Review dan Pembahasan One Piece Chapter 847 – Luffy dan Big Mom

0

Jika kau harus berkedip, lakukanlah sekarang. Perhatikan semua hal yang kau lihat, tak peduli seberapa aneh hal tersebut bagimu…

~~ Fantastic Beasts and Where to Find Them ~~

Dunia One Piece yang begitu besar dengan detail yang menakjubkan adalah salah satu keunggulan manga ini. Begitu banyak cerita, begitu banyak karakter, begitu banyak tempat yang bisa Oda jelajahi untuk memberikan sebuah cerita yang luar biasa. Selain manusia, banyak makhluk hidup dari ras lain yang menghuni dunia ini – sebut saja seperti duyung, manusia ikan, raksasa, kurcaci dan masih banyak lagi. Kemudian juga ada banyak hewan-hewan aneh yang bahkan tak bisa kita bayangkan sebelumnya. Buaya dengan pisang di kepala? Gurita super enteng yang bisa jadi balon udara? Persilangan antara ayam dengan ular? Mereka hanya sebagian kecil dari hewan-hewan aneh yang muncul sejauh ini.

Big Mam – yang bermimpi agar semua ras bisa hidup damai di Totland – ternyata juga mempunyai hobi mengoleksi makhluk-makhluk fantastis dari penjuru dunia.

Manticore. Adalah singa pemakan manusia yang juga memiliki wajah seperti seorang manusia. Hewan ini terinspirasi dari legenda Persia dengan nama yang sama. Hewan ini pertama kali kita temui di penjara Impel Down level 2. Karena wajah yang mirip manusia tersebut, mereka bisa menirukan ucapan manusia – terbatas dari apa yang mereka dengar. Yang sudah kita lihat, kata-kata mereka biasanya berhubungan dengan makanan atau celana dalam – kata-kata yang mereka tiru dari para tahanan penjara. Saat Kurohige memporak-porandakan Impel Down 2 tahun lalu, salah satu hewan ini kabur dan kemudian berhasil ditangkap oleh Big Mam. Tidak dijelaskan bagaimana mereka bisa berenang melintasi calm belt yang merupakan sarang monster laut itu.

Unicorn, hewan yang hampir pasti ada di mitologi setiap bangsa di dunia ternyata juga ada di dunia One Piece. Ini pertama kalinya kita melihat hewan tersebut. Belum ada info lebih banyak tapi sepertinya mereka sudah termasuk hewan langka disana. Kita juga belum tahu apakah ada yang spesial dari hewan ini atau tidak, misalnya – darah unicorn bisa membuat orang yang meminumnya awet muda atau tak bisa mati – atau hal lain kita belum tahu.

Ada juga Doskoi Panda. Namanya sudah tak asing karena sudah muncul sejak SBS Volume 14. Kita pertama kali mengenalnya sebagai sebuah merek pakaian. Sanji dan Nami adalah sebagian yang terlihat memakainya. Ternyata nama Doskoi Panda sendiri diambil dari nama hewan yang benar-benar ada di dunia One Piece. Ada kemungkinan hewan ini berasal dari East Blue, karena merek pakaian Doskoi Panda sendiri paling terkenal disana. Harga pakaian merek ini sendiri sangatlah mahal, satu kaos bisa berharga 10 ribu Beri. Yang kemudian membuat merek bajakannya muncul dengan harga yang lebih murah – Dosko1 Panda. Selain itu juga ada bajakan dengan merek – Cyberpanda – yang dijual lebih mahal daripada pakaian Doskoi Panda itu sendiri.

Selain makhluk-makhluk tersebut, juga terlihat Kinokobito – yang sepertinya merupakan manusia jamur kerdil berkaki 4. Juga ada Centaur dari Punk Hazard, Griffin (persilangan antara singa dan elang) dari South Blue dan juga ada persilangan antara ras manusia tangan panjang dengan manusia kaki panjang – manusia kaki-tangan panjang.

Bagaimana Big Mam bisa mendapatkan makhluk-makhluk aneh tersebut?

