Review dan Pembahasan One Piece Chapter 840 – Topeng Besi

0

Mungkin kita tak dilahirkan sebagai seorang yang spesial, tapi bukan berarti kita tak bisa jadi seseorang spesial suatu hari nanti.

~~ Faktor yang Diturunkan ~~

Manusia hasil kloning, ternyata memang begitu kenyataannya. Para pasukan Germa 66 ternyata memang hasil rekayasa genetika. Sebagai kerajaan yang dikenal dengan nama kerajaan ilmu pengetahuan, sudah tentu tak mengagetkan lagi bahwa mereka bisa melakukan hal tersebut. Apalagi ditambah pemimpin mereka memang dikenal sebagai salah satu ilmuan jenius yang bahkan pernah bekerja sama dengan Vegapunk.

Jajji dan Vegapunk sempat berada dalam satu tim untuk mengembangkan senjata mutakhir. Satu yang jadi hasil karya spesial mereka adalah menemukan “faktor keturunan”, sebuah temuan yang secara fundamental memberikan mereka akses terhadap blueprint makhluk hidup.

Sebuah temuan yang kemudian membuat pemerintah dunia bergerak dan menangkap Vegapunk karena dianggap sebagai temuan yang berbahaya. Tapi aku lebih berpikir, hal ini terjadi karena pemerintah dunia ingin jadi satu-satunya pihak yang memahami hal tersebut, tentu untuk keuntungan mereka sendiri suatu saat nanti. Jajji yang tak ditangkap kemudian meneruskan sendiri penelitian ini hingga ia berhasil membuat kloning manusia seperti yang kita lihat saat ini.

Yang kemudian jadi pertanyaan, mengapa Jajji yang jadi bagian dari tim peneliti tersebut tak ikut ditangkap?

Apakah Pemerintah tak tahu ataukah Jajji berhasil kabur?

Jika pemerintah tahu, mengapa ia sekarang diberikan tempat di Reverie? Apakah karena imunitas dia sebagai seorang pemimpin negara kemudian ia tak ditangkap? Ataukah memang dari awal pemerintah dunia membuat kesepakatan khusus dengan dia dan anggota tim peneliti lainnya?

Satu hal yang pasti, penelitian ini akan penting bagi cerita One Piece. Tak hanya di cerita Germa, tapi secara keseluruhan.

Kettō Inshi (血統因子) atau faktor keturunan mungkin lebih kalian kenal dengan nama DNA di dunia kita. Ia membawa informasi genetik yang kemudian bertanggung jawab atas pertumbuhan, perkembangan, fungsi dan reproduksi setiap makhluk hidup.

Di cerita One Piece, ini bukan kali pertama kita mendengarnya. Di Punk Hazard Law menjelaskan bahwa Caesar dapat membuat SAD menggunakan pengetahuan tentang “faktor keturunan” ini. SAD yang kemudian jadi bahan utama pembuatan SMILE – buah setan buatan. Jadi selain untuk kloning, penemuan “faktor keturunan” juga bisa digunakan di bidang lainnya.

Untuk buah setan, penjelasan sederhananya – secara teknis kemungkinan ada zat khusus di dalam buah setan, yang entah bagaimana kemudian dapat merubah “faktor keturunan” atau DNA seseorang – hingga sang pemakan buah setan kemudian mempunyai perbedaan dengan manusia normal. Namun jika ia memakan 2 buah setan, hal tersebut akan merusak tubuh pengguna karena terlalu banyak perubahan yang terjadi atau karena 2 kandungan buah setan yang saling bertabrakan fungsi.

Setelah kita tahu ada hubungan antara “faktor keturunan” dengan Jajji, mungkinkah memang ada hubungan antara pola melingkar di buah setan dengan alis para Vinsmoke? XD

Tapi seperti kata Oda, sepertinya kita harus menunggu “seorang professor” untuk muncul di cerita dan menjelaskan semuanya tentang buah setan dan bagaimana ia bekerja. Seorang professor yang kemungkinan besar adalah Vegapunk – pria paling misterius di cerita One Piece.

~~ Apa Kau Menyadarinya? ~~

Tentu saja banyak negara yang iri terhadap Germa. Negara mana yang tak iri melihat Germa memiliki pasukan yang kuat, berani mati dan tentu saja – loyal. Negara mana yang tak ingin punya pasukan seperti itu?

