Not-So-Mini Review 802

0

Salam Suppa Nakama Semua! Not-So-Mini Review 802

New Arc is coming. Setelah Dressrosa berhasil ditutup secara sempurna, Zou tiba dengan membawa fenomena. Lupakan pulau kecil pasaran. Lupakan pula pulau di punggung kura-kura yang sering digunakan. Kali ini kita dihadapkan dengan peradaban kecil di atas pundak gajah raksasa! Betapa imajinatif hal ini bukan? Jika kita googling, ternyata memang terdapat pulau berbentuk gajah di beberapa tempat di dunia nyata yang terbentuk secara alami. Misal Elephant Rock di Heimaey, Iceland. Bukan hal yang mengagetkan, karena nyaris semua tempat di One Piece terinspirasi dari lokasi unik di dunia nyata. Dressrosa juga terinspirasi dari Park Guell, Barcelona, Spanyol. Loguetown dari Piazza Della Signoria, Italia. Drum Kingdom dari New Swanstone Castle, Jerman. Dan lain sebagainya.

Nenek Gambia yang Luar biasa

Maksudku.. begitulah. Kumpulan preman yang menjadi bajak laut bahkan tidak memiliki seorang navigator. Sosok pertama yang paling esensial perannya dalam sebuah pelayaran. Kata Gambia, mereka terbiasa meminta nasihat dari neneknya jika sedang dirundung masalah. Tapi ternyata yang diberi justru tutorial pekerjaan rumah tangga. Dari cara melepas lem menggunakan kantung es. Hingga menaburkan gula pada lebam. Yang kata Usopp sama sekali tidak berguna untuk sekarang. Memang.

Kizaru

Cukup dengan unsur komedi yang begitu kental dari Barto Club. Kita berpindah ke Markas Besar Marinir yang baru. Yang memang sejak chapter telah ditampakkan wujudnya. Huruf M khas punya McDonald. Haha. Entah butiran salju atau gelembung air yang tampak di latar, kita belum tahu banyak.

Kizaru muncul. Tak banyak berubah. Masih santai seperti dulu. Memotong kuku saja kerjaannya. Menariknya adalah laporan yang dia terima. Bajak Laut AO (salah satu eks 43 bajak laut aliansi Shirohige) dibantai. Menakjubkannya pembantaian itu dilakukan oleh satu orang. Hanya satu orang. Bersama dengan Bajak Laut AO, satu kota luluh lantak. 600 orang jadi korban dalam prosesnya. Siapa yang punya kuasa melakukan hal ekstrim semacam ini?

Weevil

Doflamingo tepat satu chapter sebelumnya merangkum monster-monster yang berpotensi menjadi Raja Samudera. 4 Yonkou. 5 Shichibukai (minus Law dan dirinya). 11 Generasi Terburuk (minus Kurohige). 4 Admiral Marinir (Satunya Fleet). Hingga 4 Pasukan Revolusi.

28 orang (dari miliaran penduduk dunia) khusus disebut Doflamingo peranannya paling vital di dunia. Paling berpartisipasi dalam Permainan Tahta yang akan segera dilakonkan. Menariknya adalah dari 28 orang tersebut, hanya 3 di antaranya yang belum ditampilkan. 1 Shichibukai, 1 Marinir (Ryokugyu) dan 1 Pasukan Revolusi (Bartholomrew Panda:cek reviewku sebelumnya. Hha).

Rupanya Oda tidak mau berlama-lama menyembunyikan karakter mayor seperti itu. Tepat seminggu setelahnya, orang ke 26 dimunculkan. Shichibukai ke 7 yang misterius. Yang rambutnya runcing serupa Shiki. Yang dikatakan di volume 1000 telah memotong tangan Zephyr 9 tahun silam. Yang dikatakan pula di situ dia bergabung setahun silam. Edward Weevil namanya. Ejaan Weevil sepertinya lebih akurat dari Weeble, karena Weevil adalah nama hewan. Sementara Weeble bukan. Tentu tidak lupa Hawk, Jinbe (paus hiu), Crocodile, Boa, Gecko, Bug, Tora (Harimau), Kuma (Beruang), Flamingo dan sekarang Weevil (kumbang). Pengecualian untuk si perusak pola Marshall D Teach.

