Review dan Pembahasan One Piece Chapter 857 – Benteng

0

“Siapa yang berada di puncak lautan saat ini? Siapa yang menguasainya? Salah satu Kaisar Laut, Yonkou? Atau.. para keparat kecil dari Generasi Terburuk?”

“Siapa yang akan bergabung dengan siapa? Siapa yang akan mengkhianati siapa?”

~ Donquixote Doflamingo (Chapter 801)

Lebih dari sebulan berlalu sejak terakhir kali kita menikmati persembahan terakhir dari Oikgerd. Empat chapter kita lalui melalui review dengan gaya penyampaian yang berbeda-beda (Anonim, General Hashimoto, Teracotta, dan terakhir Jidew). Apa kalian menikmatinya? Semoga saja.

Dalam beberapa chapter terakhir kita disuguhkan dengan cerita-cerita yang banyak sekali melibatkan perasaan. Tidakkah kalian merasakannya? Namun, kali ini Odachi membawa suasana yang berbeda, yang telah dia tanamkan di akhir chapter lalu. Sebuah bentuk cerita dengan ala One Piece yang lainnya, cerita yang kompleks dan membangkitkan naluri kita dalam beropini dengan pemikiran yang liar!

Setelah 19 chapter, kita masih belum juga mendapatkan Cover Story yang baru. Di chapter kali inipun masih diisi dengan Cover Request, Hancock yang sedang menikmati kolam renang. Lumayan memanjakan mata, lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Kira-kira kapan Cover Story baru akan muncul? Dan cerita apa yang akan mucul di dalamnya?

Tugas Terakhir

Kekuatan cermin Brulee manjadi sangat vital dalam misi penyelamatan Sanji. Setelah bertemu Sanji, kemudian Luffy dengan simpelnya menjawab kegelisahan Sanji, kelompok Topi Jerami pun kembali berkumpul. Tidak secara langsung, tapi melalui cermin. Tempat Luffy dan Sanji saat ini berada adalah tanah lapang yang seharusnya tidak mungkin akan ada cermin di sana, namun ingatkah kalian kalau sebelum Luffy dan Nami bertemu rombongan Vinsmoke kemarin, mereka sempat berkomunikasi dengan Chopper dan Carrot melalui pecahan cermin. Beruntungnya pecahan cermin itu masih ada di sekitar sana, di tempat Luffy dan Sanji berada saat ini.

Semua tujuan Luffy dan kawan-kawannya ke markas Big Mom hampir terpenuhi. Brook berhasil memperoleh salinan Road Phoneglyph, dan Luffy berhasil mendapat jawaban Sanji kalau dia ingin kembali ke Sunny. Selain itu Chopper dan Carrot pun berhasil mendapatkan jalan keluar teraman yang bahkan Big Mom pun belum tentu bisa menangkap mereka saat ini. Sebuah misi yang hampir mustahil namun akhirnya berhasil ditaklukan. Tidak heran bagaimana Luffy dengan mudahnya menyanjung kinerja kawan-kawannya. Kalian bisa lihat reaksi Chopper yang seperti biasanya, tersipu namun ditutupi dengan kata-kata hujatan. Bahkan Carrot dan Brook pun jadi ikut-ikutan. XD

Tugas mereka belum berakhir, atau lebih tepatnya bertambah. Sanji belum akan kembali. Kenyataan yang dibeberkan Purin beberapa waktu yang lalu telah membelokan kemudi mereka. Rencana Big Mom untuk membunuh seluruh anggota keluarga Vinsmoke memang berguna bagi Sanji, tidak ada lagi yang mengekangnya, dan ancaman terhadap kerabat-kerabatnya pun hilang. Namun bukan Sanji yang kita kenal jika dia harus mengorbankan salah seorang terdekatnya demi kebahagiannya sendiri, apa lagi yang harus dikorbankan adalah keluarga kandungnya sendiri. Luffy pun menyetujui itu, mereka harus menyelamatkan keluarga Sanji, terlebih pada Reiju yang pernah menyelamatkan nyawa Luffy.

Mendengar jawaban Luffy, tentu Sanji akan berpikir bahwa itu adalah hal yang gila. Jika memang semudah itu untuk memutuskan, Sanji sudah melakukannya sejak lama. Sanji pun tidak ingin melibatkan yang lainnya lebih jauh dalam masalahnya. Jawaban Luffy memang gila, tapi ada yang jauh lebih gila, yaitu respon Nami, Chopper, dan yang lainnya. Mereka justru menyetujuinya, dan gembira mendengarnya bahwa Sanji akan kembali. Bahkan seorang Kaisar pun tidak akan menghentikan mereka untuk membawa temannya kembali. Mengejutkan? Tentu saja. Reaksi Nami dan Chopper adalah yang terbaik, karena kita sudah terbiasa dengan sikap pengecut mereka saat mendengar nama-nama besar atau misi yang mustahil untuk dilakukan. Aku merasa inilah bagian terbaik di chapter kali ini.

