seperti menjawab bahwa kemunculan Big Mom di Chapter 827 terkesan terlalu unyu untuk seorang Yonko. Di chapter ini kita diberikan gambaran betapa julukan Yonko itu benar-benar sebanding dengan apa yang ditampilkannya. Ini baru badass XD.

Dan tidak lupa ditutup dengan kehadiran seseorang yang sudah disinggung di chapter 826. Jinbei, sang ksatria laut dan mantan shicibukai yang akhirnya akan mengambil peran di panggung besar Arc ini. Di akhir Arc mungkin bukan cuma Sanji yang akan kembali bersama teman-teman kita. Mungkin juga kita akan membawa seorang nakama baru.¬†Seperti de javu Water Seven dan Enies Lobby, bukan cuma Robin yang kembali setelah dijemput, kita pun mendapat tambahan kru juga kan, Supeer Franky LOL.¬†It’s mean, Jinbei will be play as Franky in this Arc. Dan itu memang sudah janjinya kan? Pria sejati tidak akan pernah mengikari janjinya.

“….aku berjanji akan datang menemui kalian dan kalau pada saat itu perasaan kalian tetap sama. Maukah kalian mengajakku sekali lagi untuk bergabung dengan kelompok Topi Jerami?”

Saatnya mengulas XD.

1. AMAN

Tidak terjadi apa-apa setelah Pekoms meninggalkan Sunny. Tidak ada tanda-tanda armada Big Mom yang akan menyergap atau mengikuti. Potensi Pekoms kabur sendiri justru semakin besar setelah dia meninggalkan pesan. Dan bukan diculik atau dipaksa kembali oleh krunya.

Jika memang Pekoms dijemput oleh kru-nya, paling tidak keberangkatan Luffy dari pulau Cocoa sedikit ada gangguan atau ada kapal yang mengawasinya. Tapi masih aman saja kan? Jadi artinya Pekoms tahu rencana Big Mom akan menjebak Luffy dan Pekoms kabur agar tidak terseret atau jadi bulan-bulanan Big Mom nantinya. Bisa saja Aladin menemui Pekoms saat dia sendiri di kapal dan memberikan gambaran rencana Big Mom padanya. Dan mereka berdua membuat siasat untuk menjauhkan Luffy dari Totland.

Dengan kata lain, pesan “Putar Balik” memang menyuruh mereka manjauhi Totland. Dan kemungkinannya Jinbei yang merencanakan ini untuk mengamankan Luffy sementara waktu. Jinbei adalah seorang perencana yang baik bukan? Sudah terbukti taktiknya berhasil saat menyelesaikan masalah di Gyojin.

Tapi Luffy ya Luffy, dimana antusias petualangannya kalau takut menghadapi ancaman. Hajar dulu, tanya belakangan! Berlayar saja dulu deh.

Luffy mengadopsi cara pikir “gimana nanti”, bukan “nanti gimana” XD.

Untungnya Luffy pergi melalui rute dadakan yang diberikan Purin. Bisa saja sekarang mereka satu langkah di depan Armada Big Mom yang mungkin sudah menunggu Luffy di pulau berikutnya.

2. SATU HARI LAGI

Perjalanan masih panjang. Dengan tidak adanya Pekoms, Luffy kehilangan guide yang bisa mengantarkan mereka ke Whole Cake Island. Tak masalah karena kita sudah dapat peta dari Purin. Paling tidak untuk sekarang kita bisa yakin kalo peta dari Purin masih bisa diandalkan. Meskipun tetap harus diwaspadai, karena apapun yang diberikan musuh memiliki potensi sebuah jebakan/tipuan.

Cara baca peta Purin pun kembali diperjelas di chapter ini. Angka-angka yang tertera memang angka yang menunjukan Log keberapa yang harus diikuti. Tidak perlu sampai ke pulau, sebelum tiba pada teriorial perairan pulau, langsung rubah arah log sesuai petunjuk peta.

