Review dan Pembahasan One Piece Chapter 850 – Cahaya Harapan

0

“Dua tiga manisnya madu, jangan kau suka tipu-tipu.” – Jarjit Singh

~~ Red Wedding ~~

Daaaaan penghargaan aktris terbaik 2016 jatuh kepadaaaa……

CHARLOTTE PURIN !

Sebagai pemeran utama dalam film yang berjudul “Big Mam, Germa, dan Pernikahan Palsu”.

Sebenarnya, perilaku Purin sepanjang cerita Totland ini memang sangat mencurigakan. Banyaknya hal yang ganjil di setiap kemunculannya, membuat para fans terbagi menjadi beberapa kubu. Kubu yang percaya bahwa Purin benar-benar baik, kubu yang curiga dan menganggap Purin cuma bersandiwara, dan kubu yang percaya bahwa bumi ini datar.

Memang, bagi sebagian pihak, kenyataan tentang Purin terasa sangat menyakitkan. Bukan hanya mengubur mimpi mereka untuk melihatnya menikah dengan Sanji (dan bergabung dengan Topi Jerami), tapi juga begitu menyakitkan menyaksikan Sanji yang terlihat sangat menderita. Tapi bukankah hal mengejutkan seperti ini yang membuat sebuah cerita jadi lebih menarik?

Purin yang selama ini bersandiwara ternyata adalah salah satu kesayangan Big Mam karena kemampuan aktingnya yang luar biasa. Dengan hanya keluarganya yang tahu akan hal ini, tentu akan mudah bagi Purin untuk menggunakan kehebatan aktingnya dan menipu orang lain. Kali ini Germa yang jadi korban, dengan Big Mam yang bertujuan untuk mendapatkan “Pasukan Klona” dan “Pengetahuan” yang dimiliki oleh Germa.

Bagaimana jika Big Mam akhirnya mendapatkan pengetahuan tersebut? Mungkin saja, dengan kapasitasnya sebagai Yonko, ia kemudian berhasil mengembangkan sistem dimana ia bisa mengkloning pasukan terkuatnya sesuka hati. Jika begitu, hanya tinggal menunggu waktu saja sebelum Big Mam kemudian menguasai dunia.

Berbicara soal Purin sendiri, dengan mata ketiganya, sepertinya menjadi konfirmasi bahwa ia adalah karakter yang sama dengan karakter mata 3 yang pertama kali muncul di chapter 651 dulu. Meskipun belum terlihat adanya kotak perkenalan (kotak perkenalannya dulu di pulau Cacao hanya bertuliskan “pemilik kafe” saja – tak menjelaskan apa-apa), namun bukti ini sudah cukup bagiku.

Aku tak akan banyak membahas lebih jauh tentang “Purin jahat”, karena sepertinya di setiap sudut komunitas One Piece, dalam maupun luar negeri, semua sudah membahas hal ini. Aku lebih tertarik untuk membahas tentang mata ke-3 Purin dan misteri yang menyelimutinya.

Ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa Purin berubah menjadi jahat ketika mata ke-3 tersebut terbuka. Artinya ia memiliki kepribadian ganda. Kita sudah melihat hal ini pada diri Cavendish dan Hakuba. Aku ragu Oda akan menggunakan konsep yang serupa walaupun tak sepenuhnya sama pada diri Purin. Argumen tentang kepribadian ganda ini dapat dipatahkan dengan fakta bahwa selama ini Purin memang sedang bersandiwara, oleh karena itu ia menyembunyikan mata ke-3 tersebut (entah untuk tujuan apa). Bukan karena mata tersebut tertutup kemudian Purin berubah menjadi seseorang yang baik hati.

Yang lain, jika kita perhatikan di latar belakang panel selama cerita Totland, seringkali kita ditunjukkan ada banyak jam yang masing-masing menunjukkan waktu yang berbeda. Aku selalu bertanya-tanya apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh Oda-sensei. Mungkinkah ini berhubungan dengan mata ke-3 Purin? Misalnya saja kekuatan Purin berhubungan dengan waktu. Bukan sesuatu yang mustahil untuk terjadi.

