One Piece Chapter 827 : Negeri Dongeng

0

Negeri dongeng. Sebuah negeri dimana semua keajaiban bisa terjadi. Negeri dimana tinggal seorang putri cantik yang senang menyanyi dan menari. Dia selalu melakukannya setiap saat, diikuti oleh teman-temannya yang setia. Bukan manusia melainkan hewan, tumbuhan bahkan terkadang benda ‘mati’ yang menjadi temannya. Ya. Di negeri dongeng bukan hanya manusia yang bisa berbicara, menyanyi dan menari; hewan, tumbuhan bahkan perabotan di istana juga bisa melakukannya. Setidaknya begitulah yang kuketahui tentang negeri dongeng.

Namun yang kita lihat sekarang berbeda, bukan seorang putri cantik yang jadi bintangnya melainkan seorang Yonkou. Dia menyanyi dan menari  bersama teman-temannya: manusia, hewan, tumbuhan, makanan, perabotan rumah sampai rumahnya juga. Seakan belum cukup, bukit, awan, pelangi dan matahari pun ikut bernyanyi. Oke, ini sedikit aneh… dan hal-hal aneh di One Piece akan dihubungkan dengan buah iblis. Hehe.

Teori yang paling sering kubaca adalah buah iblis yang mempunyai kekuatan untuk ‘menghidupkan’ benda mati. Kapal, pintu, dan lain-lain disana awalnya adalah benda normal yang kemudian diberi ‘nyawa’. Tapi ada dua hal yang menganjal dipikiranku, pertama adalah karpet terbang yang dinaiki Pudding. Menghidupkan karpet bukan berarti membuatnya bisa terbangkan? Kalau hanya berjalan masih masuk akal bagiku. Lalu yang kedua… bagaimana caranya ‘menghidupkan’ matahari?

Sebenarnya kita sudah beberapa kali melihat hal aneh seperti ini, bahkan sebelum memasuki dunia baru. Di Thriller Bark ada pohon, lukisan/foto dan mayat hidup. Di Dressrosa ada mainan dan lukisan/gambar hidup. Seharusnya semua itu adalah benda mati, apakah semua itu ‘dihidupkan’ dengan buah iblis? Oke kita akan flashback sedikit.

Gekko Moria mendapatkan kekuatan ‘memberi kehidupan’ dari buah iblisnya kage kage no mi. Untuk melakukannya ada dua syarat: tubuh yang akan dihidupkan dan manusia yang masih hidup. Jika manusia pemilik bayangannya mati maka tubuh yang dihidupkannya akan kembali mati. Kekuatan Sugar jauh lebih licik lagi, dia hanya perlu menyentuh tubuh seseorang dan orang itu akan menjadi mainan. Kekuatan dari hobi hobi no mi bukan ‘memberi kehidupan’ melainkan hanya mengubah bentuk fisik saja. Tapi efek sampingnya sangat luar biasa, orang yang berubah menjadi mainan akan dilupakan bahkan oleh orang terdekatnya sekalipun. Kelemahannya adalah Sugar tidak boleh kehilangan kesadarannya, kecuali tidur tentu saja. Terakhir adalah Kanjuro, kekuatan yang kemungkinan besar berasal dari buah iblis ini mampu mengubah gambar menjadi objek nyata. Jika yang digambar adalah makhluk hidup maka dia akan benar-benar hidup dan memiliki kemampuan seperti aslinya. Namun gambar hidup tersebut akan kembali wujud asalnya jika misi yang diberikan sudah selesai.

Dari tiga kekuatan ‘menghidupkan’ di atas tidak semuanya benar-benar ‘menghidupkan’, hobi hobi no mi merubah bentuk korbannya dari makhluk hidup menjadi mainan hidup. Bukan menghidupkan mainan. Menurutku begitu juga yang terjadi di Whole Cake Island. Wujud asli dari matahari ala teletubbies ini bukan matahari sungguhan. Begitu juga dengan pohon, bunga dan sebagainya. Mereka sebenarnya adalah manusia!

Persamaannya dengan hobi hobi no mi tidak hanya sampai di situ. Saat seorang manusia dirubah menjadi mainan, maka alam bawah sadarnya akan ikut berubah. Dia akan selalu mencoba menghibur manusia apapun yang terjadi! Sedangkan di Whole Cake Island ini, manusianya diubah menjadi benda/objek di dalam dongeng. Itulah sebabnya kenapa mereka selalu menyanyi. Efek dari buah iblis telah mempengaruhi mereka! Ini juga menjelaskan kenapa karpet yang dinaiki Pudding bisa terbang, karena itu bukan sekedar karpet biasa melainkan permadani ajaib dalam dongeng! Lalu siapakah pengguna buah iblis ini? Apakah Big Mom sendiri atau salah satu kru kepercayaannya? Entah. Masih terlalu dini untuk menebak.

Di lain tempat, tanpa diduga Luffy cs malah lebih dulu bertemu dengan Lady Pudding. Bagaikan dewi penyelamat yang turun dari langit dia datang dengan menaiki Labiyan the Capet alias karpet terbang dan menyelesaikan masalah yang dibuat oleh Luffy. Ternyata dia adalah seorang gadis yang pemalu. Namun yang paling menarik perhatianku adalah lendir yang menempel di pundaknya, yang ternyata juga memiliki nama: Nitro the Jello. Makhluk itu tidak pernah mengeluarkan suara sama sekali, berbeda dengan si karpet yang terus menerus menyanyi “carpeet ..” ataupun benda aneh lainnya yang juga menyanyi. Jangan-jangan dia memang ‘berbeda’ dari yang lain.

Sedikit mengomentari reuni singkat Pedro. Tampaknya Mink yang mengenali Pedro sangat menghormatinya. Dia memanggil Pedro dengan gelar kapten! Pedro menyuruh mink itu agar tidak memberi tahu yang lainnya. Artinya masih ada beberapa mink lagi yang berada di daerah teritorial BigMom atau bahkan menjadi anak buahnya dan Pedro mengetahuinya. Aku belum bisa memprediksi lebih jauh. Sepertinya ini ada hubungannya dengan alasan dia diizinkan menemani Luffy oleh Master Neko: “Pekoms is with them and you are the only person that can keep him in line! Pekoms ada bersama mereka dan kamu adalah satu-satunya orang  yang dapat mengendalikannya!” (sumber: mangainn)

Tambahan: Cover story kali ini menampilkan Ivankov cs yang sedang melakukan persiapan. Well sebenarnya mereka hanya mencari posisi yan pas untuk menaruh vas bunga di meja XD. Apa yang sedang mereka persiapkan? Apakah lokasi rapat pemimpin Revolusioner pindah ke kerajaan Kamabakka?

Terimakasih telah membaca.

 

One Piece Chapter 827 : Negeri Dongeng by Aye Mohammad

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World