Odachi memberikan fan service untuk kalian pendukung SaNa (Sanji – Nami). Interaksi antara mereka berdua sangat menyenangkan untuk dilihat.

Tip of the Iceberg

Tip of the Iceberg merupakan idiom dalam istilah berbahasa Inggris. Maknanya adalah bahwa apa yang dilihat hanya sebagian kecil dari keseluruhan bentuknya. Jika kalian melihat bongkahan es di lautan, yang terlihat di permukaan laut hanya sebagian kecil dari keseluruhan bongkahan es tersebut. Inilah makna dari kata-kata Jinbei begitu mendengar rencana Luffy bahwa mereka akan mengacaukan pesta teh dan acara pernikahan keluarga Big Mom.

Pesta teh merupakan acara yang sangat dinantikan Big Mom. Tidak heran jika Big Mom akan mengundang banyak orang untuk ikut. Kalian ingat, bahkan iblis neraka pun akan datang jika Big Mom mengundang ke pesta tehnya. Para Mentri Totland yang ditemui Luffy dan teman-temannya sampai saat ini hanya sebagian kecil dari keseluruhan Bajak Laut Big Mom, dan mereka, anggota Bajak Laut Big Mom yang lain yang belum sempat diperlihatkan sudah pasti akan hadir di pesta nanti. Bisa kupastikan akan banyak nama besar dalam Bajak Laut Big Mom yang akan hadir. Kita sudah melihat Tamago, Pekoms, juga Bobbin, termasuk Capone Bege dan mereka bukanlah Bajak Laut sembarangan. Selain itu Jinbei pun mengatakan bahwa para penguasa Underworld dari berbagai penjuru dunia juga akan datang. Bisa kalian bayangkan seberapa besar pesta teh ini? Ingin mengacaukan pesta teh seorang Yonkou? Itu adalah hal tergila yang bisa kau pikirkan, dan yang menantimu di sana adalah para monster lautan.

The Godfather

Sebuah film yang mengisahkan kehidupan para mafia, dibalut dengan cerita yang dalam, kompleks, serta cerdas.

Jika berbicara tentang para mafia, akan ada satu nama yang langsung muncul dalam pikiran kita, Capone ‘Gang’ Bege, salah seorang dari Generasi Terburuk. Dalam dunia bajak laut, nama Capone Bege hanyalah seorang pemula yang baru dikenal 2 tahun belakangan. Namun kenyataannya, dia bukanlah orang baru di dunia kriminal. Di masa mudanya, sebelum terjun ke dunia bajak laut, Bege sudah aktif sebagai mafia. Tidak tanggung-tanggung, dia adalah salah 1 bos dari kelompok 5 mafia kuat yang mengendalikan Underworld di West Blue.

Capone Bege adalah orang gila yang sadis. Dia adalah orang yang senang memenggal kepala binatang dan menikmati saat melihat tubuh binatang itu menggeliat kesakitan. Bagaimana jika binatang tersebut diartikan sebagai sebuah kelompok atau organisasi? Potong kepalanya (pimpinannya), maka kelompok itu akan hancur dalam kekacauan. Sementara Bege akan sangat menikamati pertunjukan itu. Bukan untuk status atau kekuasaan, hanya demi kepuasan. Benar-benar pria yang sakit jiwa.

Rook

Apa kalian menyadarinya kalau kelompok Bajak Laut Big Mom sangat identik dengan pola bidak-bidak dalam permainan catur? Sebelumnya kita sudah diperlihatkan para prajurit catur, lalu Big Mom sebagai Queen (Ratu*), dan Tamago sebagai Knight (Kuda*) saat dia bertransformasi menjadi Niwatori, serta Bobbin sebagai Bishop (Mentri*). Selanjutnya di chapter ini sekali lagi kita diperkenalkan sosok yang mendapatkan posisi dengan nama yang sama dengan salah satu bidak catur, Rook (Benteng*), yaitu Capone Bege. Untuk King (Raja*), bisa jadi bahwa Big Mom sendirilah yang pantas mendapat gelar tersebut. Big Mom berambisi menjadi Raja Bajak Laut, bahkan sampai menggunakan kata ‘Ore’ yang merupakan istilah untuk kata ‘aku’ dalam bahasa Jepang dan biasanya digunakan oleh lelaki.