Intinya adalah untuk menghindari dari gelombang yang dipancarkan Sea Slug yang berenang di wilayah teritorial masing-masing pulau di Totland. Well, meskipun peta dari Purin digambar hanya dengan simbolis tanpa presisi keakuratan skala peta seperti yang sering digambar Nami. Seorang pembuat peta seperti Nami, memang sangat handal membaca XD.

Jadi, gak perlu khawatir.

3. PULAU SELAI

Pulau yang paling dekat dengan Cocoa adalah pulau Jam, dengan kata lain pulau Selai. Sepintas dari kejauhan pun terlihat bahwa geografis pulaunya memang seperti toples selai XD.

Jika Cocoa dipenuhi coklat, maka sudah pasti pulau jam akan dipenuhi oleh selai LOL. Sangat disayangkan bagi Chopper dan Carrot karena mereka harus membuang impiannya untuk merasakan nikmatnya pulau selai itu XD. Bagi, Luffy tidak masalah tidak berlabuh, meskipun dia gemar makan. Tapi makanan favoritnya bukan yang manis seperti Chopper XD. Kalo itu pulau daging pasti Luffy akan menolak mendengar perintah Nami LOL.

4. MENUJU ARAH SANJI

Mengabaikan pulau selai, kita harus berganti haluan. Menuju arah Sanji, yang sebenarnya adalah arah jam 3. Persepsi Nami dan Luffy berbeda, Nami yang mengatakan untuk menuju arah Sanji (jam 3) arah pelayaran, tapi Luffy menangkapnya sebagai arah Sanji (sebenarnya). Ya, benar juga sih LOL. Intinya kan mereka memang hendak menuju Sanji.

Well, teman-teman kita akan terus mengabaikan pulau yang akan mereka lihat. Bagi Chopper dan Carrot akan menjadi sebuah kemalangan tersendiri. Ibaratnya mereka hanya bisa merasakan aromanya tanpa bisa mencicipinya XD.

Dengan mengabaikan segala kelezatan, tujuan mereka adalah mencapai Whole Cake Island tanpa ketahuan oleh penjaga di masing-masing pulau. Tentu juga untuk mempersingkat waktu tempuh.

Oh ya, soal siapa yang akan menyiapkan makanan. Tampaknya mereka sudah belajar dari pengalaman. Perbekalan yang dikumpulkan di pulau Cocoa tidak akan mau dibuang sia-sia lagi kan? LOL.

Tapi mengikuti rute rahasia bukan serta merta tinggal menikmati pemandangan laut saja. Ingat, lautan Totland adalah lautan New World. Ya, dengan kata lain tentu akan selalu ada masalah. Terbukti dengan munculnya rintangan pertama mereka XD. Lipan Laut.

Lipan laut yang menurut Artur pernah muncul di Movie Strong World, aku pun belum ngecek sih XD.

5. AKU PERNAH DI SINI

Yaph. Pedro punya hutang janji. Dia harus menjelaskan kenapa dia seperti mengenal wilayah Totland. Seperti yang dikatakannya kepada Nami, nanti dia akan menjelaskannya. Tapi kelihatannya akan dijelaskan sedikit demi sedikit. Sudah biasa, Odachi selalu memberikan petunjuk hanya satu (one) bagian (piece) saja.

Nah, ketika Carrot takjub bahwa sekitar laut di pulau berwarna Ungu. Pedro mampu menjelaskan kenpa bisa begitu, alasan yang dia berikan karena Pedro pernah ke sini. Aku pun pernah memprediksikannya. Jika dia sampai tahu geografis banyak pulau di Totland, paling tidak Pedro pernah tinggal lama di Totland.

Sekarang kita cuma perlu tahu alasannya untuk apa dia ke Totland. Dan kapan persisnya dia ke Totland.

Apakah Pedro pernah tinggal di Totland sebagai bagian dari Minks yang hidup dalam dunia utopia Big Mom? Atau Pedro datang hanya untuk mengawasi para Minks yang tinggal di sini?