Big Mam bukanlah seorang penyihir seperti Newt Scamander di film prequel terbaru Harry Potter – Fantastic Beast and Where to Find Them. Ia menggunakan cara yang berbeda dari Newt untuk mengumpulkan hewan-hewan aneh tersebut.

Bagi seorang Yonko seperti Big Mam, bukan hal sulit untuk mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia. Ia tentunya memiliki intel yang tersebar di seluruh lautan. Dari jaringannya yang luar biasa luas tersebut, tak aneh jika kemudian Big Mam bisa mendapatkan banyak makhluk aneh dari seluruh dunia. Entah itu dari pulau tersembunyi Punk Hazard di Dunia Baru, penjara terkuat di dunia Impel Down di Calm Belt, hingga ke-4 lautan diluar Grand Line. Bukan hal sulit baginya mendapatkan semua koleksinya itu. Koleksi yang bahkan membuat keluarga Vinsmoke ngeri melihatnya karena bahkan juga ada manusia disana.

Semua koleksi tersebut Big Mam simpan di dalam sebuah buku. Buku ajaib hasil karya Mont d’or yang memang sepertinya memiliki kekuatan untuk memanipulasi buku.

Ingat operasi S.O.P di Dressrora?

Operasi yang bertujuan membuat pingsan Sugar agar semua mainan di Dressrosa menjadi manusia kembali.

Bagaimana jika hal ini terjadi di Whole Cake? Bagaimana jika kemudian Mont d’or kalah dan pingsan? Apakah semua buku itu akan menghilang dan melepaskan semua yang terkurung didalamnya?

Melihat ada buku yang bertuliskan monster dan juga dinosaurus, aku tak keberatan jika semua hal tersebut terjadi. Atau lebih tepatnya, aku menginginkan hal tersebut terjadi. XD

Siapa yang tak ingin melihat T-rex berlarian mengejar Unicorn di pulau yang penuh kue?

~~ Tidak Sekarang ~~

Ternyata bukan cuma kita yang mencintai komik, seorang anak buah Big Mam juga mempunyai kecintaan yang sama. Ia gugup sekali ketika bertemu dengan keluarga Vinsmoke, terutama Ichiji dan Reiju yang menurutnya sangat keren. Walaupun kemudian Big Mam memarahinya karena terlalu banyak membaca cerita fiksi. Ini tentu merujuk pada komik-strip Sora yang terbit di majalah ekonomi dunia, komik dengan antagonis yang terinspirasi dari keluarga vinsmoke dan pasukan Germa 66. Tak aneh bagi seorang bajak laut untuk mendukung pihak anti pemerintah di sebuah komik yang ia baca dan mengidolakan mereka. Ia sendiri berada disana untuk memberitahu Big Mam bahwa Luffy dan Nami telah berhasil ditangkap.

Duo Topi Jerami itu sekarang berada di penjara buku buatan Mont d’or. Penjara yang kemudian dinamai “perpustakaan tahanan” karena disana terdiri dari buku-buku dimana para tahanan berada.

Nami terlihat lebih khawatir dengan tubuhnya yang lengket karena hujan Mizuame dan menanyakan dimana kamar mandi. Entah murni karena hal tersebut atau berusaha mencari cara untuk melarikan diri.

Luffy tak berbicara langsung dengan Big Mam, melainkan melalui Den-den Mushi. Kita tahu bahwa Den-den mushi akan berubah menyerupai si penelepon, tapi dengan tambahan aksesoris, den-den mushi tersebut terlihat sangat mirip dengan Big Mam – dengan tubuh, rambut, topi dan segala macamnya.

Aku rasa apa yang akan terjadi di cerita kali ini akan sama dengan apa yang Luffy ucapkan. Ia kesini untuk menyelamatkan Sanji, bukan untuk bertarung dengan Big Mam. Tentu saja Luffy akan mengalahkannya, tapi tak sekarang. Seperti kata Big Mam, hal itu akan terjadi saat Luffy membawa semua kru-nya untuk berhadapan dengan si ibu besar.

