Pembahasan One Piece Chapter 851 – “TAB END”

0

Akkkhhh, ampuni aku Goda…

Kupikir chapter 850 itu sudah cukup untuk menampar dan membuka mata kita semua (kalian ). Tapi sepertinya Goda merasa itu belum cukup dan sekali lagi memberikan tamparan, dengan menampilkan sifat kurang ajar Purin lebih dalam! 

Oooh man… mari kita beri Sanji pelukan sahabat, we know that feel bro *hug* *Tepuk pundak Sanji*

Terlebih lagi, terungkapnya kemampuan Purin ini pun sangat mengejutkan. Ada kejanggalan yang sangat jelas dan terlewati begitu saja sebelum kita mengetahui kemampuan Purin, tetapi setelah mengetahuinya, beberapa kejanggalan itu muncul dan kita terlambat menyadarinya. Damn you Goda! Karena ini pun aku sangat bingung harus memulai pembahasan ini darimana. Jadi untuk lebih mudahnya saya mulai dari penjelasan Purin mengenai ‘Mem-mem fruit’, dan pembahasan chapter dari saya kali ini terfokus pada kemampuan itu.

Seperti yang didemonstrasikan Purin sejauh ini, penggunanya dapat memanipulasi ingatan seseorang dengan cara mengambil ‘Roll film memory’ (saya singkat saja RFM) yang ada pada manusia, manusia yang menjadi korban kemampuan ini akan jatuh pingsan untuk memudahkan proses editing, nah dalam proses editing ini yg bisa dilakukan oleh pengguna adalah: triming, cutting, dan paste… Setelah itu dirender dan mengembalikan lagi RFM kepada korban, bisa dikatakan ini adalah kemampuan yang sangat unik.

Jadi… kejanggalan apa saja yang muncul setelah mengetahui kemampuan ini?

Let me blow your mind!

Menurut saya, salah satunya adalah pernyataan Sanji tentang Purin pada chapter 849 yaitu:

「──このキッチン使うぞ? プリンちゃんさっきの会食に来なかったから」

“Aku boleh pake dapur ini ‘kan? Karena pertemuan makan tadi Purin gak datang.”

Sanji khawatir kepada Purin dan bermaksud untuk membuatkan Purin makanan.

Bukankah ini aneh? “Purin gak datang”?

Sudah jelas Purin menghadiri pertemuan makan siang itu pada chapter 845 kan? Lalu kenapa Sanji mengatakan Purin tidak datang? That’s it… karena Purin telah mengedit ingatan Sanji akan kehadirannya pada Pertemuan makan siang itu.

Muncul lagi pernyataan “Kenapa Purin memilih waktu makan siang itu untuk mengedit ingatan Sanji?” Untuk saat ini ada satu alasan yang terpikirkan olehku yaitu:

Purin terlihat oleh Raiju saat memberikan Sanji kertas kecil catatan itu karena memang saat itu Raiju duduk disebelah Sanji. Jadi untuk menutup mulut Raiju, Purin juga memberikan kertas catatan untuk Raiju melalui Sanji, agar Raiju menemuinya setelah Sanji. Tentu saja dia tidak ingin Sanji mengingat hal ini, karena itulah Sanji tidak tahu lawan bicara Purin pada saat Sanji datang menghampiri.

Aku cukup puas dengan alasan ini, karena secara logis menjawab pertanyaan yang telah menghantuiku dibeberapa chapter yang lalu, “Kenapa bisa Raiju bertemu dengan Purin?” xD

Kejanggalan lainnya adalah kilas balik dari sudut pandang Purin yang menampilkan Lola (chapter 848), panel tersebut akhir-akhir ini dianggap jebakan oleh pembaca dan muncul pertanyaan “Kenapa Goda menampilkan kilas balik tersebut?” Ini justru membuat pembaca menilai Purin masih ada sisi baiknya (HELL NO NO NO!!!). Setelah kemampuan Purin terungkap, panel tersebut kuanggap sebagai petunjuk / foreshadowing bahwa Purin telah mengedit ingatan Lola!

How can? Bagaimana bisa?

