Review dan Pembahasan One Piece Chapter 846 – Pertahanan Tamago

0

O: Apa hewan favoritmu?

S: Aku suka kelinci.

O: Tolong gambarkan kelinci yang disukai tuan MS.

Dari : Eiichiro Oda di Tokyo

 

Di sela-sela cerita sampul yang biasanya mengisi halaman depan chapter One Piece, Oda biasanya menerima permintaan dari fans untuk menggambar sesuatu. Tapi di chapter kali ini ada yang aneh, permintaan menggambar itu datang dari Oda sendiri. Loh?

Ternyata disana ada pesan rahasia yang ingin Oda sampaikan melalui gambar tersebut. Pesan rahasia yang ia tujukan kepada Shimabukuro – pengarang dari manga Toriko.

Toriko – sebuah manga yang bercerita tentang makanan itu memasuki chapter terakhirnya alias tamat di majalah Jump edisi kali ini. Oda yang berteman dengan sang pengarang tentu saja tak melewatkannya, seperti saat dia juga menggambar sampul spesial saat manga Naruto berakhir.

Pesan rahasia yang ada di sampul chapter bisa diartikan seperti ini,

“Terima kasih Shimabukuro untuk manga Toriko.”

Angka 39 yang dipegang Luffy bisa diartikan sebagai “Thank You” / terima kasih.

Angka 3 dan 9 dieja San (さん) and Kyu (きゅー) dalam Bahasa Jepang.

Angka 3 (さん San) 9(きゅー Kyu)=さんきゅー(Sankyu)

“Thank you” ditulis さんきゅー(サンキュー) dalam Bahasa Jepang.

Babi belang dapat diartikan sebagai “Shima-boo”, nama panggilan untuk sang pengarang, Shimabukuro. Shima berarti belang sedang Boo adalah suara tangisan babi dalam Bahasa Jepang.

Sedang 5 burung yang ada disana dapat dibaca sebagai “Toriko”. Burung dipanggil 鳥(Tori) dalam Bahasa Jepang. Angka 5 dieja Go. Tori 5 = Toriko (Torigo).

Lalu Oda bertanya pada sang pengarang, apa hewan favoritnya. Hingga muncullah kelinci disana. Sedang nama MS kemungkinan adalah singkatan dari nama sang pengarang – Mitsutoshi Shimabukuro.

Sebenarnya admin Teracotta sudah membahasnya kemarin. Tapi entah mengapa aku merasa harus menuliskan hal ini lagi. Karena lucu juga melihat permintaan menggambar ini datang dari Oda sendiri. XD

~ Selalu Disampingmu ~

Luffy, ini yang aku maksud dengan tindakan egois. Karena perbuatanmu, sekarang Nami tertangkap dan kau terkepung tak berdaya. Bagaimana misi penyelamatan Sanji itu berjalan? Lancar?

Salah satu hal yang paling menarik di manga ini adalah kekuatan yang unik dengan imajinasi tanpa batas. Tak terkecuali di pasukan Big Mam, dengan anak yang super banyak tentu kita menunggu-nunggu kekuatan apa saja yang mereka miliki.

Charlotte Opera, menteri krim kocok sepertinya memakan buah setan yang membuatnya mampu menghasilkan krim sesuka hati. Satu jurus yang sudah diperlihatkan adalah “Monster Krim” dimana ia merubah bentuk tubuhnya jadi seperti gurita, hanya saja terbuat dari krim.

Dengan menambah tingkat “kemanisan” pada krim tersebut, orang yang menyentuhnya akan terbakar. Sebenarnya aku tak begitu paham akan hal ini. Adakah yang mau berbaik hati menjelaskan padaku apa hubungannya tingkat kemanisan dengan api? XD

Charlotte Mont D’or mempunyai kekuatan yang lebih menarik. Setelah kita melihat dunia cermin milik Brulee, sekarang kita mendapatkan dunia buku!

Sepertinya ia memakan buah setan yang membuatnya sanggup memanipulasi buku sesuka hati. Ia mampu membuat ilusi bahwa mereka ada di dalam sebuah buku hanya dengan membuka buku di atas target yang diinginkan. Jurus ini ia sebut dengan “dunia buku”. Menarik untuk melihat dunia apalagi yang akan kita dapatkan dari cerita Totland ini.

