Tonyohoho : Perfect Epilogue for Dressrosa

0

Salam Suppa Nakama Semua!

Angka seratus lainnya telah terlewati. Yang kedelapan menandai 18 tahun lebih serialisasi. Cerita One Piece menurun? Nah. Omong kosong. Semakin seru iya. 800 ini juga mengakhiri Arc Dressrosa yang panjangnya 2,5 tahun lebih. Oke. Tidak kerasa. Padahal itu waktu yang cukup lama. Coba bayangkan diri kita sebagai anak kelas 1 SMA, ketika arc ini selesai? UAN sudah terlewati. Haha. This is a very long life manga. Dan masih akan berkelanjutan mungkin hingga satu dasawarsa ke depan. Oooh.. Ini perjalanan panjang. Pembaca ikut serta mengarungi Grand Line bersama Luffy dalam pelayaran panjang yang memakan waktu puluhan tahun. Seperti tokoh utama kita, kuncinya mudah. Nikmati saja petualangan panjang ini!

Rob Lucci sebagai Chiper Pol 0 Aegis

Nah. Masuk ke cerita. Rob Lucci (tentu saja itu 90% adalah dia) muncul kembali dengan merpati putih bernama Hattori yang masih setia menemani. Dia sedang menghubungi seseorang yang memiliki logat dan gaya bahasa yang sangat khas. Kaku. Yang sering mengucap kata Ja- didepan kalimatnya, dan menggunakan kata Washi (saya-sopan) dibanding ore (aku). sedang bersama Spandam, yang kini posisinya justru sebagai bawahan. Ada Lucci, Spandam dan Kaku, apakah anggota CP9 telah direkrut menjadi CP0? Sepertinya begitu.

Terakhir kita lihat di Coverstory CP9, mereka malah diburu oleh Marinir (Kapten Very Good). Di kala itu terjadi persitegangan antara mereka dan Pemerintah. Tapi setelah 2 tahun berlalu? Ternyata mereka kembali bekerja sebagai agen rahasia pemerintah! Sebagai CP0 Aegis. Bagaimana bisa? Menurutku sederhana. Ini adalah kompromi. Pemerintahan Dunia (diwakili Gorosei) jelas tahu pentingnya kompromi dalam berpolitik. Ya. Tak perlu menjadikan agen-agen terampil seperti CP9 sebagai musuh bukan? Bagaimana kalau memberdayakan sumber daya yang ada dengan maksimal? Bagaimana kalau berdamai saja dengan mereka dan rekrut mereka sebagai CP0? Tentu ada banyak syarat yang terjadi di antara kedua belah pihak, Spandam harus menjadi bawahan Lucci barangkali menjadi salah satu persyaratan agar tawaran ini diterima mantan anggota CP9. Jadi jelas sudah. Mantan CP9 dua tahun silam kembali bergabung bersama Pemerintah Dunia dengan menjadi CP0. Tapi tentu CP0 Aegis tidak hanya diisi oleh mantan CP9. 3 orang CP0 yang pertama kali muncul sepertinya karakter baru yang lebih seram. Dan lebih tinggi posisinya dari Lucci dan kawan-kawan.

PS : Hattori adalah seorang merpati. Dia sudah menemani Lucci sejak kecil. Lucunya adalah, usia normal Merpati di dunia nyata hanya 5 tahun. Sepanjang-panjangnya adalah 15 tahun. Haha. Tapi One Piece tidak perlu selalu identik dengan dunia kita sih.

Oh. Tentu mereka membahas tentang Pasukan Revolusi. Yang kayaknya memang arch-enemy (musuh bebuyutan) mereka. Ibaratnya Marinir x Pirates, maka Cipher Pol x Revolusioner. Dan seperti kita tahu, semua persenjataan dagang di pelabuhan bawah Dessrosa telah diamankan terlebih dahulu oleh Pasukan Revolusi. Entah mau dihancurkan, ataukah dijadikan amunisi untuk perang besar yang mulai membayang. Diawal hanya mengirim 3 orang (Hack, Sabo dan Koala) untuk mengintai, gerombolan pasukan revolusi kemudian datang mengangkut barang dagangan ilegal. Setidaknya ada 3 hingga 4 tokoh besar Revolusi ikut serta mengangkut barang sitaan di Dressrosa kala itu. Salah satunya adalah tokoh besar dengan topi panda. Mirip Kuma. Tapi ini bukan beruang (kuma). Melainkan panda. Apakah Kuma punya saudara di Pasukan Revolusi? Bartholomew Panda misalnya. Haha.

Perfect Epilogue for Dressrosa. Penutup yang sempurna untuk Dressroa

“Helai demi helai benang kegelapan telah menjerat… meski banyak tragedi telah terjadi, mereka menahan air mata untuk memainkan musik. Dipenuhi suara riuh tepukan tangan… tirai untuk lakon menyedihkan tanpa judul yang takkan mendapat tepuk tangan akhirnya tertutup jua. Kalimat kebenaran ini akan tersampaikan padamu. Raja yang sesungguhnya telah kembali. Bersama dengannya kedamaian kokoh telah menanti.”