Atau mungkin juga mata ke-3 ini memberikan Purin kekuatan penglihatan super. Kekuatan untuk melihat keadaan sekitar tanpa terhalang suatu apapun. Mirip dengan kekuatan Viola. Atau yang lebih ekstrim lagi, mata ini membuat Purin mampu untuk melihat ke masa depan. Bukankah akan menjadi menarik ketika ia melihat ke masa depan tapi mendapati Luffy yang akhirnya berhasil menjadi raja bajak laut?

Apapun kekuatan Purin nantinya, yang jelas aku tak percaya Oda akan membuat mata ke-3 tanpa kekuatan yang unik. Mengingat ini pertama kali dan satu-satunya kita melihat seseorang memiliki 3 mata. Mungkin kita akan melihat kekuatan ini di pesta pernikahan nanti.

Pernikahan itu sendiri adalah sesuatu yang sakral. Jika Purin dan Big Mam ingin menggunakan acara suci ini untuk melakukan suatu hal yang tak terpuji, membunuh mempelai dan tamu undangan misalnya, mungkin saja akan ada hukuman dari langit yang akan mereka terima nantinya. Untungnya bagi Big Mam dan Purin, rencana mereka berdua tak akan berjalan lancar. Karena tak akan ada rencana yang berjalan lancar apabila seseorang bernama Monkey D. Luffy ada disana.

~~ Cahaya Harapan ~~

Ada pepatah lama yang mengatakan, “Oda tak akan pernah membiarkan Sanji bahagia”.

Kalian merasakan betapa tersiksanya Sanji saat ini? Ketika disaat semuanya terlihat suram, Purin datang kepada Sanji sebagai cahaya harapan. Sebagai seseorang yang akan membawa Sanji keluar dari kegelapan. Tapi ternyata semuanya palsu, hujan badai dan petir di Whole Cake seperti menggambarkan bagaimana perasaan Sanji saat ini. Suram.

Jika sudah begini, apa yang akan Sanji lakukan?

Menyelamatkan Reiju? Tapi ia tak akan menendang wanita. Purin akan berada di atas angin, meskipun kita belum tahu kekuatan bertarung Purin seperti apa. Tapi jika Sanji bertindak gegabah, situasi bisa saja malah bertambah rumit.

Aliansi dengan Germa? Pertama, ayah dan kakak-kakaknya belum tentu mempercayai Sanji, jika bukan Reiju sendiri yang mengatakan kebenarannya. Kemungkinan, Jajji bisa saja semakin marah dengan Sanji, karena pernikahan ini telah gagal dan Germa tak jadi beraliansi dengan Big Mam. (mungkin Germa memiliki agenda tersembunyi terhadap Big Mam). Negara Germa sendiri sudah terjebak di tengah-tengah Pulau Whole Cake. Mau tak mau, Germa dipaksa untuk bertarung menyelamatkan diri nantinya. Mereka tak akan peduli lagi dengan nasib Sanji. Jika masih ada Jajji, Ichiji, Niji, dan Yonji, aku tak bisa melihat Germa beraliansi dengan Sanji.

Apakah sudah benar-benar tak ada secercah harapan untuk Sanji?

Secara tak sadar, Sanji sudah menjawab pertanyaan ini sendiri. Di kolom SBS volume 45, ada pembaca yang bertanya tentang makanan kesukaan kelompok Topi Jerami. Dari makanan yang dibuat Sanji di chapter ini, berisikan makanan-makanan kesukaan anggota kelompoknya. Mungkin karena sudah sangat terbiasa membuat bekal bajak laut ini. Daging untuk Luffy, beras untuk Zoro, ikan untuk Usopp, pasta untuk Sanji sendiri, humberger untuk Franky, sandwich untuk Robin, jeruk (mikan) untuk Nami, dan coklat untuk Chopper. Hanya makanan kesukaan Brook saja yang tak terlihat.

