Theoreview One Piece Chapter 850

0

PART I: MIRROR WORLD

Chapter keren nan mencengangkan. Dengan adanya chapter ini, kita jadi tahu busuknya Purin. Namun betulkah seperti itu?

Untuk menjawabnya, mari diulas satu persatu.

Chopper Carrot di Dunia Cermin. Mereka menaklukannya! Itu hebat. Chopper memiliki rencana hebat sejak sebelum masuk kesana. Dia sadar bahwa Dunia Cermin Brulle itu seperti terowongan tikus mondok, banyak jalan keluar melalui cermin lainnya.

Dan Chopper sudah pernah melawan tikus mondok.

Syaratnya cukup mudah, asal terus bersama tubuh Brulle (entah hidup atau tidak) kita bebas mengakses portal cermin di sana.

Namun muncul misteri baru, kenapa Dunia Cermin tidak menghilang ketika Devil Fruit usernya kehilangan kesadaran? Kok beda dengan Sugar atau yang lainnya?

Jawaban simple nya adalah: Dunia Cermin bukanlah buatan Brulle.

Dunia Cermin mungkin memang sudah ada, dengan atau tanpa Brulee. Devil Fruit Mira Mira no Mi hanya memiliki kemampuan untuk mengakses mirror world barusan. Brulle mungkin menyangka kalau dia yang menciptakan Dunia Cermin. Namun tidak! Dia hanya menemukan cara untuk kesana.

Karena sejatinya, kemungkinan besar kekuatan utama Mira Mira adalah untuk menduplikasi suatu objek menjadi objek lain, seperti yang dia lakukan di Hutan Penggoda. Akses tak terbatas menuju Dunia Cermin hanya satu dari pelbagai kemampuan Mira Mira.

Jadi, Dunia Cermin bukan di ciptakan Brulee, namun dia hanya menemukan cara untuk kesana, dan hanya dia yang bisa keluar masuk seenak jidatnya.

Sama seperti Foxy. Dia tidak memelankan objek, namun dia memanipulasi Noroma Photon yang sifatnya mampu memelankan objek. Atau seperti Blueno yang bisa membuka pintu, dia tidak menciptakan dunia di balik pintu, hanya membuat akses ke sana saja.

Jadi, Chopper akan menemukan kamar pengantin sementara Sanji sedang terkaget-kaget melihat yang sebenarnya terjadi.

Lantas, Jika sudah menemukan cermin yang tepat, apa yang akan dilakukan Chopper, Carrot dan Sanji?

PART II: MAN IN THE MIRROR

Okay, rencana sudah disusun Chopper. Rencana brilian, cerdik, namun masih kesusahan menemukan solusinya.

Yang jadi masalah adalah, dimana portal yang tepat menuju orang yang tepat.

Chopper bisa aja nongol di ruangan depan buku tempat penjara buku LuNa. Dia mungkin bisa menyelamatkan Luffy, apalagi cuma Charlotte Opera saja yang menjaga Luffy.

Masuk ke Dunia Buku tanpa D’Or? Mimin rasa, sama seperti buku, jika dunia buku di buka, maka siapapun bisa melangkah masuk. Yang jadi masalah adalah penjara dan paku. Nampaknya itu yang menjadi konsentrasi Luffy saat ini.

Lawan Opera? Well, kekuatan Opera yang baru ketahuan adalah melepaskan sejumlah kondensi krim manis.

Well, Chopper rajanya makanan manis.

Bisa juga dia nongol di perpustakaan lokasi Soul Queen vs Soul King. Dia melihat potensi bahwa jiwa Brook nggak akan bisa dikendalikan oleh Mama, karena DF Brook notabene adalah pengendali jiwa juga. Mungkin Brook bisa memberikan catatan, atau bahkan kabur melalui Dunia Cermin yang hanya bisa dibuka Brulle.

Kebetulan sekali, Brulle sekarang jadi sandera.

Atau, bisa juga dia ke tempat Sanji yang lagi termenung, bingung, menangis (mungkin) dan dilema antara tekadnya yang ingin memaafkan kebohongan wanita dan wanita yang dicintainya justru membuat kebohongan hebat. Tapi Sanji gak bisa lari begitu saja. Ada bom.

Atau bisa aja dia ke tempat Puding dan Reiju, dengan harapan, Puding meninggalkan Reiju sendiri, karena nampaknya Nitro bisa membuat musuh terdiam. Chopper lawan jelly? Well, Carrot juga nampaknya lapar.

Atau, bisa saja dia, jika kita asumsikan bahwa Dunia Cermin mencakup seluruh cermin di Wholecake Island, Chopper bisa saja masuk kedalam ruangan seseorang.