“Mereka yang mengunjungi negeri ini.. akan terkejut menyaksikan harmoni kehidupan antara penduduk lokal dengan para liliput kecil. Ini adalah negeri cinta, hasrat dan peri… Dressrosa”

Narasi penutup panjang yang sempurna. Tirai pertunjukkan telah ditutup. Narasi yang paralel dengan narasi pembuka Arc ini, tapi di kala itu dikatakan sebagai “Negeri Cinta, Hasrat dan Mainan”. Melukiskan kontradiksi antara kebahagiaan semu di bawah kekuasaan Doflamingo dan kebahagiaan sejati di bawah pemerintahan Raja Riku yang bersahaja. Ketika kebohongan berubah menjadi kenyataan. Ketika yang palsu tergantikan yang asli.

Penutup yang sempurna. Patung Usoland diukir dan diposisikan tepat di samping Montblanc Noland. Lucy sebagai penyelamat bangsa serta pemenang terakhir turnamen colosseum (Sabo sih) ditempatkan disamping gladiator legendaris Kyros. Perfect. Jangan memajang identitas asli Luffy di sana, dia seorang bajak laut yang sangat terkenal. Harmoni. Kedamaian benar-benar di depan mata. Viola kembali menari salsa dengan penuh semangat. Anak kecil mengenakan baju shichibukai bartolomew Kuma sedang riang menyaksikan pembangunan patung. Suasana damai menghapus mimpi buruk yang baru saja dialami.

Pada bagian ini, yang paling menarik adalah percakapan singkat antara Kyros dan Tank Lepato. Ya. Reverie. Pertemuan 4 tahunan para pemimpin negara dan raja dari seluruh dunia di Mariejoa. Kyros adalah salah satu yang berhadir. Tokoh familiar yang akan ikut serta adalah Cobra (Arabasta) dan Neptune (Gyojin). Mungkin Wapol akan kembali ikut serta mewakili Kerajaan barunya. Kita akan semakin dimanjakan dengan dunia One Piece yang super luas ketika chapter Reverie rilis. Muka-muka sangar para pemimpin akan bermunculam silih berganti. Agenda petisi penyetaraan hak manusia ikan. Agenda penghapusan Shichibukai yang dicetuskan oleh Fujitora. Dan banyak lagi akan dibahas di sana kelak. Salah satu kisah yang paling dinantikan. Ketika Riku mengatakan Reverie akan tiba sebentar lagi, benar-benar menandakan kalau Oda sedang mempercepat semuanya. Dia mulai mengabaikan cerita yang tidak begitu esensial pada plot utama.

Kalimat penuh kiasan ala Doflamingo

4 konvoi Marinir yang dinaiki oleh para monster mengangkut Doflamingo menuju Penjara terseram dunia, Impel Down. Seperti yang sudah diprediksikan, Fujitora akan mengelana setelah membantu mengantarkan Doflamingo. Dia akan memulai perburuan tanpa akhirnya kepada 2L. Law-Luffy.

Ketika salah satu tokoh terbijak Marinir dan bajak laut terlicik saling bertukar pendapat, arah pembicaraannya sangat luar biasa.

Dofla adalah orang yang memegang kendali. Bukan yang terkuat tapi yang paling berperan menjaga stabilitas. Ya. Dijabarkannya secara jelas di chapter kali ini. 25 tahun silam Roger menguasai Grand Line. Orang-orang lantas menyebutnya sebagai Sang Raja. Penguasa singgasana. Tapi setelah Roger meninggal? Oh. Singgasana itu kosong. Shirohige tak berambisi mendudukinya. Dia menjadi raja tanpa singgasana. Seolah-olah menghormati Roger, dia membiarkan singgasana itu kosong melompong. Tapi ketika Shirohige tewas? Monster-monster mulai lepas kendali. Keseimbangan kekuatan mulai runtuh. Singgasana Sang Raja terbuka lebar. Siapa yang menguasai Grand Line, dia yang menjadi Sang Raja.

Ingat, konsep Raja Bajak Laut itu berbeda-beda tergantung orangnya. Seperti Luffy, dia tidak ingin menaklukkan atau menguasai apapun. Dia hanya ingin berlayar bebas di samudera. Perbedaan konsep itu jelas juga terjadi kepada banyak pihak. Kaidou atau Big Mam misalnya. Salah satu dari mereka atau keduanya tentu sangat ambisius.

Dua tahun setelah Shirohige tumbang, Kaidou mulai bergerak. Dengan dalih mencari tempat untuk mati, dia membangun pasukan super kuat. Smile. Doflamingo lah pemasoknya. Apakah tujuannya benar-benar mencari panggung untuk mati? Apakah Kaidou sebenarnya ingin menguasai Grand Line dengan menundukkan Yonkou lainnya? Ya. Inilah permainan tahta. Game of Thrones. Yang pertama bergerak adalah Kaidou. Bersama Doflamingo dia bersiap menguasai seluruh samudera.

