Review dan Pembahasan One Piece Chapter 848 – Selamat Tinggal

0

Dua dasawarsa bukan waktu yang sebentar. Dalam jangka waktu 20 tahun, segalanya bisa berubah. Tapi hal tersebut tidak terjadi pada majalah mingguan Shonen Jump. Selama waktu tersebut, ada 1 manga yang tetap menghiasi halaman majalah ini – One Piece.

Ya, tahun depan manga One Piece akan memasuki tahun ke-20 serialisasi. Selama waktu tersebut, manga ini mampu mengumpulkan jutaan pembaca setia dari seluruh dunia. Rekor sebagai manga dengan penjualan terbanyak dari 1 pengarang juga berhasil dipecahkan. Bukan pencapaian abal-abal, karena manga ini memang salah satu (jika bukan) yang terbaik di kelasnya.

Ketika aku bertanya kepada salah seorang teman, “Menurutmu apa yang menjadi kelemahan One Piece?”. Dia menjawab – “Manga ini terlalu panjang dan lama.”

Jawaban yang jujur dan bisa dimaklumi. Bayangkan saja, misal seorang pembaca di awal serialisasi One Piece masih duduk di bangku SMP, mungkin sekarang ia sudah punya anak yang duduk di bangku SMP.

Namun apa daya, ini adalah konsekuensi dari cerita One Piece sendiri. Dengan dunia yang dibangun Oda begitu luas dan kompleks, mau tak mau akan membutuhkan waktu yang tak sebentar untuk mengarunginya.

Apakah ini kemudian menjadi sebuah kelemahan? Di satu sisi iya, seperti para pembaca baru yang harus mengarungi ratusan chapter untuk mengejar ketinggalan. Tapi di sisi lain ini, ini adalah keunggulan One Piece itu sendiri – ceritanya panjang tapi tak terkesan dipanjang-panjangkan hanya karena banyak pembaca yang menyukainya. Cerita mengalir dengan indahnya tanpa terasa banyaknya.

Oda sendiri di awal serialisasi berencana untuk merampungkan manga ini dalam waktu 5 tahun. Namun sekarang bahkan ia sendiri tak tahu kapan One Piece akan berakhir.

Kita memang sudah memasuki kuarter akhir cerita One Piece. Perang melawan Yonko di dunia baru sebagai langkah terakhir mewujudkan mimpi si tokoh utama. Tapi kita juga belum tahu apakah akan ada cerita besar lain yang menanti Luffy, seperti peperangan melawan pemerintah dunia misalnya.

Sampul majalah Jump pekan ini menampilkan seluruh kru Topi Jerami sebagai penghormatan 20 tahun manga ini berjalan.

Luffy sendiri terlihat menyampirkan jubah di pundaknya. Jubah yang mirip dengan milik sang raja bajak laut terdahulu. Namun Luffy hanya menyampirkannya setengah, di satu pundak saja. Seperti menyampaikan pesan – Ini baru setengah perjalananku menjadi raja bajak laut, masih ada setengah perjalanan lagi sebelum mimpiku terwujud.

Lalu pertanyaannya, sampai kapan kalian akan mengikuti manga ini? 20 tahun lagi?

~~ Geng Motor ~~

Orang waras mana yang akan menantang salah satu kaisar bajak laut di markasnya?

Sayangnya, tokoh utama kita bukanlah orang waras. Bajak laut yang memulai petualangannya berlayar sendirian tanpa tahu ilmu navigasi dan masuk ke dalam tong ketika terserap pusaran air memang bisa dikatakan tidak waras.

Namun sepertinya inilah langkah terakhir yang bisa Luffy lakukan ketika ia sudah terpojok, dipenjara oleh Big Mam, dan tak bisa melakukan apa-apa lagi.

Yang kemudian jadi pertanyaan, siapa yang akan menyelamatkan Luffy dari penjara ini?

Dari kejadian di perpustakaan penjara ini ada 1 hal yang menarik, kita diperkenalkan lagi dengan salah satu anak Big Mam – Charlotte Anglais namanya.

Nama Anglais sendiri kemungkinan besar diambil dari Creme Anglaise, puding susu manis yang biasanya digunakan untuk saus makanan atau krim pencuci mulut. Anglais sepertinya adalah setengah manusia ikan melihat ia memiliki sirip seperti ikan hiu di punggungnya. Walaupun masih kecil, ia berbicara seperti anak badung dengan bahasa gaulnya.

Di dunia barat – Amerika – cara berpakaian dan berbicara Anglais sering disebut dengan Greaser. Ini adalah subkultur yang populer pada tahun 1940-1950 di kalangan remaja kelas bawah. Musik Rock and Roll menjadi bagian penting dari kultur ini juga dengan gaya berpakaian yang terinspirasi dari penyanyinya seperti Elvis Presley dan Johnny Cash.