Seseorang yang dulu sekali berjanji akan bergabung kedalam Mugiwara, dan dia punya hutang budi.

Seseorang yang kelompoknya mungkin mengambil Pekoms yang tertembak Bege.

Seseorang yang cukup berpengalaman bertempur, dan mungkin saja saat ini dia satu-satunya harapan menang Luffy.

Mungkin saja, Chopper bertemu Jinbei.

PART III: THE EGG, THE EYEBALL, AND THE LIGHT OF HOPE

Mari kita melihat pertarungan yang layak kita tonton untuk sejenak. Lupakan si wanita asu beserta rusa dan kelinci yang lagi nganu (baca: terjebak) di Dunia Cermin.

Pedro, mantan kapten Nox Pirate melawan Knight Baron Tamago.

Kalau diperhatikan, rasanya Pedro cukup kuat. Bayangkan begini. Tamago cukup kuat, itu jelas terlihat, namun dia berhasil melukai Tamago hingga matanya luka. Itu prestasi besar, menurut Mimin.

Naas-nya, Pedro tertangkap, bersama Zepo, yang kemungkinan memiliki hubungan dengan Bepo.

Mereka melakukan Roulete dan jatuh ke angka 100. Artinya, Mama berhak mengambil 100 tahun lifespan mereka. Kebetulan yang ikut adalah Zepo dan Pedro saja.

Sialnya, Zepo hanya memiliki sisa hidup 30 tahun saja. 30 tahunnya di ambil, diapun tewas.

70 tahun akan dilimpahkan ke Pedro. Karena permohonan Pekoms sambil nangis, Mama mengkorting menjadi 60 tahun.

Namun Pedro rupanya mahfum bahwa umurnya kurang dari itu sehingga dia juga memberikan kompensasi matanya, untuk 10 tahun umurnya. Jadilah, hukumannya menjadi 50.

Artinya, sisa umur Pedro adalah 60 tahun saat itu. Asumsikan dia berlayar bersama Neko dan Inu di masa mudanya, katakanlah seumur Luffy sekitar 18-20 tahun. Jadi Seharusnya, Pedro bisa hidup selama 80 tahun lamanya, kurang lebih.

Tentu itu mengindikasikan bahwa rentang hidup Mink, sekurang-kurangnya mirip dengan manusia biasa.

Dan kejadian itu sudah 5 tahun lalu sehingga Pedro masih punya sisa kurang dari sama dengan 5 tahun lagi sampai dia mati.

Sepadankah untuk seorang nakama yang sedang sekarat? Mimin rasa tidak. Next nakama versi Mimin bukanlah Pedro.

Tapi Pedro sadar akan potensi Mugiwara. Dia akan berkorban lagi. Sekali lagi, dia akan berkorban untuk hidupnya yang tinggal sedikit lagi.

Namun, kita akan mereview Tamago lebih dalam.

Siapa dia? Apa kemampuannya? Kenapa dia sebegitu dijaga oleh Mama dan sebegitu didengar nasehatnya oleh Mama?

Dan kisah berawal saat Restorasi Bourbon dan Monarki Juli di tahun 1860an dari seorang pedagang telur sekaligus koki hidangan telur handal, Madame LeGrand Benedict.

PART IV: THE EGG MASTER

Sebelum mulai, ada yang tau arti kata Baron?

Baron adalah sebuah gelar kebangsawanan. Mulanya dari Perancis yang kemudian di adaptasi oleh Kerajaan Britania Raya.

Baron/Baroness merupakan peringakat terakhir dalam gelar kebangsawanan Inggris. Kata itu dalam bahasa Perancis tua berarti “orang bebas”. Pada abad 13 para Baron dipanggil oleh raja/ratu untuk menghadiri sidang penasehat atau parlemen. Jadi, kedudukannya sangat penting sebagai penasihat sidang.

Balik ke Perancis.

Jika kalian kurang familier dengan Revolusi Perancis, Mimin akan menjelaskan simpelnya saja.

Jadi, Raja Louise XIV naik takhta. Di rezimnya, kaum dibagi menjadi dua: borjuis dan proletar dengan sistem monarki tradisional yang membayangi kerajaan Perancis. Rakyat marah, dan mereka mengkudeta Louise XIV.

Yang menggantikannya adalah Maximilien Robespierre, Jacobin, dan kediktatoran virtual oleh Komite Keamanan Publik selama Pemerintahan Teror dari tahun 1793 hingga 1794. Lalu runtuh lagi dan naiklah si kerdil Napoleon Bonaparte.