Sanji, tidakkah kau melihat bahwa anggota kelompokmu adalah satu-satunya cahaya harapan yang tersisa untukmu?

~~ Bersama Para Monster ~~

Armor. Baju pelindung. Digunakan untuk melindungi seseorang dari serangan luar. Di dunia One Piece, Luffy memiliki armor terbaik dibandingkan karakter-karakter lainnya. Bukan baju baja berlapis berlian, bukan juga mantel ajaib penuh sihir. Armor Luffy bernama Plot Armor.

Luffy sebagai tokoh utama dalam cerita One Piece tentu tak akan mati sebelum impiannya tercapai. Segenting apapun keadaannya, separah apapun ia terluka, seperti apapun keadaannya, Luffy akan baik-baik saja sebelum cerita mencapai titik akhir. Inilah yang disebut plot armor, dimana karakter yang begitu penting sampai ia bisa dipastikan tak akan mati.

Dan aku rasa, Luffy secara tak sadar mengetahui bahwa ia memiliki plot armor. XD

Di chapter ini ia mengatakan tak mungkin ada orang yang tiba-tiba, secara ajaib datang dan menyelamatkannya dari penjara buku ini. Sepertinya ini adalah tanda, orang yang datang dari dalam cermin bisa dikatakan ajaib, ‘kan?

Ya, aku rasa Chopper adalah orang yang akan menyelamatkan Luffy dari sana. Sebelum kemudian mereka bersama-sama menyelamatkan Sanji.

Duo Chopper dan Carrot hanya perlu menyentuh tubuh Brulee agar bisa sesuka hati keluar masuk cermin yang ada di Totland. Mereka masih belum bisa menemukan Sanji maupun Luffy, tapi mereka tak lelah untuk mencari. Jika aku menjadi pria yang sedang mandi, dan di cermin muncul seekor rakun bertanduk tentu aku akan kaget bukan main. Tapi aku akan lebih kaget lagi jika menjadi Chopper dan salah masuk cermin lalu bertemu dengan pria aneh seperti itu. XD

Jika berhasil menemukan Luffy, aku rasa Chopper dan Carrot akan mampu mengatasi Opera yang bertindak sebagai penjaga disana. Di pulau Cacao dulu, duo ini terus makan coklat yang ada disana hingga aku menjuluki mereka duo diabetes. Melihat kekuatan Opera adalah krim kocok, aku rasa duo ini akan mampu memakan habis Opera dalam waktu yang sangat singkat. XD

Situasi Luffy sendiri mengingatkanku pada Zoro di cerita Little Garden. Jika kini Luffy rela kehilangan tangannya untuk lolos, saat itu Zoro rela memotong kakinya agar lolos dari jebakan lilin Mr. 3. Bedanya, saat itu Zoro sudah memotong kakinya setengah jalan sebelum pertolongan datang. Menunjukkan betapa tekad kedua orang ini benar-benar bulat untuk mencapai mimpinya, meskipun harus kehilangan tangan atau kaki sekalipun. Nami yang di Little Garden cuma bisa meringis melihat Zoro yang berlumuran darah, kali ini juga hanya bisa berteriak melihat Luffy yang hampir memutuskan lengannya. Aku benar-benar kasihan dengan Nami yang selalu bersama para monster itu.

Bisikan Purin seolah menjadi pemicu amarah Luffy yang sekarang tak bisa diam di penjara sana. Marah besar tentu saja. Mungkin bukan Big Mam, tapi Purin yang akan menjadi lawan tanding wanita kedua bagi Luffy setelah ia mengalahkan Alvida di awal petualangannya dulu.

~~ Kebohongan Wanita ~~

Namun sebelum cerita ini berlanjut, sebenarnya ada yang aneh dengan Purin.