Jika memang para Minks yang tinggal di Totland dikarenakan ancaman dan idealisme Big Mom yang ingin semua suku hidup di wilayahnya, apa mungkin Pedro membawa misi tersembunyi saat ini?

Membawa kembali para Minks yang dipaksa hidup dalam dunia utopia semu Big Mom kembali ke Zou??

6. KEKACAUAN DAN PENYAKIT

Kita beralih ke pulau utama Totland, Whole Cake Island. Sebuah kekacauan terjadi dan menyebabkan sebuah kepanikan besar.

Penyebab kekacauan itu adalah Big Mom sendiri, mengamuk tak terkendali menghancurkan Sweet City. Sebuah kengerian seorang Yonko dipertontonkan. Amukan Big Mom dikatakan adalah sebuah penyakit.

“Penyakit mama kambuh lagi?”

Itu artinya Big Mom sudah sering mengalami hal seperti ini. Tak bisa mengendalikan diri hanya karena makanan? Orang ini tamak LOL. Apakah ini masuk akal?

Ternyata di dunia nyata pun ada penyakit yang berhubungan dengan kelainan terhadap nafsu makan yaitu Bulimia Nervosa yang merupakan kelainan cara makan yang terlihat dari kebiasaan makan berlebihan secara terus menerus, dan penyakit ini sering terjadi pada wanita. Dan ada juga Binge Eating Disorder kelainan makanan yang diperkirakan oleh Artur. Silahkan search sendiri, aku jelas tak akan fokus membahas masalah ini XD.

Well, cara menyembuhkan Big Mom hanya satu. Memakan makanan yang khusus sesuai menu. Dan menu obat kali ini adalah “Croquembouche”. Jika ada menu, berarti sudah ada daftar nama-nama makanan yang terdaftar sebagai menu obat bagi Big Mom. Menu selanjutnya setelah “Croquembouche” adalah obat yang harus disiapkan untuk amukan yang berikutnya.

Dan kita masih belum tahu, penyakit Big Mom kambuh selang waktu berapa kali. Jangan-jangan sesuai waktu makan. Saat sarapan, saat makan siang dan saat makan malam.

Penyakit atau rakus LOL?

7. CROQUEMBOUCHE

Dibaca “krokuemboce”, “korokoce”, “kobucee”, “cowokece”……XD.

Zzzzzzzz.

Ribet baca dan ngetiknya LOL. Yang jelas makanan ini salah satu modifikasi dari pastry yang berasal dari Perancis. Pastry sendiri bentuk dan penyajiannya sama kaya kue sus LOL. Kue Sus yang ditumpuk bertingkat seperti gunung XD. Croquembouche…

Well, hanya kue sus Perancis ini yang bisa menyembuhkan Big Mom sekarang. Mengerikan jika Totland kehilangan bahan-bahan kue yang terdaftar sebagai obat Big Mom. Apakah permen dan manisan dari Pulau Gyojin termasuk menu obat Big Mom? Mengingat Big Mon sangat menyukai manisan yang berasal dari pulau tersebut.

Croquembouche ini dibuat dari para cream puff yang sedang berkunjung dan menginap di hotel ibukota? Sialan makanan saja bisa berlibur LOL. Artinya di Totland bukan hanya benda mati yang hidup tapi juga makanan-makanan juga diberikan kehidupan.

Benda-benda yang hidup. Mereka yang hanya bisa berkata sesuai bentuk mereka. Dan mereka yang bisa berkomunikasi normal seperi manusia. Apakah ada kategorinya benda yang hidup di Totland ini?

8. IBU DAN ANAK

Tidak ada yang mampu menghentikan Big Mom. Bahkan orang sekelas Tamago hanya memikirkan untuk mendapatkan menu makanan Big Mom, bukan menghadapinya. Semuanya takut akan keganasan mama. Semua anak pasti takut kan kalo orang tuanya sedang marah XD.