Di Jepang sendiri, subkultur ini disebut dengan Bosozoku. Bedanya, di negara matahari terbit subkultur remaja ini identik dengan geng motor.

Menemukan kelompok ini tidaklah sulit – bisa dilihat dari pakaian, gaya rambut yang khas dan juga kendaraan mereka yang biasanya sudah dimodifikasi.

Dengan mengendarai motor ulat dan gaya rambutnya, terlihat jelas jika Anglais ini terinspirasi dari Bosozoku.

Melihat ulat yang dikendarai Anglais bertuliskan nomor 2, aku penasaran apakah ada nomor-nomor lain yang ditunggangi oleh saudaranya dan mereka membentuk sebuah geng motor. XD

Begitu juga dengan cara bicara Anglais dan sifat pemberontak yang ditunjukkannya.

“Gue gak mau gosok gigi malam ini!”

Semua anak di dunia tahu bahwa tak menggosok gigi pada malam hari adalah salah satu ciri dari anak nakal.

Oleh karena itu, jangan lupa gosok gigimu.

XD

~~ Tenggelam ~~

Mendengar tantangan dan provokasi dari Luffy apakah Big Mam marah?

Kita tahu betapa mengerikannya ketika si ibu besar ini marah. Bahkan nyawa anaknya sendiri bisa jadi korban.

Tapi ternyata kata-kata Luffy sama sekali tak membuat Big mam marah. Pasalnya kini ia sedang bahagia menunggu hari esok – hari dimana ia akan mendapatkan banyak hal.

Pasukan Germa, kotak Tamatebako dan kue pernikahan – semuanya akan jadi milik Big Mam esok hari.

Di tengah kebahagiaan ini, muncul kabar tak sedap. Homies topi yang dipakai Big Mam menerima sinyal bahwa ada penyusup di ruang harta. Aku penasaran apa sebenarnya fungsi topi tersebut. Apakah menangkap komunikasi den-den mushi yang ada di Totland, atau menerima sinyal alarm ketika ada penyusup, ataukah sekedar menerima laporan dari anak buah Big Mam seperti den-den mushi pada umumnya.

Big Mam sendiri sangat khawatir jika si penyusup mengincar kotak Tamatebako yang kini menjadi miliknya. Sebuah harta kerajaan dari Pulau Manusia ikan. Yang Big Mam tak ketahui, penyusup ini mengincar sesuatu yang lebih berharga dari tamatebako – Poneglyph.

Sekarang bayangkan betapa marahnya Big Mam ketika esok hari di pesta pernikahan, kotak Tamatebako yang ia buka meledak, menghancurkan kue pernikahan, dan membuat pernikahan dengan keluarga Germa dibatalkan.

Hati-hati buat penghuni Totland, mungkin besok Totland akan tenggelam.

~~ Catur Hati ~~

Pedro – Si penyusup di Whole Cake – sudah mampu menyapu bersih penjagaan yang ada di ruang harta Big Mam. Penjaga yang sebagian besar terdiri dari pasukan catur.

Pasukan catur adalah pasukan militer utama di Totland. Mereka semua adalah Homies dan mempunyai berbagai macam tugas – seperti penjaga ruangan maupun memeriksa kapal yang masuk ke Totland. Pasukan ini memiliki tameng bertema kartu:

  • Pasukan Pion (Pawn) memiliki tameng bertema Hati (Heart).
  • Pasukan Benteng (Rook) memiliki tameng bertema Keriting (Club).
  • Pasukan Kuda (Knight) memiliki tameng bertema Sekop (Spade).
  • Pasukan Menteri/Gajah (Bishop) memiliki tameng bertema Wajik (Diamond).
  • Pasukan Raja dan Ratu tak terlihat memiliki tameng bertema kartu

Dengan kombinasi antara kecepatan, kemampuan berpedang dan penggunaan bom – Pedro mampu membuat penjaga ruang harta kalang kabut. Ini baru kemampuan bertarungnya di dalam ruangan, bayangkan jika pertarungan terjadi di hutan yang penuh tempat sembunyi – tentu sempurna untuk seseorang dengan gaya bertarung seperti Pedro.

Belum lagi kemampuan yang sepertinya dimiliki Pedro untuk menyembunyikan hawa keberadaan. Luffy saja sempat tak sadar akan kehadirannya ketika bertarung di hutan paus Zou.

Baron Tamago yang diberi kewenangan untuk mengejar si penyusup berharap dapat memojokkan Pedro di taman. Harapan yang sepertinya akan berakhir dengan sebuah kekecewaan.

Dengan gaya bertarung yang unik, aku pribadi berharap kita akan lebih banyak lagi melihat aksi dari si kapten para Guardians ini.

~~ Raja Para Jiwa ~~

Baron Tamago menjadi sosok yang menyadari bahwa si penyusup pertama hanyalah umpan dan akan ada penyusup kedua.