Selain ada beberapa kilas balik yang seperti menunjukkan bahwa Purin tak bahagia sebagai anak Big Mam, mengapa Purin memberitahu rencananya kepada Luffy dan Nami? Mengapa ia juga memberitahu hal tersebut kepada Reiju?

Terlalu percaya diri bahwa rencananya akan berhasil apapun yang dilakukannya? Ataukah ada maksud lain?

Dan mengapa Purin tak membunuh Reiju saat itu juga? Jika Reiju tak dibunuh dan kembali ke Germa sebelum acara pernikahan dimulai, rencananya tentu akan berantakan. Walaupun Reiju dibunuh atau disekap, dan tak kembali sebelum acara pernikahan dimulai, tentu akan menimbulkan kecurigaan dari pihak Germa. Lalu sebenarnya untuk apa Purin menangkap Reiju saat ini?

Chapter ini bukanlah kilas balik, Oda biasanya menggunakan warna abu-abu atau hitam untuk kilas balik, tapi tidak ada di chapter ini. Artinya kejadian di ruang Purin terjadi setelah Reiju berjalan berdarah-darah di akhir chapter yang lalu. Siapa yang melukai Reiju saat itu?

Bisa jadi luka itu disebabkan oleh Purin, Reiju lalu mencoba kabur namun tertangkap kembali oleh Purin di chapter ini. Tapi bisa saja lukanya disebabkan oleh orang lain, Reiju kabur dan kemudian ditangkap oleh Purin di chapter ini. Kita belum tahu pasti.

“Sudah menjadi tugas pria untuk memaafkan kebohongan wanita”.

Ini adalah kata-kata legendaris Sanji di Water 7. Ia sebagai pria sejati dapat melihat kebohongan yang dilakukan oleh wanita, sebut saja Robin di Water 7 dan Viola di Dressrosa sebagai contohnya.

Bagaimana jika selama ini Sanji tidak tertipu oleh Purin, melainkan dapat melihat diri Purin yang asli jauh di dalam hatinya?

Bagaimana jika sebenarnya Purin adalah orang baik dan yang dilakukannya terhadap Reiju serta Luffy juga merupakan sandiwara?

Plot twist di dalam plot twist. Double plot twist.

Dari ingatannya, dan juga ia mengatakannya juga di chapter ini, Purin terlihat tak senang selalu menuruti kemauan ibunya, menjadi boneka.

Bagaimana jika semua yang dilakukan Purin ini adalah usahanya agar lepas dari Big Mam sekaligus menyelamatkan Sanji yang ia cintai?

Bisa saja ia sengaja memberitahu Reiju dan Luffy dengan tujuan untuk menyelamatkan Sanji. Jika Reiju berhasil lolos dan kembali ke Germa, tentu Jajji yang mengetahui akan dibantai tentu tak akan datang ke pernikahan. Jika pernikahan batal, peran Sanji di keluarga ini akan berakhir, artinya Sanji kembali bebas. Cerdas bukan? Untuk Luffy, ini agar Luffy segera datang menyelamatkan Sanji sebelum pesta pernikahan dimulai esok hari.

Negara Germa memang sudah terjebak di tengah Pulau Whole Cake, yang artinya Big Mam bisa saja tetap mendapatkan teknologi yang ia mau. Tapi dengan rencana ini Sanji bisa bebas kembali. Setelah itu Purin akan melakukan hal yang sama dengan Lola, kabur dari rumah dan berlayar menjadi bajak laut. Mungkin inilah mengapa saat Purin sendirian, ia mengingat kenangannya ketika Lola pergi dari rumah.

Dengan cerita di Totland ini penuh misteri, juga dengan plot twist sebesar chapter ini, aku tak akan kaget lagi jika ada kejutan besar lain yang disiapkan oleh Oda-sensei. Disini, semuanya masih bisa terjadi.