Mungkin ini pula yang membuat kita belum melihat pertemuan langsung antara Big Mam dengan Luffy. Oda ingin menyimpannya untuk pertempuran mereka suatu saat nanti. Tidak sekarang.

Untuk sekarang, aku masih bertaruh bahwa lawan yang akan dihadapi Luffy adalah keluarga Vinsmoke. Misi penyelamatan Sanji, tak hanya sekedar menyelamatkan fisiknya – tapi juga hatinya dari rantai masa lalu dan darah yang mengalir di tubuhnya. Luffy akan membebaskan Sanji dari itu semua.

Di akhir cerita Totland nanti, Luffy yang berhasil mengalahkan Vinsmoke dan menyelamatkan Sanji akan berhasil kabur entah bagaimana caranya.

Mungkin kabur lewat rute rahasia, bisa juga beraliansi sementara dengan Big Mam entah bagaimana, atau membuat kesepakatan dengannya, atau mungkin seseorang akan tinggal di belakang agar Luffy bisa kabur dari sana.

Opsi manapun, aku rasa hal tersebut akan menjadi alasan untuk Luffy kembali lagi kesini suatu saat nanti dengan seluruh kekuatan tempurnya. Saat itu, kita akan melihat pertempuran antara calon raja bajak laut dengan wanita terkuat di dunia.

~~ Gigi dan Kotak ~~

Ini bukan kali pertama Luffy digambar dengan kehilangan giginya. Biasanya saat Nami memukulnya karena melakukan hal bodoh, Luffy juga digambarkan sedemikian rupa. Tapi gigi Luffy yang ompong kali ini seperti ingin menunjukkan hal lain.

Mungkin ini salah satu kejadian langka (jika bukan satu-satunya) dimana Luffy secara konsisten digambar dengan kehilangan gigi selama bechapter-chapter. Ini dimulai ketika ia bertemu dengan Sanji beberapa waktu yang lalu. Sanji menendangnya begitu keras sampai-sampai Luffy kehilangan giginya. Dengan secara konsisten menggambar Luffy yang ompong – Oda seperti ingin memberikan pernyataan bahwa Sanji tak main-main saat melakukan tendangan tersebut. Meskipun ia bersandiwara, tapi ia sama sekali tak mengurangi tenaganya. Mungkin itulah pesan yang ingin disampaikan Oda, Sanji benar-benar sudah terpojok dan tak bisa memikirkan jalan keluar lainnya.

Patut kita tunggu apa Luffy akan mendapatkan giginya kembali atau tidak. Mungkin akan kembali saat Sanji sudah meminta Luffy untuk menyelamatkannya, atau mungkin saat Sanji sudah berhasil diselamatkan.

Beralih ke hal yang lain, akhirnya nama kotak Tamatebako disebutkan juga. Banyak yang sudah menunggu bagaimana nasib kotak ini ketika jatuh ke tangan Big Mam.

Big Mam sendiri sangat senang saat mengetahui bahwa ia mendapatkan kotak ini. Karena kotak tersebut dikatakan sebagai “harta karun kerajaan” dari Kerajaan Ryugu Pulau Manusia Ikan.

Banyak rumor yang beredar tentang isi kotak ini. Ada yang berkata bahwa kotak ini berisi kekuatan untuk membuat seseorang bertambah tua. Karena hal ini pula, Vander Decken IX berencana menggunakannya untuk membuat Shirahoshi bertambah tua dan kemudian menikahinya.

Ada pula yang mengatakan kotak ini bisa memberikan kekuatan 1000 orang. Hody Jones yang berhasil mencuri kotak ini kemudian menemukan energy steroid di dalamnya, pil yang bisa menambah kekuatan berkali-kali lipat.

Tapi ternyata kedua rumor ini benar adanya. Jika seseorang menggunakan energy steroid secara berlebihan, maka ia akan bertambah tua – seperti yang terjadi pada kelompok Bajak Laut Manusia Ikan Baru.