Keterangan: *Bidak catur yang lebih umum dikenal di Indonesia.

Bosan dengan kegiatan gangsternya, Bege beralih profesi menjadi Bajak Laut. Tapi, apa yang sudah dilakukannya di masa lalu telah menciptakan para pembalas dendam yang akan selalu mengejarnya, bahkan sekali pun Bege menjadi Bajak Laut, itu tidak akan menghentikan para pengejarnya.

Hanya ada 2 cara untuk bertahan hidup di Dunia Baru: Meminta perlindungan pada Yonkou sebagai bawahan atau sebaliknya dengan menentang mereka. Bege bukanlah orang yang gegabah. Menentang Yonkou saat dia baru saja mengenal lautan adalah hal yang tidak logis. Maka pilihannya hanya satu, berlindung di bawah ‘payung’ Yonkou, yaitu Big Mom. Nama besar Big Mom sudah cukup kuat untuk memberikan jarak antara dia dengan para pengejarnya.

Julukan Generasi Terburuk bukan sekedar julukan bagi Bege. Tidak perlu waktu lama, Big Mom sudah menaruh kepercayaan tinggi pada Bege dengan memberinya julukan Rook. Bukan hal yang aneh, karena Bege memiliki kemampuan pertahanan serta tingkat kewaspadaan tinggi. Dan di pesta teh ini, bagian keamanan dipercayakan seluruhnya pada Bege, membuat Luffy harus kembali berpikir bahwa apa yang akan dia lakukan tidak akan semudah apa yang dia katakan.

Skema dalam Skema

Luffy memang seorang pembuat keajiaban, tapi hal itu saja tidak akan cukup untuk memuluskan rencana mereka yang ingin mengacau di pesta teh nanti. Bahkan untuk sampai melihat batang hidung Big Mom pun Luffy masih harus menghadapi bentuk pertahanan dari Capone Bege yang sudah mendapat pengakuan seorang Yonkou. Sekali pun mereka berhasil melewati Bege, masih banyak para veteran yang menanti Luffy. Pada dasarnya ini adalah sebuah misi yang mustahil.

Namun takdir berkata lain. Skema lick Big Mom yang hanya ingin menguasai teknologi Germa dan membunuh keluarga Vinsmoke hanya bagian dari skema licik lainnya dari seorang yang sudah bisa kita tebak sejak lama, Capone ‘Gang’ Bege. Aku yakin sudah banyak yang memprediksi kalau Bege akan mengkhianati Big Mom. Lebih gilanya, dia ingin menjatuhkan Big Mom seperti apa yang dia lakukan di masa mudanya dulu. Potong kepalanya, dan lihat tubuhnya menggeliat kesakitan. Bunuh Big Mom, dan lihat kekacauan sebesar apa yang akan terjadi di Totland.

Musuh dari musuhku adalah temanku. Sekarang kita tahu, selain Luffy dan kawan-kawannya, ada Bege yang juga menjadi pihak oposisi terhadap Big Mom. Tujuan mereka berbeda, tapi jalur yang mereka tapaki sama. Jinbei kemudian meminta Luffy untuk bekerja sama dengan Bege saat ini. Bekerja sama dengan Bege saat ini akan memberikan keuntungan sangat besar bagi rencana Luffy. Ingat, Bege adalah orang yang dipercaya Big Mom dalam memegang bagian keamanan dalam pesta teh. Sudah tentu dia tahu seluk beluk pesta ini. Dan bagi Bege, semakin banyak orang yang menentang Big Mom akan semakin baik untuk rencananya.

Selanjutnya adalah menggelar pertemuan antara kedua kelompok ini, dan memantapkan kerja sama serta menyusun tambahan rencana. Tapi… Jangan menganggap enteng Bege saat beraliansi dengannya. Bahkan Big Mom pun dengan berani dia khianati, apalagi Luffy. Tapi… Jangan menganggap enteng Luffy saat beraliansi dengannya. Luffy bukan seperti kebanyakan orang, dia bisa membuat hal semakin menarik. Law sudah membuktikan itu. Bahkan, aku yakin Bege pun tidak akan bisa menolak Luffy.

Menaklukan Kaisar

Wacana menaklukan Kaisar sudah terdengar sejak lama, dan semua itu diawali oleh para Generasi Terburuk. Secara tidak langsung Kurohige yang pertama menyuarakannya, bahkan berhasil merebut tahta Shirohige. Lalu Law dengan beraliansi dengan Luffy untuk menaklukan Kaidou. Kemudian Kidd yang beraliansi dengan Hawkins dan Apoo dengan mentargetkan Shanks. Kali ini Bege yang sudah siap untuk memenggal kepala Big Mom.