~~ Jaguar dan Telur ~~

Untuk diketahui, Bounty / nilai buruan Pedro yang benar adalah 382 Juta Berry, sedangkan untuk Baron Tamago adalah 429 juta Berry. Mangastream sempat salah menerjemahkan nilai Bounty, yang kemudian diikuti oleh beberapa web baca manga Indonesia. Bahkan di Indonesia ada yang menuliskan nilai Bounty Tamago adalah 4 milyar Berry lebih. XD

Pedro dan Tamago saat ini sedang bertarung, mengulangi apa yang terjadi 5 tahun yang lalu. Saat itu Tamago harus rela kehilangan mata kirinya. Namun Pedro dan anggota bajak lautnya yang kemudian harus rela bertekuk lutut di hadapan Big Mam.

Mendengar Zepo, tentu saja kita langsung memikirkan tentang Bepo – mink beruang kutub anggota Bajak Laut Hati. Melihat Zepo yang hanya tinggal memiliki masa hidup 30 tahun, sepertinya ia adalah orang yang sudah tua. Jika ia memang berhubungan darah dengan Bepo, aku rasa Zepo adalah ayah dari Bepo. Jika kita ingat, Bepo lahir di Zou tetapi saat ia masih sangat kecil sudah pergi meninggalkan Zou. Melihat bagaimana mink masih diperjualbelikan sebagai budak, bisa saja Bepo adalah korban penculikan. Dan Zepo pergi dari rumah menjadi anggota bajak laut untuk mengarungi samudra mencari anaknya yang hilang sejak kecil. Bisa saja, ‘kan? XD

Roulette yang menunjukkan angka 100 artinya mereka harus menyerahkan masa hidup 100 tahun kepada Big Mam. Zepo hanya punya 30 tahun, yang artinya Pedro harus menanggung sisanya, 70 tahun. Hanya dengan permohonan Pekoms dan mengorbankan mata kirinya saja, Pedro bisa pergi dari sana dengan bayaran 50 tahun.

Baru-baru ini Jinbe melakukan permainan yang sama, meskipun hasilnya belum kita ketahui.Tapi karena hal ini, aku yakin Jinbe tak akan kehilangan tangan, kaki, atau kepalanya. Hanya saja ia harus merelakan banyak masa hidupnya kepada Big Mam, dan ia harus menanggungnya sendirian.

Mungkin ini akan jadi alasan Luffy untuk menghajar Big Mam suatu saat nanti. Mengambil kembali umur Jinbe dan Pedro yang sudah dicuri oleh Big Mam. Mengingatkan kalian akan cerita Brook dan bayangannya, ‘kan?

Pertarungan Pedro dan Tamago saat ini menghasilkan sesuatu yang membingungkan. Ketika Pedro menebas menggunakan pedangnya, Tamago pecah dan mengeluarkan cairan seperti telur. Tamago sendiri dalam bahasa Jepang artinya telur, tapi aku tak menyangka bahwa Tamago adalah telur secara harafiah.

Di kotak perkenalan Tamago dulu, jelas dikatakan bahwa ia adalah dari suku kaki panjang. Artinya ia bukanlah Homies. Jika ada sesuatu yang aneh, biasanya jawabannya adalah buah setan. Jadi kemungkinan besar Tamago adalah pengguna buah setan. Buah telur-telur mungkin? Yang aku sendiri tak bisa memikirkan bagaimana kekuatannya bekerja. XD

Di pandanganku, Pedro memenangkan pertarungan ini karena tekadnya. Ia kembali ke Totland, tempat dimana bajak lautnya musnah, nyawanya sendiri diambil orang, hanya untuk mengantarkan penyelamatnya menggapai mimpi. Sebuah tekad bulat untuk tak mati disini di tangan Tamago, karena ia percaya bahwa sang penyelamat adalah mereka yang ditunggu-tunggu oleh dunia, ditunggu-tunggu oleh dirinya. Menunggu fajar menyingsing dunia.

~~ Malam dan Matahari ~~

Biasanya, nama sebuah bajak laut mencerminkan kaptennya, sesuatu yang unik bagi kelompok tersebut, atau impian mereka.

Pedro adalah kapten dari Bajak Laut Nox.