Kita gak ngebahas si bogel, namun apa yang terjadi kemudian.

Napoleon sangat suka Omelette, suka banget lah pokoknya. Mungkin dia bisulan, entahlah.

Yang jelas, dia selalu memasok telur dari seorang wanita misterius bernama Madame LeGrand Benedict. Wanita itu dari kalangan yang dahulu bernama proletar dan dia sangat anto-monarki sekali.

Saking terkenalnya telur LeGrand Benedict, dia penasaran orangnya. Dipanggilnya dia ke Versailles, dan disana Benedict memperagakan keahliannya mengolah telur.

Madame Benedict mempunyai seorang putra, yang kelak menyandang gelar Baron saat putranya dilarikan ke Inggris saat sakit mata parah. Di sana, dia membawa budaya Egg Benedict ke masyarakat Britania, dan jadilah Egg Benedict sebagai sarapan tradisional Inggris. Karena pengaruhnya, putera Benedict diberikan gelar Baron.

Benedict sekarang tidak jelas asalnya. Semua mengaku sebagai penemu asli menu itu, namun keabsahannya tetaplah ada di Napoleon yang membawanya hingga mati.

Apakah Tamago terinspirasi dari kisah tersebut? Entahlah. Mungkin Tamago adalah pemakan Tama Tama (telur) no Mi yang membuatnya menjadi manusia telur.

PART V: THE RED WEDDING

Bukan, ini bukan judul arc dari Game of Throne. Walau itu bagus, tapi bukan. Serial Game of Throne sendiri memang terinspirasi dari sejarah kelam ini.

Jadi begini, para pemuja AwCarrot, dulu sekali, tepatnya tahun 300an masehi, jaman dimana orang-orang baru mengenal peradaban, munculah kerajaan-kerajaan kuno. Mereka membangun kerajaan sebagai peradaban manusia, yang kian berkembang.

Masing-masing kerajaan, mempunyai aturan sendiri. Dan, namanya sifat manusia yang memang gak akan pernah puas, mereka mulai saling memperebutkan kekuasaan.

Sampai di tahun dimana lima kerajaan besar mendominasi:

  1. Lord Tywin Lannister, Warden of the West.
  2. King Robb Stark of The North.
  3. King Stannis Baratheon.
  4. King Renly Baratheon.
  5. King Balon Greyjoy.

Mereka adalah pemimpin kerajaan-kerajaan besar. Mereka akhirnya memutuskan untuk menjalin aliansi.

Lord Lanistor mendominasi sementara King Stark bergerak sendiri. Semua damai, sampai suatu kejadian.

Stark, mendominasi peradaban dengan teknologi yang kaumnya ciptakan. Sebut saja balista, katapult, gate destroyer, semua adalah hasil kreativitas kaum Stark. Lanistor jelas jengkel.

Keadidayaan Lenister akhirnya bergerak. Kerajaan Stark dan House of Tully (kelak akan jadi Otoman Turki) dikepung, ransum masuk di segel. Stark tidak menyerah, walau rakyatnya memintanya.

Akhirnya, ditemukan solusi, Stark harus menikahi anak perempuan Lanistor, Lady Astrid Lanistor.

Walau pernikahan politik, namun diam-diam, Stark mencintai Astrid. Dia yang tadinya masa bodoh, jadi kerasan. Apalagi Lady Lanistor juga “nampaknya” baik dan suka dengannya.

Sampai suatu ketika saat akan melangsungkan pernikahan, Lord Lanistor tewas akibat racun. Semua tuduhan menuju Stark. Stark dipenjara.

Dengan kematian Lord Lanistor, maka Astrid yang menjadi pemimpin House of Lanistor. Dan rupanya, Astrid yang selama ini menipu semua orang.

Kejadian itu disebut sebagai The Red Wedding.

Tapi tunggu dulu, itu bukan kisah nyata, melainkan sebuah dongeng klasik berjudul The Iron Throne asal Islandia. Memang tidak ada bukti yang kongkret, namun ini dinilai tak lebih dari sebuah dongeng. Apakah One Piece juga mengambil setting ini? Mimin serahkan kepada kalian.

PART VI: DESCEPTION POINT

Sebelum mulai, ada pertanyaan yang belum sempat Mimin jawab saat penjelasan Tamago, kalau dia Devil Fruit user, kok namanya cocok sama buahnya?

Mungkin Baron Tamago adalah julukan untuknya. Baron (Penasihat) Tamago (Telur) dan nama aslinya mungkin beda.

Lanjut.

Mimin tetap berpendapat bahwa Purin itu baik hati.