Yang paling memicu perdebatan tentu saja kekuatan Charlotte Galette, sang menteri mentega. Ia sepertinya mampu memanipulasi zat seperti cairan yang ia gunakan untuk menangkap Nami. Tentu ada yang bilang bahwa itu adalah air biasa, namun aku meragukannya. Kemungkinan terbesar itu adalah mentega, sama seperti posisi yang ia jabat sekarang. Ataukah kalian punya prediksi lain tentang kekuatannya?

Namun dari mereka semua, aku paling tertarik dengan satu orang. Namanya belum disebutkan. Ia berperawakan besar hampir mirip dengan Charlotte Opera. Ia berjenggot lebat dan berambut Mohawk. Ia adalah orang yang bersama Opera memukul Luffy sampai pingsan dan kemudian juga menginjak Luffy ketika ia tak mau pergi. Jika kita perhatikan, selama pertarungan, ada anak kecil berambut panjang yang naik di bahu kirinya.

Aku benar-benar penasaran dengan 2 orang ini dan bertanya-tanya ada cerita apa dibalik hubungan mereka sampai-sampai aku terus memikirkannya sepanjang malam. XD

Please Oda, beritahu aku….

~ Mereka yang Terkenal ~

Ternyata selain memiliki topi besar dan pedang panjang, Lady Amande juga memiliki leher yang panjang! Apakah ini adalah karakter utama yang pertama dari ras Snakeneck? Kita tunggu konfirmasinya. Setelah leher, tangan, dan kaki panjang – aku jadi penasaran apakah Vice Admiral Strawberry memang benar berasal dari suku kepala panjang. Hmm…

Lady Amande benar-benar sesuai dengan julukannya – Nyonya Iblis. Dengan pedang super panjangnya, ia membelah King Baum secara vertikal dengan jurus “Slow Ballad”. Tak seperti tebasan cepat yang langsung membunuh korbannya, tebasan ini sangat lambat hingga membuat si korban tersiksa merasakan kesakitan yang luar biasa sebelum akhirnya ia meninggal dunia. Benar-benar kejam seperti iblis, ‘kan?

Pedang yang dibawa Amande bernama Shirauo yang berarti “Ikan putih”. Dengan pengaman berbentuk ikan dan pegangan yang menyerupai sisik, tak heran pedang ini memiliki nama tersebut. Pedang ini adalah salah satu dari Meito alias pedang terkenal / legendaris di dunia One Piece.

Di Jepang, status Meito menunjukkan bahwa pedang tersebut mempunyai sejarah atau status yang legendaris. Biasanya pedang ini lebih tajam dan tahan lama dibanding pedang pada umumnya. Kadang pedang Meito menjadi identitas sang pemakai. Jika ia kalah maka pedang tersebut akan diambil oleh lawannya. Pencurian pedang meito dianggap sesuatu yang sangat memalukan, begitu juga menggunakannya untuk sesuatu yang tidak hormat.

Hal ini diadaptasi ke dalam cerita One Piece. Ini sebabnya Tashigi bermimpi untuk mengumpulkan semua Meito di dunia, ia bermimpi untuk membebaskan semua Meito dari tangan para kriminal seperti bajak laut. Ia percaya semua pedang tersebut menangis ketika digunakan untuk kejahatan oleh para kriminal.

Pedang berstatus Meito di dunia One Piece sendiri terbagi menjadi beberapa golongan:

1. Golongan 12 Saijo O Wazamono

Adalah 12 pedang tertajam dari yang tertajam. Sepertinya ini adalah kelas tertinggi dari sebuah pedang. Yang termasuk dari golongan ini adalah Shodai kitetsu – pedang terkutuk kitetsu generasi pertama – yang entah dimana keberadaannya. Pedang hitam milik Mihawk – Yoru – juga termasuk disini. Untuk pendekar pedang nomor 1 dunia, tentu saja pedangnya juga harus yang terbaik.

2. Golongan 21 O Wazamono

Adalah 21 pedang tertajam. kualitasnya ada di bawah 12 Saijo. Kitetsu generasi kedua –Nidai Kitetsu – termasuk di golongan ini. Begitu juga Shusui – pedang legendaris Ryuma dan juga harta kerajaan Wano yang sekarang berada di tangan Roronoa Zoro. Selain itu, Wado ichimonji juga termasuk disini. Pedang milik Kuina yang kemudian diwariskan kepada Zoro. Pedang ini biasanya Zoro gunakan di mulutnya.