Tapi rupanya Law mampu membaca semua itu. Dia yang menyelidiki Doflamingo sejak lama untuk balas dendam akhirnya memutus satu mata rantai. Kaidou kehilangan pemasok amunisi yang luar biasa! Menurutmu apa yang dilakukan seorang kaisar jika pasokan amunisinya tersendat? Bagaimana jika seorang monster kehilangan makanannya? Bagaimana jika rencananya untuk mengobarkan perang tersendat? Ngamuklah dia! Rencana perang yang disusun matang diabaikan. Sudahlah. Dengan apa yang ada kita berperang. Menurutku Kaidou adalah tipe orang seperti itu. Dan menurut Doflamingo juga seperti itu. Monster bernama Kaidou yang diiming-imingi pasukan besar untuk berperang telah kehilangan pemasok utamanya. Dia akan lepas kendali. Ini justru percepatan masalah! Perang tahta justru sekarang tepat di pelupuk mata.

Bayangkan. Jika saja salah satu dari 4 kaisar mengamuk, menurutmu apa yang akan dilakukan 3 kaisar lainnya? Siap siaga! Big Mam, Shanks dan Kurohige jelas cukup jenius untuk mengerti situasi. Monster-monster ini mau tidak mau harus ikut berperang jika salah satu dari mereka mulai menunjukkan tindakan yang ofensif. Sudah dapat bayangan betapa kacaunya dunia ketika Doflamingo tumbang? Haha.

Pertanyaannya adalah siapa Yonkou pertama yang akan diincar Kaidou jika dia benar mengamuk? Tebakanku? Big Mam orangnya. Analisaku adalah karena masalah teritori, Kaidou dan Big Mam sangat berdekatan. Bagian awal Shin Sekai kita diperlihat oleh teritori Big Mom (Fishman Island) dan teritori Kaido (pulau berlabuhnya Caribou). Sementara teritori Shanks dan Kurohige belum terlihat. Oh mereka bisa bersiaga. Atau dalam situasi ekstrim akan terjadi koalisi Yonkou untuk saling tikam. Bisa bayangkan kalau Big Mom bergabung dengan Kurohige untuk menumbangkan Kaidou? Ataukah para Yonkou terlalu egosentris dan mengabaikan kemungkinan untuk berkoalisi?

Sementara itu, kemana tokoh utama kita? ‘Beruntung’ Luffy telah menjadikan dua kaisar itu sebagai musuh sekaligus. Haha . Luffy akan terlibat dengan caranya sendiri. Sesuai janjinya di Fishman Island, dia akan menghajar Big Mom. Sesuai janjinya dengan Law di Punk Hazard, Luffy berniat mengalahkan seluruh Yonkou (selain Shanks sepertinya). Jadi? Ya. Aku akan mengatakan setidaknya 3 Yonkou akan dikalahkan Luffy. Mungkin para pembaca tidak terima dengan mengatakan Supernova lain harusnya mendapat jatah lebih dari yang sudah-sudah. Tapi walau bagaimanapun, Luffy adalah tokoh utama. Walaupun seandainya dia tidak mengalahkan Kaidou atau Big Mom sendirian, pukulan pamungkas tetap dia yang akan melancarkannya. Seperti halnya ketika melawan Doflamingo. Law tentu cukup berperan dalam tumbangnya Doflamingo. Tapi tetap Luffy yang melancarkan finishing blow. Tetap Luffy yang menyudahi perlawanan lawan. Begitu pula menurutku nanti dengan Big Mom dan Kaidou. Karena dua orang ini sudah terlalu veteran untuk dikalahkan sekedar dengan kekuatan mentah. Kemampuan Luffy mendapatkan teman kapanpun dimana pun lah yang merupakan senjata ampuh untuk menghadapi monster-monster ini. Kemampuan berkoalisi itulah yang akan berperan besar.

Tentang Siluet

Tentu. Siluet menjadi sesuatu yang sangat menarik di chapter kali ini. Karena siluet tersebut mewakili para monster yang sedang memperebutkan titel penguasa samudera. 4 Yonkou, 6 Shichibukai (minus Doflamingo sendiri), 10 Generasi Terburuk, 4 petinggi Marinir, 4 monster Revolusi. Yang menarik adalah ketika Doflamingo tidak memasukkan Gorosei di dalam perhitungan. Juga tidak untuk Chiper Pol. Padahal dia mengikutsertakan Pasukan Revolusi dalam perhitungan. Apakah kedua pihak ini sangat misterius kekuatannya. Saking misteriusnya membuat “our little finger” Doflamingo tidak banyak tahu tentang kekuatan asli mereka. Karena kalau masalah perebutan kekuasaan, Gorosei jelas berada di posisi terdepan untuk sementara ini. Karena memegang otoritas tertinggi untuk dunia.

