Theoreview One Piece Chapter 849

0

PART I: THE RISE OF THE BEAST

Tanpa menunggu lama-lama lagi, mari kita bahas chapter indah yang penuh dengan hewan-hewan cantik nan buas ini.

Mungkin tidak banyak yang bisa Mimin sampaikan di sini, namun ada beberapa point.

Dan point itu mengacu kepada para hewan disini.

Ya, keberadaan Mink di sini sangat berpengaruh pada jalan cerita. Setelah ke Zou, Luffy memboyong Pedro dan Carrot (walau Carrot gak sengaja nyelip ke tas) sangat merubah jalan cerita. Bayangkan jika mereka tidak ikut.

Pedro, pernah dulu sekali kesini. Dia adalah kapten dari bajak laut penjelajah bernama Nox Pirate. Dia jelas sudah tau kemana arah yang akan di tuju Mugiwara cs.

Carrot di satu sisi memiliki element of surprise. Dia bisa lembut, namun di satu sisi dia mampu menjadi sebuah apapun. Dulu Luffy hampir mati tercekik oleh Carrot hanya karena soal makanan. Mahluk selucu itu bisa juga buas. Carrot suci, namun bisa berbuat dosa. Awcarrot.

Dan Chopper. Dia rusa tulen, namun mampu berfikir layaknya manusia dengan Hito Hito. Disini munculah potensi dari Hito Hito itu sendiri. Dia tidak hanya membuat Chopper hidup seperti manusia, namun dia juga mampu membuat otak hewan Chopper yang dulunya dipenuhi insting, menjadi penuh akal. Canggihnya lagi, dia mampu memaksimalkan akal pikiran manusianya.

Dia mampu membuat perhitungan dengan melihat lingkungan. Dia mampu berfikir selogis mungkin disaat genting. Itu mungkin kekuatan utama Hito Hito no Mi. Adapun Chopper mampu berubah wujud menjadi 7 adalah pengaruh rumble yang dimodifikasi.

Dan sekarang, Monster Point hanya membutuhkan 1 biji rumble saja. Itu hebat, dia meminimalisir dosis dari rumble effect karena jika overdosis, dia bisa kehilangan kesadaran, seperti yang dia lakukan dulu sekali di Enies Lobby.

Carrot juga tak kalah hebat. Dia turun dan melakukan 5 gerakan singkat yang bisa mengubah keadaan: Menendang kuali, menendang Brulle, menuang air panas ke lantai, menyetrumnya, dan menyelamatkan kodok Carrot. Semua dalam hitungan detik. Dia juga mampu menyamai kecepatan kereta Diesel.

Namun yang paling keren adalah jurusnya, Electrik Luna.

Kenapa harus Luna?

PART II: THE RABBIT AND THE MOON

Electrik Luna!

Begitulah jurus Carrot.

Mink mampu menghasilkan listrik dari tubuh mereka. Mereka mampu menciptakan bio-elektrik secara bebas. Mereka menyebutnya dengan nama electro.

Carrot memanfaatkan hal itu dalam serangannya dan menciptakan sebuah skill bernama Electric Luna dengan cara menghantamkan electro Mink ke air. Air merupakan penghantar listrik yang baik, maka dia bisa menyetrum siapapun yang berada diatasnya.

Electrik Luna, kalau dilihat berbeda dengan electro yang dihasilkan Mink, dulu sekali ketika melawan Jack dan keroconya.

Carrot menahan arus yang akan keluar, mengumpulkannya, dan membuangnya lewat tangannya. Tentu, voltase listrik tadi akan tinggi, mengingat dia mengumpulkan energi listrik tadi.

Namun, mari membahas Luna melalui perspektif lain.

Kali ini datang dari dongeng Cina kuno tentang Dewi Cang’e.

Kelinci bulan dalam folklor adalah seekor kelinci yang tinggal di bulan, berdasarkan pada pareidolia yang mengidentifikasikan mare bulan sebagai seekor kelinci. Kisah tersebut terkenal di berbagai negara, utamanya dalam folklor Asia Timur dan mitologi Aztej. Di Asia Timur, kelinci tersebut terlihat sedang menggunakan lesung dan mortar, namun penggambaran mortar berbeda antara folklor Tiongkok, Jepang, dan Korea. Pada folklor Tiongkok, kelinci tersebut sering digambarkan sebagai teman dari dewi Bulan Chang’e, yang sedang membuat ramuan kehidupan abadi untuknya; namun pada versi Jepang dan Korea, kelinci tersebut digambarkan sedang membuat kue nasi.