Tunggu sebentar! Sebelum kalian mencela-cela Mimin dengan kata-kata kasar, mari liat sudut pandang yang Mimin percayai.

Begini, sebetulnya ada plot hole dan adegan yang seharusnya tidak perlu dibuat Oda kalau ingin menceritakan sifat Purin asli yang jahat: flashback Lola.

Disana dia diperlihatkan sangat mengagumi Lola. Dan ketika hujan, Puding jadi kembali ke masa itu.

Itu, menurut Mimin pribadi, adalah sebuah kejanggalan. Kalau masalah curiga Purin itu berbohong, ya, kita sudah sama-sama curiga saat dia mendeskripsikan Sanji dan ketika dia tidak datang di Pantai Barat Whole Cake Island.

Tapi jujur saja, agak kaget melihat sifat Puding chapter kemarin. Hampir semua kaget, bahkan beberapa theorist besar seperti Tonyohoho dan Rokushiki Master juga kaget. Padahal Tony sendiri dulu yang bilang kalau Purin itu bohong, tapi Oda berhasil membuatnya percaya kalau Purin itu baik.

Selama 15 Chapter, plus insiden-insiden yang melibatkan SHP, semua beranggapan kalau Purin itu baik.

Lantas kok berubah di satu chapter ini? Kenapa Oda memaksakan tanpa ada transisi cerita seperti biasanya?

Tapi itu keren, sangat keren. Plot hole dan adegan yang tidak seharusnya itu mungkin kuncinya. Semua terjebak.

Sama seperti Mimin menjebak kalian dengan kata-kata wanita asu seakan Mimin membenci Purin, padahal tidak.

Apakah Puding benar-benar jahat?

Atau, dia jahat ketika mata ketiganya terbuka?

PART VII: THE THIRD EYE

Banyak kebudayaan besar di dunia yang menggunakan mata tiga sebagai folklore atau urband legend lokal. Kalian bisa cari di Google ya.

Puding sangat baik memainkan perannya, sangat sangat baik. Bahkan Mimin rasa, aktingnya sungguh baik seolah-olah ada dua Pudding disitu.

Mimin masih berpendapat bahwa Puding yang kita temui di awal kisah, bukanlah Puding yang kita temui di chapter lalu. Mungkin tubuhnya sama, namun orangnya yang berbeda.

Kepribadian ganda kerap kali ada, apalagi dengan anomali mata ketiga itu. Mimin rasa, melihat obsesi Mama yang ingin menciptakan dunia penuh keanekaragaman, Purin merupakan ras yang baru kita ketahui, ras Mata Tiga.

Kenapa gak ada di rumah lelang Shabondy? Mungkin karena keberadaan mereka yang sangat jarang. Mungkin lebih jarang dari Mink.

Mata ketiga sering disimbolkan sebagai kejahatan. Beberapa kebudayaan menyebut bahwa mata ketiga mampu melihat masa depan. Ada juga yang bilang bahwa mata ketiga adalah sosok iblis yang turun untuk menempati raga seseorang. Apapun itu, ras Mata Tiga, menurut Mimin sangat unik, dan bahkan mungkin punya kekuatan sendiri.

Dalam kasus Puding, mungkin kepribadian jahatnya muncul ketika mata ketiganya terbuka. Atau, itulah sifat asli Pudding yang notabene ras Mata Tiga, sementara jika tertutup, maka kepribadian baiknya yang mengambil alih.

Karena berbeda. Ketika bermata tiga, pembawaan Purin juga beda. Bajunya lebih terbuka, balon dialognya juga berubah.

Kita tunggu, itu pantas di tunggu.

Dan selesailah sudah, neraka diujung jalan.

Kematian menjemput tiap-tiap jiwa yang dilahap putaran roda takdir. Hilang sudah umurmu, ketika kematian menyentuhmu.

Lima puluh tahun sudah kau ambil kehidupanku. Lima tahun sisa hidupku untuk menjaganya.

Pergi dia keseberang jalan. Jangan kembali, pangeran, karena hanya kesedihan yang akan menyertaimu.

Sesak sudah hati yang berbunga ini. Hilang sudah harapan di tangan, meledak-ledak bagai kembang api dalam lengketnya minyak panas.

Mata ketiga terbuka, memperlihatkan sisi buruknya. Mata ketiga terbuka, membohongi tiap jiwa yang ada.

Mata ketiga terbuka, memperlihatkan neraka yang sesungguhnya.

Salam,

 

Theoreview One Piece Chapter 850 oleh Miminwara

Admin Indo One Piece Forum

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World