Setiap elemen akan terlibat. 2 elemen terbesar diprediksi akan saling menjatuhkan. 2L semakin menancapkan taringnya. Luffy secara khusus dengan 5600 armada tidak lagi seekor kutu di tengah samudera. Dia adalah naga. The Rising Dragon. Keberadaannya akan semakin diperhitungkan dunia. Apakah ini perang yang digadang-gadang Oda akan menjadi perang terakhir di One Piece? Kita tak tahu pasti, tapi mungkin perang antar Yonkou akan menjadi prelude sebelum Perang Akhir benar-benar dilakonkan dalam kisah. Oda tak pernah mengatakan hanya ada dua perang besar di dalam ceritanya!

Perang terbesar jelas akan berkobar tepat setelah Luffy si Topi Jerami mencapai Raftel. Menemukan One Piece. Dan mendapat gelar Raja Bajak Laut dari seluruh dunia. Ketika itu pula Tenryuubito dan Gorousei tak lagi nyaman di singgasana mereka. Goncangan tak terbayangkan mulai terbayang. 3 Senjata Kuno akan dibangkitkan. Seluruh dunia akan terlibat. Bumi akan bergetar. Samudera akan bergejolak.

Masih tentang siluet. Ada sesuatu yang menarik di bawah siluet Buggy. Itu bukan Killer karena Killer ada tepat di bawah Kidd. Itu bukan Doflamingo karena dia sendiri yang mengisahkan hal ini. Ditambah lagi tak mungkin dia membalikkan diri ketika yang lain menampakkan muka bagian depan. Bagaimana kalau itu adalah mantel Buggy? Juga bukan. Panel itu sangat penuh. Satu muka desak-desakan dengan lainnya hanya untuk sekedar tampil. X Drake bahkan kehabisan ruang hingga harus digambar di sisi yang sangat jauh. Untuk apa Oda memberikan Buggy ruang lebih dan menampilkan mantelnya? Buang-buang ruang. Plus itu terlihat seperti mantel bulu. Apakah Buggy tiba-tiba modis seperti Doflamingo? Bukanlah dia menggunakan jubah Bajak Laut klasik yang khas dua tahun silam?

Dengan segala analisa di atas, aku menyimpulkan itu adalah wujud seseorang. Berambut panjang runcing dan dia sedang menghadap ke belakang. Sengaja menyembunyikan muka untuk mengejutkan pembaca seperti halnya Ryokugyu di chapter ini.

Siapa dia? Shichibukai ketujuh selalu menjadi perbincangan menarik, karena dia adalah salah satu dari sedikit karakter mayor yang bahkan bayangannya pun sampai chapter ini belum pernah diperlihatkan. Dia adalah karakter eksentrik. Fakta tentang karakter ini adalah dia pernah memotong tangan Admiral Zephyr di masa lalu. Tepatnya 32 tahun silam.

Pada sebuah wawancara, Oda mengatakan sedapat mungkin dia tidak mau terlalu menghubungkan Movie dengan komik. Dia takut anak-anak yang tidak bisa menonton Movie-nya akan kebingungan jika karakter di dalam movie tiba-tiba muncul di dalam komiknya. Tapi bagaimana kalau Oda menjadikan Shichibukai ketujuh sebagai mata rantai yang menghubungkan Movie Strong World (Chapter 0) dan Movie Z (Volume 1000).

Karakter yang paling mirip dengan sosok yang tepat berada di bawah Buggy adalah Kinjishi SHIKI! Rambut runcing itu adalah ciri khasnya. Apakah mungkin hal itu terjadi? Kita gabungkan lagi dua fakta dari Chapter 0 dan Volume 1000. Shiki adalah bajak laut besar. Veteran. Salah satu musuh bebuyutan Roger di masa keemasannya. Itu adalah sekitar 30 tahun silam. Zephyr juga aktif di masa itu. Shiki kemudian dipenjara di Impel Down, tapi kabur dari penjara 20 tahun silam. Lucunya, 9 tahun silam ada seorang bajak laut yang cukup kuat berhasil membantai seluruh divisi Zephyr, dan memotong tangan kanannya. Siapa bajak laut tersebut? Yang sudah aktif setidaknya sejak 9 tahun silam?

Kemudian satu tahun yang lalu. Bajak laut yang memotong tangan Zephyr 9 tahun silam ini bergabung menjadi Shichibukai. Dialah Shichibukai ketujuh yang dibincang-bincangkan. Karena Shichibukai baru lainnya yaitu Buggy dan Law sepertinya tidak punya peluang untuk melakukan itu. 9 tahun silam Law masih berumur 17 tahun. Bersamaan dengan bergabungnya Shichibukai ketujuh, Zephyr keluar dari Marinir. Membentuk Neo Marine.

Yang mau kukatakan adalah, ada korelasi yang cukup kuat antara Chapter 0 dan Volume 1000. Seolah-olah Oda mau menghubungkan keduanya. Maka Shichibukai ketujuh tidak lain tidak bukan adalah Kinjishi Shiki. Yang ketika ambisinya menghancurkan dunia 2 tahun silam digagakan Luffy (Movie Strong World), akhirnya memutuskan menjadi Shichibukai dengan tujuan tertentu.