3. Golongan 50 Ryo Wazamono

Adalah 50 pedang terbaik. Yubashiri termasuk disini. Pedang yang diberikan Ippon-Matsu kepada Zoro di Logue Town yang kemudian hancur di Enies Lobby. Selain itu pedang milik Mr. 11 – Kashu – juga termasuk disni, pedang yang kemudian diambil oleh Tashigi.

4. Golongan Wazamono

Adalah pedang terkenal. Contoh pedang ini adalah Shigure milik Tashigi. Juga Kitetsu generasi ketiga – Sandai Kitetsu – yang dipakai oleh Zoro.

Selain pedang-pedang di atas, ada beberapa Meito yang belum diketahui masuk golongan mana. Diantaranya adalah Oto dan Kogarashi milik Shiki, Durandal milik Cavendish, Pretzel milik Cracker, dan juga Shirauo milik Amande.

Sepertinya kita perlu menunggu cerita sampai di kerajaan Wano sebelum mengetahui semua pedang terkenal di dunia.

~ Lari dari Mama ~

Sedikit misteri tentang Lola dan keluarganya mulai terkuak. Bobbin mengatakan bahwa Lola adalah seorang “pelarian”. Artinya ia kabur dari rumah.

Tapi jika benar demikian, muncul pertanyaan baru. Jika Lola adalah seorang pelarian, mengapa ia menyuruh Nami – teman dan penyelamatnya – untuk menemui sang Mama? Apakah kaburnya Lola dari rumah tak dibarengi kemarahan Big Mam? Dan bagaimana sebenarnya Lola mendapat vivre itu sendiri? Bukankah para anak tak diperbolehkan memilikinya?

Untunglah Nami yang membawa vivre itu kemudian hanya ditangkap, tak langsung dieksekusi di tempat. Dengan begini ia bisa menceritakan semuanya kepada Big Mam. Saat itu kita semua baru akan mengetahui tentang masa lalu Lola. Apakah kemudian Nami akan mendapat perlakuan khusus dari Big Mam? Ataukah sebaliknya?

Yang jelas, setidaknya Big Mam akan mengambil keputusan berdasarkan apa yang diceritakan oleh Nami. Melihat bagaimana Big Mam ditunjukkan sebagai orang yang masuk akal dan bisa berkompromi, bukan tak mungkin vivre tersebut bisa jadi jalan keluar bagi Nami dari masalah ini.

Sifat Big Mam yang bisa diajak berunding terlihat lagi di chapter ini. Bagaimana ia menyetujui proposal Sanji tentang keselamatan kelompok Topi jerami dengan balasan Sanji tak membuat keributan dan menikah dengan Purin.

Melihat wajah Sanji yang bahagia, apakah semua ini hanya sandiwara ataukah Sanji sudah menyusun rencana dari perundingan ini? Ataukah ia sudah benar-benar pasrah dan memutuskan untuk menikah dengan Purin?

Yang jelas, untuk saat ini nyawa Luffy dan kru-nya akan aman. Walaupun jika terus begini mereka harus merelakan sang koki untuk keluar dari Topi Jerami untuk selamanya.

~ Pertahanan Telur ~

Jika ada yang bertanya, mana judul chapter ini yang benar antara “Pertahanan Tamago” dan “pertahanan Telur”, aku akan menjawab keduanya benar.

Tamago sendiri dalam bahasa Jepang berarti “telur”. Yang secara tidak sengaja juga menjadi nama salah satu bawahan Big Mam – Baron Tamago. Oleh sebab itu ada translator yang menerjemahkannya menjadi pertahanan telur, ada pula yang menerjemahkannya menjadi pertahanan Tamago.

Bersama Tamago, diperkenalkan 1 lagi dari Komandan Manis. Charlotte Smoothie.

Ia adalah anak perempuan ke-14 dari keluarga Charlotte dan menjabat sebagai Menteri Jus. Sebagai salah satu petinggi Bajak Laut Big Mam, ia memiliki nilai buruan sebesar 932 Juta Berry! Nilai yang sangat besar, terbesar kedua dari yang sudah kita lihat sejauh ini – dibawah Jack.

Banyak orang yang mengatakan bahwa hampir setiap karakter wanita di One Piece memiliki kemiripan. Hanya berbeda pada rambut dan gayanya saja. Namun hal ini sangat berbeda dengan Smoothie, ia sangat unik dibandingkan karakter-karakter wanita terdahulu. Dengan tubuh besar, kaki panjang, mata unik, bibir tebal dan gaya rambut yang aneh menjadikan karakter Smoothie seperti jawaban Oda atas kritik-kritik tersebut.