Brook – Si Penyusup Kedua – mampu melewati penjagaan Lady Smoothie yang tak siap akan kedatangannya dan masuk ke dalam ruang harta. Brook lalu mengunci ruangan tersebut dari dalam sehingga Smoothie dan penjaga lainnya tak bisa mengikuti – menyisakan sedikit pasukan lawan yang tersisa di dalam untuk dihadapi Brook.

Ruang harta hanya memiliki 1 pintu. Ini jadi keuntungan Brook, karena kemudian tak akan ada pasukan tambahan yang masuk ke ruang harta dari pintu lain. Tapi hal ini juga jadi kerugian bagi Brook, karena Lady Smoothie dan pasukannya bisa fokus untuk menjaga 1 pintu saja – menunggu saat sang penyusup akan keluar dari sana.

Tapi belum tentu juga Brook akan keluar dari pintu tersebut. Misalnya ia bisa menjebol dinding, atau ada cermin di dalam sana dan Chopper datang menolong. Masih banyak kemungkinan.

Kelompok Topi Jerami memang dipenuhi oleh orang-orang aneh. Setelah Chopper yang akan dimasukkan ke koleksi hewan aneh Big Mam, Brook yang secara harafiah adalah tulang berjalan – juga akan dimasukkan kesana.

Dengan perintah untuk tak membunuh Brook, bagaimana cara Smoothie mengalahkan Brook nanti? Memeras cairan di tubuh Brook seperti yang ia lakukan tempo hari? Tak bisa, karena Brook tak punya cairan tubuh. XD

Sudah banyak yang mengira bahwa kekuatan Brook adalah antitesis dari kekuatan Big Mam, dan hal ini yang akan membuatnya bersinar.

Benar saja, dengan kekuatan Yomi-yomi, Brook mampu memanipulasi jiwanya sendiri untuk mengalahkan para Homies Big Mam.

Belum jelas apa yang sebenarnya terjadi, sepertinya keberadaan jiwa Brook yang sangat kuat mampu menekan keberadaan jiwa di dalam Homies yang terbuat dari secuil jiwa orang lain. Kekuatan ini membuat para Homies tak sadarkan diri. Entah hanya kehilangan kesadaran atau kehilangan jiwa yang bersemayam di tubuh Homies tersebut.

Sebelum cerita Totland dimulai, tak ada yang benar-benar mengira bahwa Brook dengan kekuatannya akan jadi salah satu poin penting untuk menjatuhkan Sang Yonko. Sekarang, jika ada yang bilang peran Brook tak lebih penting dari peran Monster Trio untuk menjatuhkan Big Mam, aku akan memintanya untuk membaca ulang chapter ini.

~~ Jalan Buntu ~~

Tak sedikit orang yang kecewa dengan Sanji di cerita Totland kali ini. Dia yang biasanya paling tenang dan mengambil keputusan cerdas, seperti tak bisa melakukan apa-apa. Tapi sebelum menghakimi Sanji bahwa ia melakukan keputusan-keputusan bodoh, mari kita lihat lagi situasi yang sedang dihadapinya dan mengapa ia mengambil keputusan-keputusan tersebut.

  1. Jika Sanji melakukan sesuatu yang mencurigakan bagi Big Mam, atau melakukan sesuatu yang akan merusak rencana pernikahannya dengan Purin – Luffy dan Topi Jerami lainnya akan dibunuh Big Mam.
  2. Jika Sanji percaya kekuatan Luffy dan setengah Kru Topi Jerami mampu menembus dan mengalahkan pasukan Big Mam ditambah Pasukan Germa 66 dan kemudian berhasil membawa Sanji pergi dari Totland – Semua yang berhubungan dengan Sanji akan dibunuh oleh Big Mam. Termasuk Baratie dengan Zeff di dalamnya – seorang figur ayah bagi Sanji. Koki Baratie yang kalang kabut melawan pasukan Don Krieg tentu tak bisa berbuat apa-apa melawan kekuatan bajak laut Yonko dari Dunia Baru.
  3. Jika Sanji memutuskan untuk menutup hati tak peduli dengan keselamatan Zeff, Baratie dan orang-orang dari masa lalunya – tangan Sanji akan diledakkan dengan gelang yang sudah terpasang. Sebuah kejadian yang berarti ia sebagai seorang koki tak akan bisa memasak untuk selamanya.

Jika sudah demikian, apa yang bisa dilakukan oleh Sanji? Jalan keluar bagaimana yang bisa kita harapkan? Selain mengikuti arus dan kemauan Big Mam, sepertinya tak ada jalan lain lagi.