Kalaupun bukan Shiki, kemungkinan besar Shichibukai adalah bajak laut veteran lain yang dua tahun silam ikut kabur dalam pembobolan masal Impel Down. Para tahanan Level 6 yang tidak ikut Teach. Silver Medalist yang dikatakan kekuatannya hanya kalah dari Roger dan Newgate. Intinya adalah, 9 tahun lalu Shichibukai ini sudah aktif menjadi bajak laut. Siapapun dia.

Bagaimana dengan siluet Ryokugyu? Tidak banyak yang kita ketahui selain rambutnya yang lebat dan berwarna hitam. Ada yang mengatakan dia terlihat ramping. Menurutku tidak juga. Sama saja seperti Fujitora dan Kizaru.

Terus siluet orang keempat Pasukan Revolusi? Karena memang Pasukan Revolusi sendiri masih sangat misterius. Menerka pun percuma saja. Tapi tebakanku untuk sementara siluet tersebut adalah Bartholomew Panda yang kubahas di atas tadi. Haha. Jangan terlalu berharap tentang hal ini tapinya.

Captain Jack

Siapa Jack? Pertama kita ingat kembali fakta tentang karakter yang satu ini. Namanya disebutkan pertama kali ketika seseorang yang menyaksikan siaran demonstrasi Caesar Clown dari Punk Hazard [Ch 692 : Asasin dari Dressrosa]. Ketika itu orang yang memiliki tanduk tersebut menyuruh anak buahnya untuk memberitahukan kepada Jack tentang kekalahan Caesar dari Luffy. Demonstrasi yang bertujuan untuk memamerkan senjata pembunuh massal Shinokuni justru mengguncang Dunia Bawah kala itu karena keterlibatan Law dan Luffy.

Seseorang yang meminta Jack diberitahu tersebut memiliki dresscode (kode busana) yang sangat jelas. Hiasan kepala bertanduk dan mantel bulu. Ya. Kemudian ternyata kita temukan sebuah kelompok yang memiliki dresscode yang serupa. Ketika Sanji dan teman-teman mencapai Pulau Erupsi Air, dia bertemu sekelompok orang dengan dresscode yang cukup similar. Sheepshead dan antek-anteknya [Ch.795 : Bunuh Diri]. Memang Sheepshead sendiri tidak mengenakan hiasan kepala bertanduk, tapi ketiga pengikutnya termasuk seorang wanita seksi menggunakan hiasan kepala bertanduk.

Yang mau kukatakan adalah, Dresscode serupa muncul lagi di chapter ini! Salah satu anak buah Jack yang meneropong konvoi Marinir mengenakan topi bertanduk dan mantel bulu. Ini identik. Karena Kaidou sendiri juga tampil dengan dresscode yang sama! Bertanduk dan bermantel bulu! Didukung secara penuh oleh Jolly Roger bertanduk nan khas, sah sudah mengatakan kalau Jack dan awak kapalnya merupakan salah satu anak buah Kaidou. Seperti halnya Sheepshead dulu. Juga Bajak Laut Drake.

Pasti heboh ketika ada seorang asing bernama Jack, mengatakan ingin menyerang secara membabi buta walaupun tahu target mereka juga adalah monster. Muncul pertanyaan, sekuat apa sih Jack? Atau seidiot apa sih Jack? Ada 3 kemungkinan dari tingkahnya di chapter ini, entah Jack itu sangat kuat, atau dia sangat idiot, atau pula keduanya, idiot yang kuat. Sayang sekali, pertikaian Jack dan konvoi marinir ini mungkin tidak akan pernah ditampilkan. Yang berarti Jack menurutku hampir pasti tidak akan berhasil membawa kembali Doflamingo. Barangkali mundur setelah berhasil menenggelamkan salah satu kapal marinir atau semacamnya. Mungkin Sengoku dan Tsuru sudah kurang bertaji seiring umur yang bertambah, tapi di konvoi itu ada binatang buas bernama Fujitora yang bisa menarik meteor dan menenggelamkan kapal pengganggu dengan mudahnya seperti membalikkan telapak tangan. Haha.

Oh ya. Jack mengenakan pelindung rahang seperti Morgan. Tapi arahnya berbeda. Jadi hampir pasti dia adalah karakter baru. Lagipula Morgan sangat cupu.

Peran Jack sendiri sepertinya perantara antara Joker dan Kaidou. Apakah akan ada King dan Queen? Atau Ace? Bisa saja itu adalah codename orang-orang penting di Dunia Bawah. Tapi menurutku sendiri Jack adalah nama aslinya. Karena nama ini cukup pasaran ditemukan di dunia.

Vivre Card

Kapal Barto? Lebih unik dari yang kita bayangkan! Haluan-nya dihiasi patung Luffy. Sisi kapal dihiasi tanduk Chopper. Dek kapal didesain menyerupai Going Merry. Dengan bendera meriah pola polkadot. Haha. Yang beginian kalau di lautan sih pasti menarik perhatian. Dan seperti kata Usopp, bisa-bisa banyak orang mengira Luffy berlayar menggunakan kapal ini.