Tapi tak ada yang tahu, setelah pencurian kotak Tamatebako itu terjadi, Menteri Kanan Kerajaan Ryugu mengisi kotak itu dengan bom yang akan meledak jika kotak tersebut dibuka. Luffy dan Topi Jerami tak mengetahui hal ini, apalagi Big Mam. Hanya menteri kanan dan Raja Neptune yang mengetahuinya.

Dengan rencana Big Mam yang akan membuka kotak ini di pesta teh, tentu membuat semuanya akan menjadi rumit. Ia pasti akan menganggap Topi Jerami yang menaruhnya disana, hal yang bisa membuat Luffy semakin terpojok. Namun jika dijelaskan bagaimanapun, situasinya tak akan semakin membaik. Jika Luffy menceritakan kejadian yang sebenarnya, kemarahan Big Mam kemudian akan kembali ditujukan kepada Pulau Manusia Ikan. Hal yang tentu ingin dihindari oleh Luffy.

Jika sudah begini, bagaimana nasib Luffy dan juga Pulau Whole Cake jika Big Mam mengamuk?

Yang jelas, sepertinya kita akan melihat kue pernikahan Sanji dan Purin hancur berkeping-keping…

~~ Kunci Dunia Bajak Laut ~~

Entah Lola tidak tahu, atau hanya karena ia terlalu lugu – ia menyuruh Nami untuk menemui Ibunya. Meskipun Lola sendiri kabur dari rumah dan membuat Ibunya marah besar. Mungkin di pikiran dia, Sang Ibu masih menyayanginya apapun yang terjadi.

Selain koleksi manusia, ditambah pula dengan ia yang tak segan-segan akan membunuh anak kandungnya sendiri, bisa dibilang Big Mam adalah salah satu karakter paling jahat dan keji yang muncul di manga ini. Mungkin hanya kaum naga langit yang bisa menyaingi hal tersebut.

Lola sendiri kabur dari rumah karena menolak pernikahan politis yang dirancang ibunya. Mungkin ini sebabnya Lola selalu melamar pria yang ia temui. Setidaknya pria tersebut adalah pilihannya sendiri. Meskipun ia belum berhasil menemukan belahan hatinya dan telah ditolak sebanyak 4452 kali.

Pernikahan politis yang ditolak oleh Lola itu harusnya menjadi pernikahan paling krusial sepanjang sejarah. Bagaimana tidak, jika pernikahan itu terjadi – Big Mam akan mendapat kekuatan luar biasa besar dan kemudian akan mampu mengalahkan para Yonko lain – yang artinya ia akan jadi kandidat terkuat untuk Raja Bajak Laut selanjutnya.

Tapi apa daya, Lola menolaknya dan kabur dari rumah. Pantas saja Big Mam begitu marah, melihat begitu besarnya kehilangan yang didapat oleh Big Mam.

Siapa pula yang menyangka bahwa Bajak Laut kecil yang kita temui di Thriller Bark punya peran begitu penting dan jadi kunci dunia bajak laut.

Yang kemudian jadi pertanyaan, siapa calon yang akan menikahi Lola dan memiliki kekuatan luar biasa besar?

Sebelum hal itu, muncul pertanyaan lain. Jika pernikahan dengan Lola gagal, mengapa mereka tak memilih calon lain? Bukankah Big mam mempunyai banyak anak perempuan? Mengapa kemudian pernikahan tersebut gagal dan Big mam tak mendapatkan kekuatan super besar itu?

Kemungkinan pertama, pihak mempelai pria kecewa dengan apa yang terjadi. Mereka kecewa bahwa pernikahan yang sudah direncanakan, gagal. Mereka tak mau lagi merencanakan pernikahan dengan Big Mam. Kemungkinan kedua, mempelai pria jatuh cinta kepada Lola dan tak ingin menikah dengan yang lain.

Lalu siapa saja calon yang mungkin?