Mari kita buka lagi komik ke 50 chapter 489 saat Lola memberikan Vivre Card BM kepada Nami. Pada chapter ini, saat Lola memberikan VC BM dan menjelaskan kegunaannya, salah satu anak buah Lola mengatakan:

“Ibunya kapten Lola adalah Bajak laut yang luar biasa.”

“Jagalah dengan baik, pasti akan berguna nantinya.”

Pada saat itu kita pembaca bertanya-tanya dan penasaran “Siapa sih ibunya Lola?”

Mungkin saja saat itu Lola ingin memberitahukan Nama ibunya, tetapi tidak sempat karena Lola terkejut kepada Nami yang masih belum tahu Vivre Card dan segera menjelaskannya. Setelah penjelasannya selesai, Lola pun menandatangani Vivre Card Big Mom, dan menyarankan mereka (SHP) jika mendapatkan masalah, mereka dapat mengikuti Vivre Card itu dan bertemu dengan Mama.

Dan sekali lagi, kesempatan untuk menyebutkan Nama Big Mom teralihkan oleh Vivre Ace yang terbakar.

Dimana letak kejanggalannya?

Kejanggalannya terdapat pada penggambaran Big Mom dari sudut pandang Lola. Di mata Lola, Big Mom adalah ibu yang baik. Dia sangat yakin kalau Big Mom tidak akan membunuhnya karena mereka adalah keluarga. Sedangkan kita sudah melihat sendiri Big Mom telah mengambil nyawa anaknya sendiri Charlotte Muscat (Chapter 829). Penyakit Mama ini sudah diketahui oleh para penduduk WCI dan pastinya Lola juga sudah tahu mengenai hal ini. Melihat sikap Lola adalah teman yang sangat baik, tidak mungkin Lola membiarkan temannya (SHP) berada dalam bahaya amukan Big Mom jika Lola sangat tahu pasti akan hal ini.

Jadi, konklusi yang kudapatkan adalah: Ingatan Lola tentang amukan Big Mom dan segala perbuatan jahat Big Mom telah di “Trim out” oleh Purin. Maka dari itu Lola dengan mudahnya memberikan Vivre Card Big Mom kepada Nami dan yakin kalau Big Mom akan membantu mereka (Straw Hat Pirate) saat mendapatkan masalah. Karena dari sudut pandangnya, Big Mom adalah ibu yang baik!

Alasan kenapa Purin mengedit ingatan tentang Big Mom? Untuk saat ini aku berasumsi kalau Purin cemburu pada Lola. (What? Ya aku tahu ini adalah alasan yang bodoh untuk menutupi ini). Well, di chapter terbaru ini Purin mengatakan:

“Siapa yang mau menikah dengan orang yang gagal?”

“Setidaknya bawakan aku Pangeran yang layak.”

Terlihat sekali sifatnya yang mendiskriminasikan wajah seseorang.

Dari sini kita mengetahui standar Pria yang diinginkan Purin “Pangeran yang layak”. Aku curiga orang yang dijodohkan untuk menjadi suami Lola itu adalah “Pangeran yang layak”, memenuhi standar Purin. Jadi dengan ini Purin cemburu kepada Lola yang wajahnya kurang menawan mendapatkan Suami yang layak dan tampan. Lalu Purin mengedit ingatan Lola akan Calon suaminya menjadi orang yang menakutkan dsb, menyebabkan Lola tidak setuju dengan pilihan Big Mom sehingga membuat Lola bersikeras untuk menentukan sendiri pernikahannya.

*Yes… mungkin ini alasan bodoh, dan aku tidak memaksa kalian untuk langsung menelan mentah-mentah spekulasi ini. Your worship make me sick

Dan untuk yang terakhir, Go go Brook!! You can do it!

And Welcome back to the scene Jinbeeeeee!

Terima kasih Goda telah memberikan Tahun Sanji yang terbaik.

Selamat Tahun Baru semuanya!

Oke, saya akhiri dulu. Sekian dan terima kasih. Mohon maaf bila pembahasannya terbelit-belit dan juga tidak banyak yang bisa kusampaikan pada pembahasan chapter kali ini.

Thanks to MS dan bang Duval Tampan untuk konfirmasi translatenya

 

Pembahasan One Piece Chapter 851 – “TAB END”

Oleh Baby 5. Admin ONE PIECE INDONESIA

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World