One Piece: Yang Terbaik Dari Tahun 2016

0

Tak terasa tahun 2016 sudah berakhir. Manga One Piece yang menemani kita hampir di setiap pekan juga sudah menutup tirainya untuk tahun 2016. Banyak hal menarik yang terjadi di manga ini selama setahun terakhir. Diawali dengan chapter 811 pada awal tahun, diakhiri chapter 850 pertengahan desember yang lalu. Tahun ini berisi setengah akhir cerita Zou dan berlanjut ke cerita penyelamatan Sanji di markas Big Mam.

Artikel ini akan berisi pendapatku tentang apa saja yang menjadi hal terbaik di manga One Piece pada tahun 2016. Let’s check it out~

Chapter Terbaik: Chapter 850

Mari kita mulai dari chapter mingguan terbaik. Chapter 850 menjadi pilihanku karena chapter ini seperti menjadi kulminasi semua kemalangan yang dialami oleh Sanji sepanjang tahun. Satu-satunya cahaya harapan yang dia kira akan menyelamatkannya ternyata juga bersandiwara. Kalian bisa merasakan betapa menderitanya Sanji di chapter ini. Selain itu kita juga diberikan konfirmasi bahwa benar Purin adalah si wanita mata 3 – sebuah hal yang menjadi perdebatan di kalangan fans sepanjang tahun. Juga dengan terkuaknya rencana super jahat Purin yang membuat fandom One Piece meledak, ada yang kecewa, ada yang tertawa, ada pula yang sudah menebak hal ini sebelumnya. Semua komunitas One Piece dibuat gempar olehnya. Benar-benar sebuah chapter luar biasa yang sangat pas untuk menutup tahun ini.

Yang terbaik lainnya : Chapter 818, Chapter 816

Informasi Terpenting: Jalan Menuju Raftel

Diperkenalkannya Road Poneglyph jadi salah satu poin terpenting dalam perjalanan Luffy untuk menjadi Raja Bajak Laut. Sebelumnya, perjalanan Robin mencari batu bersejarah itu seperti sedikit terpisah dari tujuan besar Luffy. Kini, keduanya berjalan beriringan, membuat Luffy sadar betapa penting untuknya mencari batu merah poneglyph ini. Juga dengan 2 Road Poneglyph ada di tangan Big Mam dan Kaido, ada alasan lain bagi Luffy untuk melawan mereka. Karena kini kedua Yonko tersebut benar-benar berada diantara Luffy dan gelar raja bajak laut. Info ini sekaligus menjawab pertanyaan lama mengapa tak ada bajak laut yang berhasil mencapai Raftel setelah Gol D. Roger dieksekusi.

Yang terpenting lainnya : Reverie yang akan segera berlangsung, Payback War

Kejutan Paling Mengejutkan: Raizo-dono, Baik-baik Saja!

Plot twist. Ini adalah kejutan yang tak bisa diduga oleh siapapun. Sepanjang cerita Zou kita diperlihatkan bagaimana para mink sampai berurai air mata ketika Jack menanyakan keberadaan Raizo. Siapa yang menyangka bahwa semua yang dilakukan oleh mink hanyalah sandiwara belaka. Tak ada yang menyangka bahwa munculnya samurai di negeri itu ternyata sudah ditunggu-tunggu oleh mereka. Tak ada pula yang mengira jika ras yang dikatakan membenci manusia tersebut ternyata berteman baik dengan keluarga samurai dari dulu kala. Ditambah dengan kesetiakawanan para mink yang luar biasa, kejutan ini benar-benar sempurna.

Yang mengejutkan lainnya : Rencana rahasia Purin, Kru raja bajak laut

Karakter Terbaik: Charlotte Purin

Tak perlu diragukan lagi, Purin benar-benar mencuri tahun ini. Dimulai dari desainnya yang super imut, terlihat baik hati ketika pertama bertemu Luffy, melemahkan hati para pria ketika menangis di depan Sanji, sampai mata 3 yang mengejutkan semua orang. Begitu menariknya karakter ini membuat fans terus membicarakannya sepanjang tahun, bagaimana kebaikan hatinya, bagaimana dirinya begitu mencurigakan, dan bagaimana ia menipu semua orang. Desain karakter wanita yang unik, kemampuan akting luar biasa, tujuan tersembunyi yang kita belum tahu apa, serta kemampuan buah setan yang tak biasa mampu menempatkan Purin menjadi karakter terbaik pilihanku tahun ini.

Yang terbaik lainnya : Vinsmoke Sanji, Tony Tony Chopper

Karakter Pendukung Terbaik: Pedro

Berawal dari misteri yang menyelimutinya di cerita Zou. Tak ada yang tahu apa peran yang akan ia emban kedepannya. Bahkan ada yang mengira ia adalah pengkhianat diantara suku mink. Sampai kemudian diceritakan tentang masa lalunya. Tentang impiannya mengumpulkan poneglyph, berlayar dan dianggap sebagai bajak laut, hubungannya dengan Pekoms dan Tamago, sampai kehancurannya di tangan Bajak Laut Big Mam yang membuatnya kehilangan 1 mata dan 50 tahun usia. Dengan gaya bertarung yang keren, latar belakang yang kuat, tekad yang begitu bulat, dan sifat yang memenangkan hati setiap orang, tak sedikit fans yang kini berharap ia jadi anggota kru selanjutnya.