Kekuatan Smoothie sendiri sepertinya berhubungan dengan jus / cairan. Ia secara harafiah bisa memeras tubuh manusia dan mengeluarkan cairan dari tubuh mereka hingga tubuh tersebut kering.

Kemampuan ini mirip dengan suna-suna no mi milik Croco-boy. Bedanya, kekuatan Croco mengeringkan lawan tak mengeluarkan cairan, berbeda dengan remasan dari Smoothie yang menghasilkan cairan dari korbannya.

Cairan yang keluar dari para korban, dikumpulkan oleh Smoothie dalam sebuah gelas yang kemudian ia meminum cairan tersebut. (Yang benar saja!)

Mengetahui bagaimana kejamnya Smoothie dan Amande, bukankah para wanita-wanita terkuat dari dunia bajak laut ini terlihat sangat mengerikan bagimu?

(Walaupun sebenarnya setiap wanita memang terlihat mengerikan dimataku. Jangan beritahu mereka.)

~ Batu tak Bertuan ~

Bahasan utama chapter ini tentu saja tentang batu bersejarah, Poneglyph. Kita mendapatkan info menarik dari Tamago tentang batu yang sangat penting ini.

Dikatakan bahwa setidaknya ada sekitar 30 batu Poneglyph yang tersebar di seluruh dunia. Kesemua batu-batu ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Dari semua info yang sudah kita dapatkan, bisa kita simpulkan sebagai berikut.

  • Ada 4 batu Road Poneglyph. Poneglyph yang menunjukkan jalan ke Raftel. Batu terpenting untuk mencapai pulau terakhir dan mendapatkan predikat raja bajak laut. Batu tersebut berada di Zou, Whole Cake, di tempat Kaidou, dan satu tak diketahui keberadaannya.
  • Ada 9 batu Rio poneglyph. Batu yang berisi tentang informasi sejarah. Ini adalah batu yang dicari oleh Nico Robin. Kemungkinan besar berisi tentang cerita runtuhnya Kerajaan Kuno dan bangkitnya Pemerintah Dunia di abad kekosongan 800-900 tahun yang lalu. Poneglyph di Ohara kemungkinan besar masuk dalam kelompok ini.
  • Sisanya adalah batu poneglyph petunjuk. Batu-batu ini berisi tentang petunjuk keberadaan batu poneglyph sejarah dan petunjuk tentang senjata kuno. Poneglyph di Arabasta yang menunjukkan Pluton dan di Skypeia yang menunjukkan loaksi Poseidon masuk di dalamnya.

Kita belum tahu pasti apakah Poneglyph permohonan maaf Joy Boy masuk kategori yang mana. Bisa jadi ada informasi sejarah di dalamnya, namun bisa juga hanya berisi permohonan maaf semata.

Big Mam sendiri punya 3 Poneglyph, termasuk 1 Road Poneglyph dan 1 Poneglyph yang diberi oleh Jinbe. Mama sendiri mengatakan ia tak bisa membaca batu-batu itu. Ada teori yang mengatakan bahwa Big Mam memberi nyawa pada poneglyph tersebut dan membiarkan mereka sendiri yang mengatakan isi dari poneglyph-poneglyph tersebut.

Tamago sendiri juga tak yakin tentang jumlah Poneglyph di dunia, ia hanya mengatakan “sekitar” 30 buah. Apalagi dengan fakta bahwa kebanyakan Poneglyph yang sudah kita lihat berada di tempat yang tersembunyi.

Di Arabasta, di makam raja, tak diketahui selain oleh keluarga kerajaan. Di Ohara disembunyikan oleh para ilmuan yang kemudian diambil oleh Pemerintah Dunia – tentu saja mereka menyembunyikannya. Selain itu ada Poneglyph di pulau langit – tempat yang dikatakan sebagai mitos bagi manusia yang tinggal di laut bawah. Jadi tak menutup kemungkinan jumlahnya akan bertambah banyak, dan tak menutup kemungkinan akan ada golongan Poneglyph lain selain Road dan Rio Poneglyph.