Apalagi hanya dibutuhkan waktu 5 tahun saja untuk “memproduksi” satu pasukan berusia 20 tahun. Pantas saja keluarga Vinsmoke tak ragu-ragu menggunakan mereka bahkan sampai mereka mati. Mereka dapat dengan mudah mendapatkan pasukan yang sama dalam tempo singkat.

Ilmuan disana bahkan berhasil membuat para pasukan kloning mempunyai ingatan dan pengalaman hidup seperti manusia berumur 20 tahun. Padahal sepanjang hidup mereka habiskan di dalam tabung air.

Tentu saja, para pasukan tak ada yang sadar bahwa mereka adalah hasil kloning dan semua ingatan tersebut hanyalah buatan semata.

Bayangkan jika Big Mam, seorang Yonko, berhasil mendapatkan teknologi ini.

Mungkin dalam 5-10 tahun ke depan, bukan bendera Pemerintah Dunia yang akan berkibar di seluruh lautan, tapi bendera tengkorak dengan bibir pink dan membawa permen yang akan berkibar.

Tapi tentu saja hal tersebut tak akan terjadi sesuai rencana Vinsmoke dan Big Mam. Mengapa?

Karena disana ada seseorang yang bisa kita sebut dengan si perusak rencana – rencana kawan maupun lawan. Yap, Monkey D. Luffy namanya.

Oda sepertinya sedikit memberikan petunjuk bagaimana cerita para kloning ini akan berlanjut. Kata-kata Yonji adalah kuncinya.

Kemungkinan besar, Luffy – entah bagaimana, mungkin dengan polosnya atau dengan bantuan Caesar – akan jadi orang yang menyadarkan para pasukan Germa bahwa mereka hanyalah hasil kloning semata dan dimanfaatkan oleh keluarga kerajaan. Kira-kira apa yang akan terjadi jika mereka sadar?

Keributan dan kebingungan mungkin akan terjadi. Yang jelas, tak akan berakhir baik bagi keluarga kerajaan keriting.

~~ Ancaman ~~

Ternyata memang benar yang melukai Cosette adalah Niji. Tentu saja Sanji tak bisa diam saja melihat seorang Lady dihajar habis-habisan. Tanpa basa-basi ia menyerang Niji.

Niji yang kaget tentu saja tak bisa menghindar, apalagi ia belum pernah melihat gaya bertarung Sanji yang bisa dibilang “aneh” tersebut.

Andai saja tak ada ancaman “east blue” dan “Zeff”, mungkin kita akan melihat pertarungan sesungguhnya antara Sanji melawan Niji. Namun apa daya, dengan ancaman seperti itu, siapapun tak akan bisa melawan.

Sedikit melihat kemampuan Niji, seperti julukannya, ia menggunakan listrik untuk bertarung.

Untuk Carrot, yang digunakan Niji itu bukan electro, hanya mirip saja. Niji juga bukan dari bangsa Mink. XD

Aku tak tahu apakah kemampuan “stealth”, menghilang kemudian muncul dibelakang Sanji ada hubungannya dengan listrik atau tidak. Mungkin lebih ke kemampuan sebagai manusia super.

Jurus Henry Needle secara harafiah dapat diartikan sebagai jarum electromotive. Henry sendiri dalam ilmu elektronika adalah satuan untuk induktansi dengan simbol H. Diambil dari nama Joseph Henry, ilmuan penemu induksi elektromagnetik. Dari yang sudah-sudah, Oda suka akan sebuah pola. Kemungkinan jurus-jurus Niji yang lain juga akan dinamai dari hal-hal berbau listrik dan elektronika.

Di pertarungan ini mungkin Sanji terlihat tak berdaya di hadapan Niji. Tapi seperti yang aku bilang, ini karena Sanji tak bisa bertarung sekuat tenaga. Tentu saja karena ancaman east blue dan juga gelang peledak di tangannya. Kalian bisa berharap akan ada tanding ulang antara mereka dengan Sanji berkekuatan penuh di puncak cerita nanti.

Berbicara soal gelang peledak di tangan Sanji, mungkin ini hanya kesalahan Oda, sadarkah kalian bahwa sepanjang chapter ini tak digambarkan sama sekali ada gelang peledak di tangan Sanji?