Gambia ditampilkan kembali setelah muncul sebagai Camoe kilat (lol) karena raib setelah dihajar oleh Laksamana Madya Maynard. Sayang sekali kita belum mendapatkan kesempatan berkenalan dengan 56 anggota Barto lainnya. Yang ternyata sama memiliki fanatisme berlebihan kepada Kelompok Topi Jerami.

Vivre Card. Sabo rupanya sempat saja membuat Vivre Card Luffy di waktu ketemu mereka yang relatif sangat singkat. Sepertinya dia atau salah satu pasukan revolusi cukup ahli untuk membuat kertas ajaib tersebut. Seperti kita ketahui, Vivre Card adalah kertas kehidupan yang dibuat dari potongan kuku seseorang. Di jeda waktu singkat setelah Doflamingo tumbang dan Sabo pamitan malam harinya, berarti Sabo sempat-sempatnya mengambil kuku luffy dan membuat vivre card dari itu. Tentang vivre card yang dibuat dari potongan kuku pertama kali dijelaskan oleh Lola di Thriller Bark [Ch.489-Kedelapan]. Mungkin saja Vivre Card tidak hanya dibuat dari potongan kuku, tapi dari rambut atau semacamnya yang penting membawa informasi DNA seseorang.

Masing-masing pemimpin kelompok pengikut Topi Jerami mengambil potongan kecil dari Vivre Card tersebut. Yang memberikan mereka arah kapanpun dimanapun Luffy memerlukan bantuan. Tak ketinggalah Barto yang girang bukan main karena mendapatkannya. Bellamy yang ternyata mengambil porsi kecil sepertinya akan berperan lagi di masa depan. Untuk saat ini hatinya belum siap mengabdikan dirinya kepada Luffy setelah Doflamingo sepenuhnya menghancurkan kepercayaannya. Tapi kita tak tahu ke depannya bukan? Apakah kelompok ke 8 akan dipimpin Bellamy? Kita akan tahu.

Sanji?

Setiap harga buronan naik, itu pasti akan menjadi chapter yang menyenangkan.Poster-poster yang memiliki ciri khas masing-masing. Luffy yang selalu ceria. Zoro yang tetap sangar. Robin yang fabulous. Franky yang suppa. Usopp yang konyol. Sanji yang mesum. Nami yang sensual. Chopper yang imut. Brook yang fenomenal.

Dikatakan Barto, selain orang-orang yang keterlibatannya begitu luar biasa dalam insiden kali ini, yang lain mendapatkan kenaikan serupa yaitu 50 juta berry. Orang-orang yang dianggap Marinir begitu berbahaya itu adalah Luffy (Naik 100Juta), Zorro (200Juta), Usopp (170juta) dan Law (60juta). Juga dikatakan Barto selain Kelompok Topi Jerami, dirinya dan yang lain juga mengalami kenaikan 50 Juta berry. Itu berarti Barto sekarang dihargai 200 Juta Berry, sementara Cavendish 330 Juta Berry (sebelumnya 280 Juta Berry). Ternyata Zoro masih kalah dari Cavendish. Haha

Nah. Selain 4 tokoh yang kenaikan harga buronannya cukup signifikan, ternyata ada tokoh lain yang mengalami kenaikan yang aneh. Sanji si Kaki Hitam. Berbeda dengan standar 50 juta berry, Sanji naik 100 Juta Berry walaupun keterlibatannya sangat minimum di insiden kali ini. Apa yang terjadi? Ditambah lagi, Poster yang selama ini selalu dihiasi dengan Kata Dead or Alive diubah menjadi Only Alive spesial hanya untuk Sanji. Aaah.. sesuatu yang menarik sedang terjadi.

Teori yang paling populer tentang ini adalah tentang Sanji yang kemungkinan besar darah biru aka bangsawan (dari youtuber Alpha2late17). Aku tak akan mengatakan aku menyangkal teori tersebut. Karena dengan chapter ini, kemungkinan itu justru terbuka sangat lebar.

Kita tahu yang memiliki wewenang memberikan harga buronan adalah Marinir. Penyedia fotonya bernama Flaming Attachan yang secara gaib bisa berada di mana-mana. Nah, kita mungkin sepakat secara umum harga buronan ditentukan oleh pihak marinir sendiri. Tapi tentu Pemerintahan Dunia diwakili Gorosei yang merupakan perpanjangan tangan Tenryuubito mempunyai otoritas lebih tinggi. Seperti kasus Nico Robin yang diberikan harga buronan begitu tinggi ketika masih kecil merupakan campur tangan mereka. Nah (lagi), anomali yang terjadi untuk poster Sanji ini sah dikatakan lagi-lagi campur tangan Pemerintahan Dunia. Karena walau dipikirkan bagaimanapun, Marinir sepertinya tidak punya alasan untuk mengistimewakan Sanji di antara ribuan bajak laut yang ada di luar sana.