Tapi ada seorang pria yang mencoba menghentikan Big Mom. Dia adalah salah seorang menteri di Totland. Menteri Gelato. Gelato sendiri artinya sejenis es krim dan nama menteri itu adalah Charllote Muscat, anak ke-16.

Muscat mencoba menghentikan Big Mom, padahal semua yang ada di depan Big Mom hancur, semua makanan yang di dekatnya dimakan. Tidak ada yang bisa menghentikan Big Mom meskipun itu awan dan matahari. Tenang saja Muscat adalah anak Big Mom, jadi dia akan baik-baik saja.

Pernah dengar pernyataan ini?

Ya, itu adalah pernyataan Purin chapter lalu.

Jika Muscat hanya mencoba menghentikan Big Mom yang sedang hilang kendali bisa kehilangan kehidupannya, bagaimana dengan Purin yang jelas-jelas membantu Topi Jerami masuk ke wilayahnya?

Nasib yang sama mungkin akan dihadapi Purin XD.

9. LIFE OR TREAT

Ya, ini sudah jelas terinspirasi dari tradisi Halloween. Anak-anak yang berkostum akan berkeliling rumah di malam hari mengetuk pintu rumah berharap sang pemilik akan memberikan permen atau sejenisnya, jika beruntung akan mendapatkan uang.

Kejutkan sang pemilik rumah dengan berteriak “Trick and Treat”. Jika sang pemilik berkata “Treat”, maka kalian akan mendapatkan permen dan sejenisnya. Jika sang pemilik “Trick”, silahkan lempari rumah itu dengan telur atau lakukan kenakalan sesuka kalian LOL. Jarang sekali yang menyebut Trick sih XD.

Konsep yang sama digunakan oleh Big Mom, dan ini mungkin adalah syarat atas kemampuan buah iblisnya. Syarat maksudnya adalah dia harus berkata sesuatu untuk mengaktifkan kekuatannya. Sama seperti Law yang perlu mengucapkan “Room”.

Jadi Big Mom perlu mengatakan, “Life or Treat”

Pertanyaanku? Apa yang seharusnya kita berikan pada Big Mom jika kita mengucapkan “Treat”, mungkin ya permen atau manisan yang memang menjadi makanan kesukaan Big Mom. Dan kalo kita mengatakan “Life” atau tidak menjawab sama sekali seperti yang Muscat lakukan, ya sudah bisa kita lihat sendiri. Apa yang akan terjadi?

Big Mom akan mengambil jangka waktu usia mu.

By the way, tradisi trick or treat sendiri berakar dari praktik bermain sandiwara bisu (Mumming) di abad pertengahan dan amat berkaitan erat dengan kebiasaan berbagi kue jiwa (Souling).

10. 40 TAHUN

Adalah nilai usia yang diambil oleh Big Mom dari Muscat. 40 tahun adalah jangka waktu atau sisa umur Muscat. Jika kita bicara jangka/sisa umur, itu berarti bukan umur Muscat sekarang. Tapi itu artinya adalah sisa kehidupan Muscat yang masih tersisa 40 tahun lagi.

Tapi Big Mom mengambilnya. Jadi apakah Muscat benar-benar tewas? Seseorang mengatakan tewas. Tapi tentu kita tidak bisa langsung percaya seratus persen. Bisa saja itu hanya pingsan, kehilangan kesadaran, atau mati suri. Mereka para korban tidak akan sadar lagi sampai sisa umur mereka dikembalikan.

Oke, jadi apakah kekuatan Big Mom ini ada hubungannya dengan para benda yang hidup? Jangan-jangan benda yang hidup di sini mendapatkan sisa umur dari orang-orang yang Big Mom ambil. Mengambil umur dan memindahkan usianya ke benda lain atau ke dirinya sendiri. Bisa dikatakan konsepnya sama dengan buah Kaze Kaze.