~~ Manusia Biasa yang Luar Biasa ~~

Kilas balik dimulai. Mungkin ini akan jadi kilas balik pertama di cerita kali ini. Kemungkinan nanti di pertarungan puncak, akan ada kilas balik lain yang menceritakan semua tentang Sanji dan semua masa lalunya. Untuk sekarang, mungkin masih ada beberapa fakta masa lalu yang akan disimpan terlebih dahulu oleh Oda-sensei.

Sanji dan 4 saudaranya dari awal sudah dipersiapkan sebagai pemimpin Germa masa depan oleh sang ayah. Sebagai hasil terobosan terkini ilmu genetik, mereka memiliki potensi yang tak dimiliki manusia lain. Potensi tak terbatas yang harus mereka sadari dan kuasai dengan cara berlatih.

Dalam gambaran latihan tersebut, apakah kalian sadar bahwa Ichiji selalu jadi yang terdepan? Apalagi dengan warna kaos yang berbeda, seperti mengatakan, bahwa memang Ichiji adalah yang terkuat dari mereka semua. Di belakangnya ada Reiju yang selalu terlihat santai dalam menjalani semua latihan.

Dan tolong seseorang balaskan perlakuan Yonji terhadap kura-kura tak bersalah itu! Mungkin seseorang dengan kekuatan kura-kura, seperti Pekoms atau kakek kame-sennin……. XD

Vinsmoke 5 bersaudara ini adalah hasil percobaan genetik. Mereka terlahir sebagai manusia biasa yang kemudian DNA dalam tubuh mereka dimodifikasi. Hasilnya?

Tubuh mereka membentuk “kerangka luar” baru yang menajdikan tubuh mereka lebih kuat. Tubuh mereka juga lebih cepat berkembang, level kekuatan dan kecerdasan seperti orang dewasa meskipun mereka masih anak-anak. Itu baru awalnya, kita belum tahu modifikasi apa lagi yang terjadi saat mereka tumbuh dewasa. Kemungkinan, listrik niji, dan penetralan racun Reiju juga hasil dari rekayasa genetika ini.

Dikatakan, gen mereka semua telah berhasil dimodifikasi. Tapi entah mengapa, hanya Sanji yang dalam pertumbuhannya tak menunjukkan hasil tersebut. Pertumbuhannya konstan seperti manusia biasa, yang kemudian oleh peneliti disana ia dicap sebagai sebuah “produk gagal”, yang artinya – Sanji memang hanyalah manusia biasa.

Dari sisi kekuatan, Sanji sepertinya butuh “power up” untuk melawan keluarganya nanti. Apakah Sanji kemudian akan diperlihatkan memiliki kekuatan dari hasil rekayasa genetika yang terjadi pada dia saat masih kecil dahulu? Dan kemudian sekarang ia mulai menggunakannya?

Dari sisi cerita bisa dijelaskan mungkin seperti, hasil rekayasa genetika Sanji yang entah kenapa membutuhkan waktu belasan tahun untuk muncul. Atau, hasil rekayasa yang tak muncul itu kemudian dipancing untuk muncul dengan penambahan hormon tertentu, karena Sanji menghabiskan waktu 2 tahun terakhir dengan si manusia hormon – bukan sesuatu yang mustahil.

Aku sendiri berharap sebaliknya.

Sanji butuh “power-up”. Ya, aku setuju dengan itu. Tapi jika kekuatan baru itu muncul tiba-tiba dari sesuatu yang tak pernah disinggung selama ini, akan terasa seperti dipaksakan.

Aku lebih berharap Sanji memiliki lebih dari sekedar Sky walk dan Blue Walk dari hasil latihannya selama 2 tahun. Tapi kekuatan apa? Entahlah.

Yang jelas, kurasa Oda akan tetap berada pada jalan cerita – “Manusia biasa yang karena usaha dan bantuan teman berhasil mengalahkan manusia super”.

Bukankah itu akan jadi akhir yang lebih indah bagi sebuah cerita?

~~ Hati ~~

Seperti yang dijelaskan pada postingan admin Teracotta, buku yang dibaca Sanji adalah buku tentang Noland si pembohong dan juga buku tentang buah setan. Mungkin dari sini Sanji mengetahui tentang buah suke-suke dan kemudian bermimpi untu memilikinya. Mimpi yang kemudian hancur berkeping-keping saat ia berjumpa dengan Absalom di cerita Thriller Bark. XD

Sanji yang memberi makan tikus tak hanya memperlihatkan kebaikan hatinya. Aku lebih berpikir bahwa ini menunjukkan bagaimana Sanji yang kesepian. Ia sama sekali tak dimengerti oleh keluarganya, tanpa seorangpun yang bisa memberikan ia dorongan moral.