Terakhir, apakah semua Rio Poneglyph ada di Raftel? Jika tidak (dan kemungkinan besar memang tidak berada di sana semua – menurut perkataan Robin), maka bagaimana dengan impian Robin? Apakah ia akan membaca semua Rio Poneglyph tersebut sebelum menuju Raftel nanti? Ataukah setelahnya? Ataukah selama jangka waktu 2 tahun terakhir Robin sudah membaca Poneglyph-poneglyph yang tersebar di seluruh dunia tersebut?

~ Pencuri dan Penyanyi ~

Pertahanan yang jadi fokus chapter ini adalah tentang Tamago yang mempertahankan Poneglyph milik Big Mam dari “Si Pencuri Poneglyph”.

Sekitar 5 tahun lalu, kapten Bajak Laut suku Mink itu juga datang ke Whole cake untuk mencari Poneglyph. Sayang ia kemudian dikalahkan oleh Big Mam. Hanya karena permohonan Pekoms saja kemudian ia dapat dibebaskan. Pedro si Pucuk Pohok – begitu mereka memanggilnya.

Sepertinya dulu para mink memutuskan untuk berlayar dan mencari Poneglyph ke seluruh dunia. Melihat hubungan mereka dengan keluarga Kozuki, bukan tak mungkin hal ini memang terjadi. Mungkin saja mereka ingin mengamankan batu-batu tersebut sekaligus mengetahui isinya.

Yang jelas, sekarang adalah kesempatan terbaik Pedro untuk mendapatkan Poneglyph dari Big Mam. Kesempatan lebih bagus dari yang ia dapatkan 5 tahun lalu. Hanya tinggal pasukan Big Mam dengan komandan manisnya yang jadi penghalang antara dirinya dan Brook dengan poneglyph tersebut. Namun sayang sekali, sepertinya menjadi hal yang mustahil untuk melewati rintangan tersebut hanya dengan 2 orang saja. Keadaan yang sepertinya memaksa mereka untuk kembali dan tak meneruskan misi ini.

Namun Brook sadar. Ini mungkin jadi kesempatan satu-satunya bagi mereka untuk mendapatkan Poneglyph tersebut. Jika sekarang mereka mundur dan memutuskan untuk kembali suatu saat nanti, tak mungkin mereka bisa masuk hingga sejauh ini. Oleh karena itulah mereka berdua memutuskan untuk menjalankan rencana yang sangat berbahaya. Rencana yang mengharuskan Pedro menjadi umpan sedang Brook yang akan mengambil poneglyph tersebut.

Apa yang akan dilakukan Brook dan Pedro bisa dikatakan menjadi hal yang sangat penting di cerita Totland. Bagaimana tidak, Road Poneglyph adalah 1 hal yang pasti dibutuhkan Luffy untuk menuju Raftel nantinya. Jika Brook gagal, bisa saja Luffy juga tak akan pernah sampai ke Raftel dan menjadi raja bajak laut. Kasarnya, apa yang dilakukan Brook dan Pedro ini bahkan lebih penting daripada menyelamatkan Sanji sekalipun. (meski aku yakin Luffy tak akan setuju dengan pernyataanku ini).

Disini kita akan melihat Pedro dan Brook bersinar. Kapan terakhir kali kita melihat Brook mencuri perhatian? Sepertinya sejak meninggalkan Thriller Bark, Brook belum melakukan sesuatu yang bisa membuat para pembaca berdecak kagum. Oleh karenanya aku sangat menunggu aksi Si setengah hewan dan si tengkorak ini. Pastikan kalian memperhatikan pergerakan mereka dengan seksama.

Terakhir sekali, kesepakatan “Topi Jerami akan aman jika kau tak berbuat macam-macam” antara Big Mam dan Sanji sudah pasti akan berantakan. Entah karena aksi pencurian Poneglyph oleh Brook dan Pedro, atau karena aksi ugal-ugalan oleh Luffy yang sudah ditangkap, atau karena Jinbe yang tiba-tiba datang merusak pesta, Chopper dan Carrot yang menyeret Sanji ke dunia cermin, atau karena kotak Tematebakko asal Pulau Manusia Ikan yang meledak di pesta pertukaran hadiah. Kita tunggu saja.

Sekian dulu review kali ini, selamat berakhir pekan

Terima kasih sudah membaca sampai disini dan sampai jumpa lagi~~

Salam alis keriting~~ 66

Thanks to: Mangastream, APforums, Wikia, Sandman.

 

 

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 846 – Pertahanan Tamago

Oleh Oikgerd. Admin One Piece Fans Club Indonesia

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World