Nama buahnya mungkin benar, Life Life fruit. Tapi ya tunggu aja sampai dikonfirmasi lagi XD.

11. KSATRIA LAUT

Jinbei akhirnya mulai masuk ke dalam papan permainan. Jinbei muncul sebagai seorang pahlawan yang menyelamatkan Sweet City. Croquembouche berhasil didapatkan oleh Jinbei, seperti biasa Jinbei datang dengan paus.

Kedatangan Jinbei yang membawa menu obat untuk Big Mom membuat semua orang merasa tenang. Tanpa pikir panjang Jinbei langsung memasukannya ke dalam mulut Big Mom. Padahal mereka sedang jalan-jalan loh LOL XD.

Tapi terpaksa dijadikan menu untuk pengobatan Big Mom. Apa boleh buat?

Ketegangan menjadi hilang, kepanikan mereda. Big Mom kembali normal bak anak kecil yang baru saja dituruti keinginannya. Jeritan warga mulai berubah menjadi sorakan untuk pahlawan mereka Jinbei XD. Sangat ironis! Jinbei menjadi pahlawan di tempat lain, tapi menjadikan tokoh lain menjadi pahlawan di kampung halamannya sendiri LOL. Tahu kan maksudnya siapa?

Jinbei bilang baru saja tiba, tapi sebelum ke Whole Cake pasti Jinbei sudah lebih dulu menemui kelompok Bajak Laut Matahari. Big Mom mengucapkan terima kasih juga atas poneglyph yang dibawa Jinbei. Ini mugkin Poneglyph yang ada di cover story. Mungkin kita perlu membacanya, siapa tahu ada petunjuk penting tentang Uranus atau yang lainnya XD.

Jinbei datang membawa sebuah tujuan, meskipun dia menyelamatkan kota terlebih dahulu. Sudah pasti kan, tak bisa kita berbicara dengan orang yang sedang lepas kendali. Jadi pertama memang harus menyelamatkan penduduk dari amukan Big Mom dulu.

Sebenarnya apa mau Jinbei sekarang?

12. MAUMU APA?

Jinbei mengutarakan bahwa ingin mendiskusikan sesuatu. Tapi belum juga menjelaskan apa itu, Big Mom sudah langsung menebak, “Jangan bilang kau ingin keluar dari kru-ku?”

Yap, sesuatu asumsi yang memang paling mungkin terjadi.

Tapi kenapa harus dalam jangka waktu yang mendadak seperti ini. Tidak bisakah menunggu sampai pesta teh dan pernikahan selesai 3 hari lagi.

Tidak tidak!

Jika menunggu, maka kemungkinan Jinbei terjebak dalam situasional yang tidak mengenakan baginya. Sekarang aku jadi sedikit paham apa maksud Aladin mengkonfirmasi kedatangan Topi Jerami ke Totland kepada Jinbei.

Pesta Teh dan Pesta Pernikahan. Bukan cuma seluruh anak-anak dan keluarga besarnya yang datang. Dan juga pasti seluruh aliansi Big Mom akan menghadiri. Pesta pernikahan ini akan sekaligus berfungsi untuk memperkenalkan anggota baru keluarga Charllote.

Jinbei tahu Sanji akan menikah dengan Purin, Jinbei mengenal Sanji. Jinbei tahu Luffy pasti akan menjemput Sanji meskipun itu ke kandang musuh sekalipun. Aladin diperintahkan untuk mengawasi kedatangan kapal-kapal yang datang. Jika kapal Luffy datang segera konfirmasi, itulah saat kita harus menutuskan hubungan kita dengan Big Mom.

Benar, tak tahu diri kelihatannya jika Jinbei tetap berdiri pada sisi yang berlawanan dengan Luffy. Setelah kelompok tersebut telah membantunya menyelamatkan pulau Gyojin XD. Lagipula Big Mom akan lebih fokus pada acara pesta teh dan pernikahan. Jika Big Mom ditambahkan pikirannya dengan keluarnya Jinbei dari kru menjelang acara penting. Bisa saja Big Mom sedikit tak peduli dengan permintaan Jinbei.