Oke. Sekarang kita tahu Pemerintahan Dunia entah dengan tujuan apa mengistimewakan Sanji. Di atas mereka Tenryuubito berdiri. Orang-orang idiot (tidak semua sih) yang memiliki kewenangan berlebihan yang kadang digunakan seenak hati. Analisaku adalah seseorang atau suatu klan Tenryuubito meminta Sanji diistimewakan. Dengan alasan yang jelas. Dia memang keturunan mereka. Missing Child. Royal Blood. Darah Biru. atau semacamnya lah.

Kita kumpulkan kembali fakta tentang Sanji. Dia lahir di North Blue [Ch.227-Noland Si Raja Pembohong]. Gaya berpakaian khas gentleman. Memiliki tatakrama yang begitu sopan apalagi terhadap perempuan. Golongan darah langka S RH Negatif. Codename-nya Mr Prince pula.

Sanji ini penuh misteri. Coba kita ingat kembali percakapannya di chapter 227.

Sanji : “Noland Si Raja Pembohong.. Jadi ingat.. Dulu aku sering membacanya.” (Dia seperti keceplosan di sini)
Nami menimpali : “Lo? Kau tahu buku ini Sanji? Di sini tertulis kalau buku ini diterbitkan di North Blue.
Sanji : Yeah. Aku lahir di North Blue. Bukannya sudah kuberitahu ya? (Dia seolah-olah mau menutupi fakta kalau dia keceplosan).
Usopp : “Ini pertama kalinya kau berbicara tentang hal ini. Kukira kau dari East Blue” (Bukti kalau Sanji memang aslinya tidak pernah membicarakan tentang hal ini. Tapi akhirnya terpaksa bilang karena keceplosan masalah Noland)
Sanji : “Aku besar di East Blue. Tapi kisah ini sangat populer di North Blue. Orang-orang berkata ini hanyalah kisah anak-anak, tapi kudengar Noland ini benar-benar ada.” (Sanji tidak langsung menjawab pertanyaan Usopp, tapi langsung mengalihkan pembicaraan)

Kala itu perbincangan di chapter ini terlihat begitu ringan dan alami. Tapi sekarang? Si Master Foreshadow Oda sepertinya punya tujuan lain dari percakapan kecil ini. Bahwa Sanji sebenarnya tidak pernah berniat memberitahukan pada teman-temannya kalau dia dari North Blue, tapi karena keceplosan masalah Noland akhirnya dia mengatakannya. Kenapa harus disembunyikan? Syukurlah kelompok Topi Jerami adalah gerombolan yang tidak begitu ikut campur tentang masa lalu kompatriotnya. Mereka memiliki misteri masing-masing.

Bagaimana kalau begini. Dulu, seorang Tenryuubito berlayar ke North Blue. Ketika itu dia meminang seorang gadis di sana (biasalah dijadikan harem). Barangkali gadis ini punya tanda yang khas. Alis keriting yang asimetris. Kita tak akan mengabaikan alis keriting ini. Karena kalau alis keriting ini tidak esensial, Oda takkan sengaja menggambar alis keriting yang arahnya berlawanan untuk Duval. Seolah-olah Oda mau menunjukkan kalau hanya Sanji yang punya alis keriting seperti itu. Nah. Di sinilah kejeniusan (atau kegilaan) seorang Eiichiro Oda ditunjukkan.

Poster sketsa Sanji dua tahun silam itu punya MULTIPLE PURPOSE. Arahnya berlapis! What a storyteller Oda. Pertama itu sebagai candaan. Biar Sanji diejek Zoro dan teman-temannya yang lain. Kedua itu untuk kemunculan Duval, yang perannya sebagai figuran cukup esensial. Tapi ternyata ada lapisan lagi. Kenapa Oda sengaja mengesampingkan Sanji, dan hanya memberinya sebuah sketsa, untuk menyembunyikan keberadaannya dari dunia. Sketsa tidak membuat siapapun yakin. kemungkinan salahnya terlalu besar. Belum lagi sketsa itu tanpa warna. Walaupun alis keriting nan khas sudah ada sejak di sketsa, tapi itu tak bisa meyakinkan siapapun.

Apakah Sanji sengaja menghindari kamera? Menurutku tidak. Ini sekedar Devil’s Luck. Kebetulan yang ajaib. Posternya yang pertama, Flaming Attachan sepertinya lupa membuka tutup kamera. Posternya yang kedua dia lagi berlari menghadap ke belakang. Poster ketiga pada akhirnya terbit. Walaupun dengan muka mesum karena berenang bersama para duyung, akhirnya fotonya tersebar ke seluruh dunia. Lelaki berambut pirang dengan alis keriting asimetris nan khas. Seseorang sadar, Sanji kemungkinananaknya yang telah lama hilang.

Kita kembali lagi ke teori, seorang Tenryuubito jatuh cinta kepada gadis cantik berambut pirang dan alis keriting asimetris dari North Blue. Anggap Tenryuubito ini lebih waras dari Saint Roswald atau Saint Jalmack, seperti Donquixote Homing-ayah Doflamingo contohnya. Kemudian Tenryuubito tersebut kembali ke Mariejoa, dengan alasan tertentu terpaksa meninggalkan ibu Sanji di North Blue. Setelahnya sih tipikal. Ibu Sanji hidup menderita, akhirnya meninggal. Sanji yang bercita-cita menemukan All Blue bertualang ikut sebuah kapal pesiar dan kemudian bertemu Zeff. Atau dia kabur, atau apapun.