Dikonfirmasi juga di chapter ini bahwa sifat Sanji tersebut diturunkan dari sang ibu yang sudah meninggal. Mungkin sebelum meninggal, ia mengajarkan tentang kebaikan, juga pentingnya makanan dan tentang memasak. Dari sini pula kemungkinan sifat Sanji terhadap perempuan terbentuk, tapi kita harus menunggu kilas balik lengkap untuk mengetahui semuanya.

Sikap Sanji yang tak menunjukkan sama sekali sikap seorang keluarga kerajaan (menurut Jajji), ditambah cap “produk gagal” yang diberikan oleh para peneliti Germa, sepertinya membuat kesabaran Jajji habis.

Ia mengumumkan kepada penduduk kerajaan bahwa Sanji telah meninggal dunia. Padahal pada kenyataannya Sanji masih hidup dan kemudian dikurung di dalam penjara.

Mengapa Jajji tak membunuh Sanji?

Ia masih punya 4 anak yang loyal dan mampu bersikap seperti yang ia inginkan. Jajji juga tak mendapat keuntungan dengan membiarkan Sanji hidup dang mengurungnya di penjara.

Sepertinya Jajji masih memiliki perasaan. Ia tak tega untuk membunuh darah dagingnya sendiri. Sepertinya ia bukan sosok ayah tak berperasaan seperti yang kita pikirkan selama ini. Ia masih seorang manusia yang memiliki hati.

~~ Topeng Besi ~~

Muka Sanji dengan topeng besi, apakah hal ini mengingatkan kalian pada seseorang?

Jika kalian menjawab Duval, sepertinya kalian terlalu banyak membaca/menonton One Piece. XD

Mungkin saja, saat Sanji melihat duval dengan topeng besinya – itu mengingatkan dia tentang masa kecilnya. Hingga emosinya bercampur aduk saat itu.

Kembali ke Germa, sekarang kita tahu bahwa Reiju adalah seorang yang baik. Ia ikut menertawai Sanji hanya karena ia tak ingin di-bully oleh saudara-saudaranya. Sekuat apapun seseorang, ia tentu tak ingin di-bully oleh 3 orang saudaranya.

Senyum mencurigakan Reiju juga seperti mengatakan bahwa ia adalah orang yang mengeluarkan Sanji dari penjara dan membantunya kabur dari kerajaan ini. Selain itu aku tak yakin ada cara lain untuk Sanji kabur dari sana. Tentu saja, hal ini tanpa diketahui semua orang, jika ketahuan mungkin Reiju sudah berada dalam masalah besar.

Setelah sekarang kita tahu bahwa Reiju orang baik, ada akhir yang mungkin bisa saja terjadi. Setelah Jajji dan anak-anaknya kalah dari Luffy dkk, entah kemudian Jajji dimana, Reiju yang akan jadi pemimpin baru kerajaan Germa.

Mungkin setelah para kloning sadar mereka hanya dimanfaatkan, mereka akan sukarela mengikuti Reiju yang sejak awal memang ada di pihak Sanji. Kerajaan ini dipenuhi dengan pria, dengan keluarga kerajaan seperti mengunggulkan para pria diatas para wanita – sikap yang dibenci Sanji – bukankah jadi hal yang luar biasa jika di akhir mereka kemudian akan dipimpin oleh seorang wanita?

Dengan begitu, seperti kerajaan Arabasta dan Dressrosa, Kerajaan Germa juga akan berada di pihak Luffy ketika perang besar – yang kemungkinan akan terjadi di akhir nanti – dimulai.

Dan Sanji, janganlah meminta maaf karena kau dilahirkan sebagai orang lemah. Kehadiran seseorang bukanlah sebuah dosa. Tinggal bagaimana kau menjalani hidup ini dan melakukan sesuatu yang berguna sesuai dengan kemampuanmu. Jika hal itu tak bisa kau lakukan, barulah kau harus meminta maaf kepada semuanya.

Sekian dulu review kali ini, selamat berakhir pekan 😀

Terima kasih sudah membaca sampai disini dan sampai jumpa lagi~~ 😀

Salam alis keriting~~ 66

Thanks to: Mangastream, APforums, Wikia, Wildan.Strawhat

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 840 – Topeng Besi

by Oikgerd. Admin One Piece Fans Club Indonesia

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World