Tah masalah kau keluar? Toh kita akan mendapatkan teknologi Vinsmock yang lebih menguntungkan sebagai pengganti kalian bangsa ikan XD.

13. RESIKO

Jika memang pilihan Jinbei adalah keluar dari kru Big Mon, sesuai dengan apa yang dipikirkan Big Mom.

Maka Jinbei harus siap dengan segala resiko yang terjadi.

Untuk dirinya, tentu bisa saja dia ditangkap saat itu juga. Diserang atau bahkan diperlakukan sama dengan Muscat, diambil sisa usianya.

Untuk kelompok bajak lautnya, tentu yang paling mudah adalah diserang oleh para anggota bajak laut Big Mom. Karena pasti mereka juga ada di wilayah Totland.

Untuk para Mermain dan Fishman, khususnya yang ada di wilayah Totland kemungkinan akan ditangkap atau diculik.

Dan untuk Pulau Gyojin, bendera yang selama 2 tahun ini menjadi penjaga Gyojin akan dicabut. Membuat Gyojin akan berpotensi diserang kembali oleh bajak-bajak laut yang berkunjung ke pulau tersebut karena Big Mom telah melepas kekuasaan pulau tersebut.

Tapi tentu tak usah khawatir, Neptune dan Jinbei sudah sepakat bahwa lambang Jolly Roger Topi Jerami bisa menggantikan lambang Big Mom. Dan seperti yang kubilang di awal, pada akhir Arc kemungkinan besar Jinbei akan menjawab janji yang pernah dia utarakan kepada Luffy. Maka dari itu dia perlu memutuskan hubungannya dengan Big Mom saat ini.

___

Oke…

Kita sudah disaksikan kengerian sang Ratu Totland sekaligus Yonko. Kita mungkin baru diperlihatkan 1/4 dari kekuatan sejatinya. Tapi yang jelas teman-teman kita harus berhati-hati jika berhadapan dengan Big Mom. Jangan sampai mereka berkata “Life” atau “diam saja” memberikan sisa usia mereka dengan sukarela.

But wait? Bagaimana dengan Brook yang sebenarnya sudah mati. Yang bahkan sebenarnya sudah tidak memiliki sisa usia karena dia saat ini hidup untuk kedua kalinya. Apakah kekuatan Big Mom mampu mempengaruhinya? Atau dia satu-satunya yang kebal dengan kekuatan tersebut?

Dan err, kita diperlihatkan beberapa anak buah Big Mom ya? Yang sedang bersama Tamago. Ada liliput, ada pria tak berwajah, wanita yang kelihatannya berwajah licik dan pria yang agak mirip dengan badut LOL.

Overall…

Masih dalam tahap membangun cerita. Memperkenalkan sisi karakter dan watak juga kekuatannya. Tapi yang misterius pun belum dimunculkan, calon besan dari keluarga Charlotte. Ketika semua anaknya sudah dimunculkan, praktis penampakan sang ayah adalah yang paling ditunggu saat ini.

Masih ada waktu 1 hari lagi bagi Luffy yang sedang menuju Whole Cake Island. Sementara Jinbei ternyata sudah mau mulai mengacau hari ini. Akankah justru perjalanan Luffy malah dihadang oleh kelompok Taiyo, untuk menahan mereka sejenak? Bagaimana kelanjutan pesta teh dan pernikahan yang akan terlaksana 3 hari lagi. Jangan-jangan pesta itu tidak akan pernah terlaksana.

Okee.

Cukup dulu kali. Tak banyak karena memang chapter tidak terlalu banyak memuat informasi.

Sampai jumpa lagi.

Hesoo.

 

Ulasan One Piece Chapter 829 oleh Lucy

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World