Jadi apa itu Nox? Berhubungan dengan Pedro? Atau mink? Apa arti Nox itu sendiri?

Setelah bertapa 7 hari 7 malam (google translate), aku menemukan bahwa dalam bahasa Latin, Nox berarti “malam”.

Bajak laut malam… Sepertinya pernah mendengar bajak laut serupa. Bajak laut malam… bulan… siang… matahari… Bajak Laut Matahari!

Jika dilihat, ada banyak kesamaan diantara mereka. Entah itu antara Bajak Laut Nox dengan matahari, atau antara ras mink dengan ras ikan.

Budaya yang terasingkan dari dunia luar, diskriminasi oleh manusia, perbudakan hanya sedikit contohnya. Begitu pula dengan mereka yang sama-sama menunggu agen perubahan.

Ras mink dan bajak laut Nox menunggu “fajar”, transisi dunia lama ke dunia baru yang akan dibawa seseorang. Sedang duyung dan manusia ikan menunggu untuk janji lawas bahwa mereka akan kembali ke permukaan dan hidup disana. Mungkin inilah fungsi kapal raksasa noah di hari yang dijanjikan. Dia akan membawa para penduduk pulau manusia ikan dari dasar laut menuju permukaan.

Mereka sama-sama menginginkan adanya perubahan di dunia ini. Mereka ingin dunia yang bebas dari diskriminasi, dan semuanya dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

Hal yang paling ditakutkan pemerintah dunia adalah ketika One Piece ditemukan. Akan ada fakta yang membuat seluruh dunia ikut berperang, mungkin saja semua kebusukan pemerintah dunia akan terbongkar. Tentu saja, karena Luffy adalah orang yang akan menemukan One Piece, Topi Jerami adalah aktor utama dalam pergerakan dunia ini. Mereka adalah “fajar” yang ditunggu oleh para mink, mereka juga adalah orang yang ditunggu untuk membawa ras ikan kembali hidup di permukaan. Kelompok Topi Jerami adalah kuncinya.

Jinbe sudah hampir pasti akan bergabung dengan kelompok ini. Setidaknya ia membawa impian ras ikan bersamanya ketika ia berlayar bersama Luffy nanti. Bagaimana dengan mink? Apa akan ada wakil dari ras mink yang ikut Topi Jerami untuk membantunya menemukan One Piece? Ataukah seluruh Ras mink hanya akan sebagai aliansi Topi jerami saja?

Untuk semua cerita itu, sepertinya kita semua harus bersabar, karena masih jauh sekali sebelum cerita tersebut dimulai. Untuk saat ini, kita hanya bisa memikirkan bagaimana nasib Sanji, di 2016 yang dikatakan sebagai “Tahun Sanji”, semuanya berisi kepedihan yang dirasakan oleh sang koki. Semoga tahun depan si alis keriting ini akan mendapat sedikit kebahagiaan. Semoga.

Sekian dulu review kali ini, sampai jumpa lagi tahun depan!

Karena minggu ini majalah Jump adalah double issue, artinya minggu depan LIBUR.

Tak hanya One Piece, tapi semua manga di majalah Jump juga libur. Jadi tolong jangan ada yang mempertanyakan Oda karena libur terus ya…

Kabar baiknya, karena ini adalah libur tahun baru, biasanya para pekerja disana juga libur, yang artinya pengiriman majalah Jump dipercepat, yang artinya scan ilegal bisa lebih cepat dan kita bisa membaca chapter lebih cepat. Tapi masih menjadi sebuah misteri tiap tahun, kapan chapter terbaru akan muncul di akhir/awal tahun. Kita hanya bisa menunggu saja.

Terima kasih sudah membaca sampai disini dan sampai jumpa lagi~~

Salam alis keriting~~ 66

Thanks to: Mangastream, APforums, Wikia, Jarjit

 

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 850 – Cahaya Harapan

Oleh Oikgerd. Admin One Piece Fans Club Indonesia

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World