Tenryuubito yang waras ini 21 tahun kemudian menemukan seseorang yang memiliki ciri khas yang sama dari sebuah foto buronan. Rambut pirang dan alis keriting. Lo. Ini perasaan mirip gadis yang kucintai dulu. Mungkin begitu pikirnya. Untuk memastikan hal itu, dia meminta Marinir memberikan keistimewaan kepada Sanji. Memberikan label “Only Alive” untuknya. Barangkali sekedar ingin bersua, bertatap muka memastikan apakah Sanji benar-benar anaknya atau bukan. Tidak lebih dari itu kurasa.

Ada pula teori kalau ayah Sanji adalah Gorosei yang berambut pirang. Bisa saja sih. Karena aku masih berkeIntinya adalah kemungkinan besar Sanji memang anak salah seorang yang memiliki wewenang tinggi di Pemerintahan Dunia.

Teori tentang Sanji mengetahui sesuatu tentang Senjata Kuno, atau dia membuat Big Mom jatuh cinta, atau lainnya cukup konyol dan kurang berdasar untuk dibahas.

Bagaimana dengan kalimat terkenal Sanji di Thriller Bark ini?

“Aku tahu saat ini Marinir memang tidak begitu peduli tentangku. Tapi dalam waktu dekat akulah yang akan menjadi orang yang paling mereka takuti. Sanji Si Kaki Hitam.”

Aku tidak mau mendiskreditkan Sanji dengan mengatakan hubungannya dengan seorang Tenryuubito yang akan menjadikan kalimatnya ini menjadi kenyataan. Hubungannya dengan Tenryuubito (atau salah satu Gorosei) tidak lebih dari bagian masa lalunya saja. Hal yang membangunnya sebagai seorang karakter. Tapi untuk menjadi orang yang paling ditakuti Marinir? Sanji harus melakukannya sendiri. Dengan kekuatannya sendiri. Luffy pun demikian, walaupun dia Cucu Garp, Anak Dragon, dia meniti karir sebagai bajak laut dengan usahanya sendiri. Sanji harus bergegas mengejar Luffy dan Zoro dengan kekuatannya sendiri. Bukan karena kekuatan spesial apapun yang dimiliki darah birunya. Menurutku demikian.

Selain Sanji, akan menarik melihat seberapa esensial orang tua Franky dan orang tua Nami yang masih misterius. Kalau untuk Zoro sendiri, kurasa dia tidak perlu sosok orang tua yang super terkenal untuk membangun karakternya yang sudah terbangun dengan sempurna.

PS : Sebenarnya persentase kenaikan harga buronan Chopper luar biasa lo. 100 Persen naik alias dua kali lipat. Dari 50 berry ke 100 berry. Haha.

Apa selanjutnya?

Akan menarik jikalau Oda menampilan reaksi para kenalan Kelompok Topi Jerami di seantero dunia setelah kenaikan harga buronan kali ini. Hanya saja, reaksi dari mereka baru saja diperlihatkan dalam coverstory “dari geladak kapal dunia” perihal kembalinya Kelompok Topi Jerami setelah 2 tahun menghilang. Jadi memperlihatkan mereka lagi sepertinya tidak begitu perlu.

Yang perlu sekarang adalah melihat reaksi-reaksi yang tak biasa. Pertama kita harus melihat reaksi dari grup Sanji. Kedua adalah melihat reaksi Big Mom. Barangkali sambil mengadakan pesta teh. Pesta yang juga kemungkinan besar dihadiri Jinbe dan Capone Gang Bege sebagai aliansi Big Mom. Nasib Kid-Apoo-Hawkins-Killer juga layak untuk ditampilkan. Murka Kaido jelas dinantikan.

Overall, menurutku chapter depan kita masih akan melihat sekilas tentang dunia.

Detail Kecil

  • Seksinya Nico Robin dengan tanktop dan hot pants.
  • Anting yang sama antara Tsuru dan Viola.
  • Pandaman yang muncul di antara Barto Club.
  • Kambing Sengoku yang kembali muncul.
  • Barto yang jengkel karena diperintah Law.
  • Tanda tangan Kelompok Topi Jerami untuk Barto.
  • Luffy : tulisan “AKU” sederhana
  • Usopp : “Untuk Bartolomeo” disamping Jolly Rogernya
  • Robin : Menggambar Ayam plus tulisan “NI” (dari Nico Robin)
  • Zoro : Huruf “Pedang”
  • Franky : “Untuk Saudara” dan simbol bintang

Sorry review kali ini agak telat dan mungkin kurang menarik. Lagi banyak kerjaan. Salam Suppa!

PS : Selain kesibukan sehari-hari, aku lagi sibuk membuat Webtoon. Komik web berjudul PHenomena. Silahkan mampir disini kalau senggang.

 

Review dan teori oleh : Tonyohoho

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World