Apakah ada kemungkinan Sanji memiliki rencana cerdas tersembunyi untuk keluar dari masalah ini? Mungkin saja, dan aku menginginkannya. Tapi aku tak bisa melihat kemungkinan itu terjadi. Sekarang hanya tinggal bagaimana cara Luffy menyelamatkan Sanji dari situasi rumit ini. Sanji hanya bisa pasrah akan keadaan.

Tapi disaat Sanji sudah mengikuti semua kemauan Big Mam, sudah mau untuk menikah dan berusaha membahagiakan Purin, Purin berencana untuk menolak pernikahan ini.

Sungguh pria yang malang….

~~ Selamat Tinggal ~~

Beberapa chapter lalu Big Mam sempat berbincang dengan Jinbe tentang bajak laut yang bebas untuk menentukan pilihan mereka sendiri. Tapi sepertinya Big Mam tak memberikan kebebasan di dalam keluarganya.

Purin yang akan menikah bahkan tak direstui untuk menggunakan gaun pengantin pilihannya sendiri. Semuanya sudah ditentukan oleh Big Mam dan tak ada yang boleh menentangnya. Big Mam ingin semua dengan setia mengikuti perintahnya seperti sebuah boneka. Hal yang tak disadari Big Mam, merenggut kebebasan orang lain tak pernah berakhir bahagia untuk siapapun.

Purin yang menemui Luffy dan Nami di Perpustakaan Tahanan meminta maaf karena tak bisa memenuhi janjinya. Ia juga menceritakan bahwa Sanji telah melamarnya – hal yang membuat Purin sangat bahagia.

Tapi di dalam hati terdalamnya, Purin tahu bahwa semua ini tak nyata, semua terjadi karena paksaan. Ia sadar bahwa masalah ini berpusat pada dirinya yang merusak segala kebahagiaan Sanji. Oleh karena itu ia memutuskan untuk tak menikahi Sanji.

Jadi apa rencana Purin selanjutnya yang ia bisikkan kepada Luffy dan Nami? Rencana yang membuat Luffy dan Nami terbelalak tak percaya. Rencana yang membuat Purin menangis mengucapkan selamat tinggal kepada mereka berdua. Apa rencana Purin sebenarnya?

1. Kabur dari pernikahan dan meninggalkan rumah

Ini adalah hal yang paling mungkin. Diawali dari kilas balik saat Lola meninggalkan rumah. Lola mengatakan pada Purin bahwa ia akan baik-baik saja, Big Mam tak akan membunuhnya karena mereka adalah keluarga. Tapi tentu saja ini tak akan terjadi. Kita para pembaca tahu bahwa Big Mam sampai berencana akan membunuh Lola jika tahu keberadaannya. Ini yang membuat Luffy dan Nami terkejut, mereka tahu bahwa jika Purin kabur dari rumah – ia akan terbunuh.

Purin yang lugu tak mengetahui hal ini. Ia mungkin hanya berharap jika pernikahan tak terjadi, Sanji akan kembali kepada Topi Jerami dan semua berakhir bahagia. Sebuah hal yang hampir tak mungkin terjadi.

Tentu teori ini juga menimbulkan banyak pertanyaan. Jika Purin kabur, bukankah Big Mam bisa memilih calon lain dari anak perempuannya? Ini bisa dibantah dengan argumen bahwa saat ini hanya Purin yang masih lajang dan berada di usia pernikahan, yang lain sudah bersuami atau masih kecil.

2. Bunuh diri

Dari kilas balik, seperti terlihat bahwa Purin tak begitu menyukai sang ibu yang memperlakukannya seperti seorang boneka. Bisa jadi ia berencana membunuh dirinya sendiri agar pernikahan gagal. Tapi melihat sikapnya, aku tak akan kaget jika ia juga berencana membawa serta sang ibu ke alam baka. Misalnya dengan meledakkan diri di pesta teh, dengan syarat Sanji tak berada disana. Teori ini juga menimbulkan banyak pertanyaan seperti halnya teori pertama, tapi bukan berarti ini jadi sesuatu yang tak mungkin dilakukan oleh purin.

Apapun rencana Purin, aku percaya hal tersebut tak akan berjalan lancar. Entah karena intervensi pihak lain atau ia berubah pikiran.

Namun melihat sekarang kedua mempelai mengalami kesedihan atas keadaan ini, aku bisa melihat bahwa akan ada akhir bahagia untuk Sanji dan Purin.

Aku yakin di hati kalian yang terdalam, ada keinginan untuk melihat koki mesum dengan alis lingkar itu untuk sekali saja berbahagia di pelukan wanita yang ia cintai. Benarkan?

Sekian dulu review kali ini, selamat berakhir pekan

Terima kasih sudah membaca sampai disini dan sampai jumpa lagi~~

Salam alis keriting~~ 66

Thanks to: Mangastream, APforums, Wikia

 

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 848 – Selamat Tinggal

Oleh Oikgerd. Admin One Piece Fans Club Indonesia

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World