Pertama tentu saja Tenryuubito alias kaum naga langit. Tentu akan banyak yang tidak setuju dengan pernyataanku ini. Tapi ini adalah kemungkinan yang tak bisa dikesampingkan.

Mereka tak peduli dari mana sang istri berasal. Mereka bisa leluasa memilih dan mencampakkan istri mereka seperti yang terlihat di cerita kepulauan Sabaody. Bukan tidak mungkin ada Kaum Naga Langit yang jatuh hati kepada Lola.

Tapi jika bukan jatuh cinta, memang belum terpikir alasan mengapa kaum naga langit mau menikah dengan bajak laut. Mungkin ada keuntungan yang mereka dapatkan dari salah satu bajak laut terbesar di dunia.

Pernikahan dengan bajak laut juga bukan sebuah masalah bagi mereka. Angkatan laut juga Pemerintah Dunia ada di bawah kendali mereka – artinya tak ada yang akan menghalangi mereka menikah dengan kriminal. Karena ini pula, jika Lola menikah dengan mereka – Big Mam akan mendapat bantuan kekuatan yang luar biasa. Kekuatan yang bisa menghancurkan Yonko lain.

Kemungkinan kedua, sang mempelai adalah keluarga kerajaan raksasa dari Elbaf.

Memiliki pasukan raksasa bukan hal sembarangan. Kekuatan ini tentu akan menjadi kekuatan yang sangat diperhitungkan di dunia. Lihat saja, pemerintah sangat menginginkannya sampai-sampai membuat penelitian membesarkan tubuh. Sepasang raksasa saja sudah mampu membuat gerbang enies lobby tak bisa ditembus – tentu saja pemerintah sangat menginginkannya. Begitu pula dengan Big Mam yang juga sangat menginginkannya. Hal ini sudah menunjukkan bagaimana hebatnya jika seseorang memiliki pasukan raksasa.

Jika mempelai Lola adalah keluarga Elbaf, tentu Big Mam akan mendapat kekuatan yang luar biasa. Kita tak tahu apa yang akan ditawarkan Big Mam, tapi melihat jiwa kesatria para raksasa Elbaf – setelah Lola kabur sepertinya pernikahan tak terjadi karena mereka kecewa dan merasa harga dirinya sudah direndahkan.

Menurutku sendiri, pangeran Elbaf jatuh cinta kepada Lola dan tak ingin menikah dengan yang lain. Ingat raksasa yang akan dilelang bersama Rayleigh di rumah lelang Grove 1 kepulauan Sabaody? Bisa jadi ia adalah pangeran Elbaf yang berkelana ke paruh pertama Grand line untuk mengejar Lola – cintanya – yang kabur dari rumah. XD

Selain kedua kemungkinan di atas, apakah kalian bisa memberikan calon yang lain?

Tunggu sebentar, apa kalian ingat tentang rumor – tinju yang dapat menumbangkan Yonko?

Di Dressrosa kita menyaksikan “King Punch” milik Raja Elizabello II dari kerajaan Prodence yang memiliki daya hancur luar biasa. Dikatakan tinju ini mampu merobohkan benteng maupun menumbangkan Yonko dengan sekali pukul.

Mungkinkah calon mempelai pria Lola adalah Raja Elizabello II? Dan Big Mam menginginkan kekuatan besar tinju itu untuk menumbangkan Yonko yang lain.

Tak ada yang tahu, satu yang bisa ku katakan. Oda suka sekali memberikan kejutan.

~~ Raksasa Kecil ~~

Tentu pertanyaan Jajji menjadi pertanyaan kita semua. Mengapa di Totland yang berisi seluruh ras di dunia, tak ada satupun dari ras raksasa?

Saat pertanyaan itu dilontarkan, Big Mam terlihat geram lalu dilanjutkan dengan sebuah kebohongan. Mengapa?

Di chapter ini kita juga diberi informasi tentang pernikahan Lola yang gagal. Bersama dengan pertanyaan Jajji, kita seperti digiring untuk beropini bahwa calon mempelai pria Lola berasal dari ras raksasa. Tentu saja ini adalah salah satu kemungkinan.