Suatu ketika, sang kelinci melihat rusa yang kesusahan. Dia meminjam cermin bulan milik Cang’e dan masuk kedalamnya untuk ke bumi dan menyelamatkan rusa tersebut.

Seekor kelinci bulan yang menyelamatkan rusa dengan masuk ke dalam cermin? Mirip cerita?

Lalu ada lagi yang menarik. Jurus Swallow Banderolle (bukan sendal) milik Brook, yang datang dari sejarah kelam Britania Raya.

Mari kembali ke abad pertengahan bersama barisan Pasukan Meja Bundar.

PART III: THE KNIGHT AND THE SWALLOW

Sebelum mulai, ada yang tau apa itu Banderolle?

Nah, Banderolle adalah gambar pita yang biasa dipakai sebagai moto kerajaan atau suatu organisasi. Kayak yang di gambar itu tuh, yang tulisan The Swallow. Nah itu adalah Banderolle.

Apa hubungannya Swallow (walet, bukan sendal) dengan Banderolle? Mimin akan bawa kalian jauh kebelakang, tepatnya 1135 Masehi, jaman dimana Reva dan Boy belum naek motor CB. Tempat kisah Arthur pertama kali diceritakan oleh Chretien de Troyes.

Alkisah, diceritakan bahwa Arthur membentuk sekelompok kesatria untuk melawan musuh-musuhnya. Para ksatria (24 orang) biasa berkumpul di suatu tempat, dan rapat, dengan sebuah meja bundar dihadapan mereka. Mereka mengelilingi meja itu. Mereka lalu dikenal sebagai para Ksatria Meja Bundar.

Salah satu ksatrianya, Guinevere, adalah seorang wanita, putri Raja Lodegrance dari Camylarde. Guinevere sangat luwes sehingga dia dijuluki “Si Walet” oleh musuh-musuhnya.

Arthur cinlok dengannya. Mereka menikah dan memiliki seorang anak bernama Claous. Claous digadang-gadang sebagai penerus Arthur sebagai raja dan ksatria. Dia tidak mau, dia memilih memainkan lira (salah satu alat musik) ketimbang pedang. Arthur marah dan membuangnya.

Claous bukan tidak bisa menggunakan pedang. Dia malah mahir anggar. Tapi dia lebih menyukai musik.

Claous yang terbuang pergi ke Jerman dan disana dia diangkat sebagai pegawai kerajaan. Dia adalah pengawal kerajaan di sana. Dia memiliki simbol “Der Swiftlet” atau Sang Walet, karena kemahirannya menggunakan pedang anggar. Atau mungkin karena dia begitu menghormati ibunya? Tidak ada yang tahu.

Kisah Arthur sendiri sudah banyak improvisasi sehingga keabsahan ceritanya juga tidak ada yang tau saking banyak versinya. Yah, dongeng ini memang sangat terkenal.

Oh ya, karena Arthur kalah melawan Mordred sang Penyihir, Clouse menggantikan Arthur mengalahkan Mordred di Batle of Camlan tahun 537, dan mengambil hartanya.

Well, Brook dulu merupakan seorang pengawal di sebuah kerajaan. Dan belakangan, dia mengeluarkan jurus Swallow Banderolle tadi. Apakah itu bisa jadi referensi Brook?

Mimin serahkan ke kalian.

PART IV: THE JAGUAR AND THE EGG

Pedro memang pernah sekali menyebutkan bahwa dia dulu sekali adalah seorang penjelajah. Mimin berfikiran dia seperti Orlombus.

Namun nampaknya, dulu sekali, Mink juga pernah menjadi bajak laut. Dikapteni oleh Pedro, bajak laut itu bernama Nox Pirate. Nox adalah bahasa Islandia untuk sebuah ungkapan cahaya yang tiba-tiba mati. Cocok untuk Pedro, menurut Mimin.

Dia pernah ingin mencuri salinan Poneglyph Mama, namun ketahuan dan akhirnya dia dihukum.

Beruntung, Pekoms menjaminnya dan karena perkataan Neko bahwa Pedro dan Pekoms dulu sekawanan (Pekoms memanggilnya dengan sebutan Kakak) maka kemungkinan besar, Pekoms adalah anggota Nox.