Yang terbaik lainnya : Capone Bege, Vinsmoke Reiju

Kelompok Terbaik: Suku Mink

Oke, mungkin ini adalah salah satu kelompok terbaik sepanjang One Piece berjalan. Bayangkan, peradaban ras ini yang hanya ada satu di dunia, yang sudah berjalan ratusan bahkan mungkin ribuan tahun, bisa saja lenyap hanya karena mereka melindungi seorang teman, dan mereka dengan senang hati serta bangga untuk melakukannya! Lebih hebatnya lagi, tak ada satupun mink yang bergetar hatinya lalu berkhianat, tak ada pula dari mereka yang lari ketakutan maupun bersembunyi, menggambarkan betapa kuatnya keteguhan hati mereka semua. Kedua pemimpin, Nekomamushi dan Inuarashi wajib diacungi 4 jempol atas kepemimpinan mereka selama invasi yang dilakukan oleh Jack. Well played, Mink!

Yang terbaik lainnya: Keluarga Charlotte, Keluarga Vinsmoke

Pertarungan Terbaik: Zunisha vs Jack

Gajah vs gajah. Gajah purba vs Mammoth. Mungkin ini tak layak disebut pertarungan karena Jack kalah hanya dengan sekali sabetan belalai, mungkin lebih pas disebut pembantaian. Yang menjadikan ini berkesan adalah ketika Jack yang mengobrak-abrik punggung Zou, kemudian menembaki kaki gajah itu berharap ia akan tersungkur ke lautan dan membunuhnya, tapi kemudian kalah hanya dengan sekali serangan. Belum ditambah dengan fakta bahwa Jack adalah salah satu tangan kanan Yonko dan sejauh ini memiliki nilai buruan tertinggi yang sudah terungkap. Yang mengalahkannya adalah gajah tua berusia ribuan tahun dengan perintah dari Momonosuke, sekarang kalian bayangkan jika Momo bisa mengedalikan Zunisha sepenuhnya – mungkin Kaido tak akan pernah tidur dengan nyenyak lagi.

Yang terbaik lainnya : Tamago vs Pedro, Luffy vs Cracker

Misteri Paling Misterius: Apa Rencana Bege Sebenarnya?

Ini adalah pertanyaan terbesar di cerita Totland. Dengan semua kartu permainan yang bertemu satu sama lain, kartu Bege adalah satu yang belum dimainkan oleh Oda sejauh ini. Jadi, apa yang Bege rencanakan? Apa maksud dari perkataan Pekoms kepadanya? Berkhianat kepada Big Mam? Apakah ia sudah merencanakan ini dari awal? Siapa yang bekerja sama dengannya? Bagaimana ceritanya akan menyambung dengan konflik segitiga Big Mam – Vinsmoke – Topi Jerami? Apakah Bege akan menjadi pihak yang tertawa di akhir nanti? Banyak misteri yang menyelimuti pria ini, dan jika ada kejadian besar – anggota “Generasi Terburuk” selalu ada disana. Jangan kaget jika di akhir cerita Totland nanti ada Yonko baru dengan julukan “Gang”.

Misteri misterius lainnya : Bagaimana nasib Pasukan Revolusi, Apa sebenarnya rencana Purin

Jurus Paling Favorit: Raja Para Jiwa

Tak pernah ada yang mengira kekuatan Yomi-yomi akan berguna selain untuk mata-mata. Tak pernah juga ada yang menyangka kekuatan ini mampu digunakan untuk pertarungan. Namun ketika Brook dengan kerennya mengalahkan pasukan yonko seorang diri, semua mata terbelalak tak percaya. Soul king dengan kekuatan jiwanya yang luar biasa mampu mengalahkan para homies dengan jiwa palsu mereka, kekuatan raja para jiwa muncul sebagai antitesis kekuatan jiwa-jiwa milik Big Mam. Sekarang, ia jadi poin terpenting Topi Jerami dalam usahanya menyelamatkan Sanji atau mengalahkan Big Mam esok hari. Dan aku berharap, kita akan melihat jurus jiwa Brook yang lain di pertarungannya suatu hari nanti.

Yang terfavorit lainnya : Electrical Luna milik Carrot, Gomu gomu no Cannonball milik Luffy

Buah Iblis Favorit: Buku-buku Milik Mont d’Or

Kekuatan buah setan sangat bermacam-macam, batasnya mungkin hanya imajinasi Oda. Kita memang belum secara resmi diperkenalkan, tapi kekuatan buku milik Mont d’or benar-benar mencuri perhatian. Ia bisa memanipulasi buku sesuka hati. Menerbangkan buku dan membuat Mont d’or melayang? Cek. Membuka buku dan membuat dunia fantasi di bawahnya? Cek. Juga pasti masih banyak kemampuan yang belum diperlihatkan. Tapi yang paling menyita perhatian adalah kemampuannya membuat buku untuk ditempati makhluk hidup. Penjara yang biasanya membutuhkan lahan luas sekarang hanya sebesar perpustakaan, padahal di dalamnya berisi banyak sekali tahanan. Begitu pula dengan koleksi hidup hewan-hewan aneh Big Mam, juga dengan buku bertuliskan dinosaurus, monster, kita menjadi bertanya-tanya apa saja yang ada di perpustakaan sana. Sekarang kita hanya tinggal menunggu Mont d’or dikalahkan dan pingsan, membuat buku tersebut menghilang dan mengeluarkan segala isinya, menghadirkan kekacauan yang sesungguhnya ke negeri ini.

Yang terfavorit lainnya : cermin-cermin milik Brulee, jiwa-jiwa milik Big Mam

 

__

 

Ini adalah hal-hal terbaik dan favorit bagi diriku dalam setahun terakhir. Tentu saja akan berbeda dengan apa yang menurutmu terbaik, dan itu bukan masalah. Untuk itu aku ingin bertanya,

Hal apa yang menurut kalian menjadi yang terbaik dalam Manga One Piece selama tahun 2016?

 

One Piece: Yang Terbaik Dari Tahun 2016 oleh Oikgerd

Admin One Piece Fans Club Indonesia

 

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World