Tapi menaklukan para Kaisar bukanlah hal yang bisa dilakukan semudah dengan apa yang diucapkan. Law dan Luffy hampir saja kehilangan kesempatan itu, susah payah menumbangkan Doflamingo hanya untuk menghambat pertambahan kekuatan kelompok Kaidou. Kidd dan aliansinya bahkan sudah dihancurkan bahkan sebelum sempat memulai rencana mereka, hancur di hadapan Kaidou. Hanya Teach yang berhasil, itu pun dengan sebuah rencana super besar yang dipersiapkan dengan matang dalam waktu yang lama.

Kali ini berbeda. Rencana Bege bukanlah rencana biasa seperti apa yang direncanakan Law atau mungkin Kidd. Rencana Bege adalah rencana yang mendetail seperti yang dikatakan Jinbei. Buktinya adalah, posisinya masih aman sebagai bawahan Big Mom, mendapat kepercayaan besar dari Big Mom, serta menjelang waktunya eksekusi, aku tidak sedikit pun melihat bahwa Bege merasakan ada yang kurang dari rencananya. Rencana Bege mungkin sudah dibentuk selambatnya adalah sejak Big Mom merencanakan pernikahan politisnya dengan keluarga Vinsmoke. Ini terlihat dari percakapan kelompok Fire Tank yang menyatakan bahwa Germa adalah pahlawan mereka.

Tapi apakah akan semudah itu? Karena yang menjadi targetnya adalah orang sekaliber Yonkou. Aku 100% yakin bahwa rencana ini akan gagal, jika, hanya dilakukan oleh Bege dan kelompoknya sendiri. Bege adalah orang yang senang dengan permainan catur (SBS vol. 82), dan kalian tahu bahwa Benteng (Rook) tidak akan bisa menjatuhkan Raja (King) sendirian. Aku perkirakan bahwa Bege sudah berkomplot dengan orang atau bahkan kelompok lain. Clue-nya, dia mengajak Pekoms untuk bekerja sama, namun Pekoms menolaknya.

Bukan tidak mungkin Bege sudah bernegosiasi dengan yang lainnya. Bege tidak berminat pada status atau kekuasaan. Hal ini bisa menjadi alat tukar yang menjanjikan bagi siapa pun yang akan bekerja sama dengannya. Siapa saja? Banyak kemungkinan yang ada. Jika dia mengajak Pekoms, bisa jadi anggota Bajak Laut Big Mom yang lain pun ditawarkan kerja sama itu. Anak-anak Big Mom tidak sepenuhnya loyal pada Big Mom. Istri Aladine, Praline, dan istri Bege, Chiffon adalah contohnya. Bisa saja anak-anak Big Mom yang lain pun begitu. Masih ada 1 nama besar di keluarga Charlotte yang sampai saat ini hanya kita ketahui dari namanya saja, Katakuri. Jika orang sekelas Katakuri menjadi back-up Bege, kemungkinan keberhasilan dalam rencana ini akan semakin meningkan. Ditambah dari ucapan Jinbei tentang orang-orang veteran yang akan muncul hadir di pesta nanti, bisa saja ada yang mengincar posisi Big Mom. Atau justru bantuan Bege berasal dari orang-orang di luar kelompok Bajak Laut Big Mom. Kalian ingat berapa banyak tahanan Impel Down yang ingin membunuh Shirohige? Aku rasa sama saja dengan Big Mom.

Aku memprediksi Big Mom tidak akan tumbang saat ini, kekacauan akan terjadi, tapi tidak sampai menjatuhkan Big Mom. Dendam Big Mom akan tersimpan untuk selanjutnya. Tidak akan greget rasanya ketika nanti Luffy berhadapan dengan Kaidou, namun kita sudah melihat Yonkou lain tumbang. Yonkou pertama yang harus jatuh di era baru adalah Kaidou. Aku meyakini itu. Mulai dari sini cerita akan semakin menarik, karena kita masuk pada menu utama, Pesta Teh.

Sekian Review untuk kali ini. Review dipersembahkan oleh admin Mangaceng.

Thanks to seluruh kawan diskusi di komunitas OPFCI, penyedia scanlation MS dan YP, dan semua penikmat One Piece.

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 857 – Benteng

Oleh Mangaceng. Admin One Piece Fans Club Indonesia

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World