Kegagalan itu membuat ras raksasa marah dan tak ada yang mau berada di Totland. Hal yang sama juga membuat marah Big Mam karena tak ajdi mendapat kekuatan besar – karena itulah ia terlihat geram.

Tapi bisa saja kedua hal tersebut tak ada hubungannya.

Kita sudah melihat bahwa ada manusia dengan tubuh besar. Jauh lebih besar dari tubuh manusia pada umumnya. Jajji juga mengatakan bahwa ia melihat hal ini di Totland.

Jika dibandingkan dengan raksasa, tubuh Big Mam bisa dibilang lebih kecil – Tapi ia lebih besar daripada manusia pada umumnya.

Bagaimana jika kemudian, Big mam ternyata bukanlah manusia dengan tubuh besar, tapi raksasa yang tubuhnya lebih kecil daripada raksasa kebanyakan?

Ia yang berbeda kemudian terasingkan, dan tak ada ras raksasa yang ingin bersamanya – oleh karena itu tak ada raksasa di Totland.

Untuk mengatasi hal ini, ia menyuruh Caesar melakukan penelitian tentang cara membesarkan tubuh. Dengan dalih agar semua orang bisa sebesar dirinya, tapi sebenarnya ini ia lakukan untuk membesarkan dirinya sendiri menjadi sebesar raksasa pada umumnya. Tapi sayang kemudian penelitian Caesar tak membuahkan hasil.

Apapun itu, yang jelas ada hubungan erat antara Big Mam dengan ras raksasa. Hubungan yang mungkin akan menjadi poin penting di cerita nantinya.

Misal, pertarungan Topi Jerami dengan Big Mam nantinya akan terjadi di pulau elbaf. Siapa tahu.

~~ Konser Solo ~~

Enam jam adalah waktu yang dibutuhkan oleh Chopper sebelum ia bisa berubah menjadi Monster Point lagi. Waktu yang cukup singkat melihat kekuatannya yang luar biasa, apalagi sekarang Chopper sudah bisa mengendalikannya.

Tapi tentu saja Chopper berharap ia tak perlu berubah jadi monster untuk bisa kabur dari Brulee. Ia yang memang termasuk hewan aneh – rusa berhidung biru dan bisa bicara – tentu saja akan masuk koleksi pribadi Big Mam. Sedangkan Carrot akan dimasak hidup-hidup oleh Brulee.

Randolph si penunggang bangau ada disana, bersama manusia buaya yang ingin memakan Carrot. Dengan wajah se-imut itu, tidakkah mereka berbelas kasihan pada Carrot? XD

Carrot sendiri yang tertangkap dan akan dimasak hidup-hidup lebih mengkhawatirkan bahwa ia akan dimarahi oleh Pedro karena telah merusak semua rencana mereka. XD

Berbicara soal Pedro, ia sudah memulai aksinya sebagai umpan. Baron Tamago dan pasukan catur tak akan menyangka bahwa aktor utama dari rencana ini adalah si tengkorak mesum yang akan memulai konser solo-nya sesaat lagi.

Apakah kalian siap untuk menontonnya?

Jika kau harus berkedip, lakukanlah sekarang. Perhatikan semua hal yang kau lihat, tak peduli seberapa aneh hal tersebut bagimu. Dan ingatlah, jika kau resah, jika kau berpaling, jika kau melupakan kata-kataku, walau hanya sesaat, maka kau akan melewatkan aksi seorang monster dan konser musik solo terbaik sepanjang masa.

Sekian dulu review kali ini, selamat berakhir pekan

Terima kasih sudah membaca sampai disini dan sampai jumpa lagi~~

Salam alis keriting~~ 66

Thanks to: Mangastream, APforums, Wikia, Greg, Fantastic Beast and Where to Find Them, Kubo and the Two Strings.

 

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 847 – Luffy dan Big Mom

Oleh Oikgerd. Admin One Piece Fans Club Indonesia

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World