Sebut saja begini. Pedro dibawa kehadapan mama karena ketahuan mencuri, plus, dia habis duel antara lelaki dengan Baron Tamago yang akhirnya mata kiri mereka terluka (kemungkinan saling tebas), Mama ingin menghukum, Pedro tidak ingin mengecewakan Inu dan Neko. Maka dibuatlah Roulete kematian.

Mimin rasa, siapapun yang ingin bernegosiasi dengan Mama, bisa memilih Roulete sebagai caranya. Ya, Roulete kemungkinan besar adalah cara Mama untuk mendapatkan jiwa seseorang secara “adil” ketimbang dia ambil nyawa sembarangan.

Dengan diampuninya Pedro, dia mendapat 50 tahun usia Pedro, beserta Pekoms yang, menurut Mimin, juga bagian dr kesepakatan. Entah Pedro setuju atau tidak.

Setuju atau tidak, Pekoms berpendapat bahwa satu-satunya cara supaya temannya selamat adalah berkorban menjadi anak buah Mama. Pedro pulang tanpa pamit kepada anak buahnya, dan berjanji akan kembali. Mink di Chocolatown yang bertanya langsung kepada Kapten Pedro.

Big question: jika Roulette berhasil kepada Pedro, kenapa tidak dengan Sanji? Itu jelas salah satu cara bagus. Dan kenapa dengan Reiju?

PART V: THE CASTLE

Apakah Roulete sudah cukup untuk menyelamatkan Sanji?

Mungkin. Namun, siapa yang akan dikurbankan? Siapa yang rela diambil umurnya jika Roulete berhenti di titik yang kurang bagus?

Yang jelas, orang itu punya harus memiliki hutang budi yang teramat dalam kepada Mugiwara, dan tujuan hidupnya sudah didapatkan.

Supaya apa? Supaya sepadan.

Mungkin Pedro, mungkin Jinbei. Banyak yang punya hutang budi kepada Mugiwara.

Itu kalau menggunakan Roulete. Mimin rasa, Luffy tidak mau berkorban apapun. Seegois itulah dia.

Lalu Reiju. Kenapa dia? Scene lalu dia diperlihatkan sehat walafiat.

Dia diserang. Itu pasti, melihat lukanya.

Kenapa? Germa tidak ada masalah apapun dengan siapapun di Whole Cake Island. Setidaknya sejauh ini.

Jelas dia diserang seseorang karena mungkin, ketahuan. Dilihat dari gesturnya, dan intuisi Mimin saja. Dia jelas diserang karena ketahuan, entah apa itu.

Dimana?

Nah, ini yang misterius. Itu kastil. Dan ada 2 kastil di Whole Cake Island, Germa dan Wholecake Castle. Yang mana?

Germa? Kenapa dia diserang? Sangat kecil, walau ada, kemungkinan dia diserang di kandang.

Whole Cake Island? Ini kemungkinan besar. Kenapa? Mungkin dia tau rencana Mama kepada Germa.

Namun, mungkin kalian lupa ada 1 lagi kastil di sana. Kastil dalam bentuk manusia dan dia satu-satunya yang belum nampak Batang hidungnya dan nampaknya dia menyimpan rencana gila.

Kapten dari Firetank Pirate, Capone Geng Bege.

Dan berakhirlah sudah dongeng mimpi buruk disiang bolong.

Sang rusa dan kelinci bulan bermain-main ditengah piruknya labirin kaca dalam dunia cermin.

Sang bocah terbelenggu bersama sang pemegang badai. Hampir tertutup sudah buku kehidupannya.

Berbaris para tentara jiwa menghadang rajanya. Berlutut mereka tak mampu bergerak didepannya.

Sang ratu tiba, bersama para prajurit hampa. Sang raja terdiam, membawa bendera Walet di dadanya, digenggamnya penuh ironi dari lantunan musik keji alam baka.

Sang merah muda bergmerisik, bergerak perlahan. Tertatih dia menahan sakit, juga amarah, dan darah merah bertetes-tetes dalam rongga kebingungan dalam hatinya.

Dia, yang melayani cahaya dalam kegelapan.

Salam,

Miminwara

 

Theoreview One Piece Chapter 849 oleh Miminwara

Admin Indo One Piece Forum

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World