Edward Weevil sendiri unik. Desainnya ga banget. Jelek bisa dikatakan. Untuk Shichibukai yang telah dinanti-nanti, penampilannya mungkin agak mengecewakan. Tapi begitulah Oda. Dia selalu berhasil membuat karakter dengan penampilan seadanya menjadi menarik dengan menonjolkan personalitas dan kekuatan karakternya. Weevil pun demikian. Karakter super polos seperti memiliki keterbelakangan mental, dewasa yang bertingkah seperti balita, bahkan cara berbicaranya pun masih terbata-bata. Sifat yang kemudian mudah dimanipulasi oleh orang lain. Miss Bucking mendampinginya sebagai ‘penjahat’ manipulatif yang mengendalikannya. Mengingatkan kita pada Majin Buu dan Babidi di Dragon Ball tentu saja.

Hubungan Miss Bucking dan Weevil ini menarik sekali untuk diamati dan dibahas. Karena kemungkinannya sangat banyak.

Mulai Berteori

Menurutku beginilah yang terjadi. Edward Weevil dulunya adalah bajak laut solo karir. Khas dengan tingkahnya yang polos dan lugu. Dia cukup lama berkarir di dunia bajak laut. 9 tahun silam dia berkonfrontasi dengan Zephyr dan memotong tangan kanannya, membantai armada pasukan Zephyr. Ketika itu harga buronannya tiba-tiba melonjak drastis. [Oke aku tahu Zephyr karakter movie. Tapi volume 1000 tidak bertentangan dengan cerita utama seperti halnya chapter 0. Jadi hal itu tetaplah sangat relevan untuk dijadikan acuan]

Dalam jeda waktu itu, dia hanya menggunakan nama Weevil saja. Karena memang itu nama aslinya. Selama beberapa tahun dilalui dengan begitu-begitu saja. Dia berlayar. Bertikai. Membantai. Dan seterusnya. Harga buronannya? Naik. Dia secara kekuatan memang seperti mini Shirohige. Itu dikatakan sendiri oleh Kizaru.

Kemudian semua berubah 1 tahun silam. Dia bertemu Miss Bucking. Nenek licik manipulatif. Karena Weevil orangnya lugu bukan main, dia ditipu mentah-mentah. Miss Bucking dengan drama sederhana mampu membuat Weevil terpedaya.

“Oh Weevil. Akhirnya kita bertemu juga. Wahai anakku yang telah lama kucari.”

Rencana licik Bucking tidak berhenti sampai situ. Dia merasa Weevil bisa dimanipulasi lebih jauh. Karena kebetulan Weevil punya kumis sabit putih, dan kebetulan Shirohige telah wafat, dia menjalankan skenarionya. Kalau Shirohige masih hidup sih kurasa tidak bakal ada yang berani tipu-tipu dengannya. Haha.

“Akulah ibumu. Dan ayahmu adalah Edward Newgate.”

Dimulailah sejak itu proklamasi kalau Weevil adalah anak kandung Newgate. Dan kebohongan kalau nama aslinya adalah Edward Weevil.

Bucking ini pula yang menyarankan Weevil untuk mendaftar sebagai Shichibukai. Dan Marinir tentu tak perlu pikir panjang menerimanya. Toh orang ini memang kuat. Apalagi sekarang ditambah embel-embel anak Shirohige. Persetan benar atau tidak.

Karenanya ketika mendiang Shirohige masih hidup, tak pernah terdengar berita tentang anaknya. Weevil memang masih belum dimanipulasi kala itu. Miss Bucking belum menjalankan skenarionya. Mereka berdua belum bersua.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah Miss Bucking benar-benar mantan kekasih Shirohige? Apakah dia benar-benar ibu Weevil?

Aku meragukan keduanya. Pertama tentang kekasih. Paling-paling juga, di masa lalu Bucking pernah bertemu dengan Newgate. Kemudian Newgate berbuat baik pada Bucking, yang disalahartikan sebagai cinta. Baper. Haha. Kita sering melihat Hancock salah mengartikan tingkah Luffy bukan? Bukan sesuatu yang aneh di dunia One Piece.

Apakah dia ibu kandung Weevil? Ini 50:50. Dia bisa saja sejak awal merupakan ibu kandung Weevil. Tapi baru mulai mengklaim kalau Weevil adalah anak Newgate setahun silam, setelah Newgate wafat. Karena sekali lagi kukatakan, terlalu riskan melakukan tipu-tipu terhadap Shirohige. Haha. Bisa pula dia ibu bohong-bohongan yang kebetulan bertemu Weevil setahun silam seperti kujabarkan di atas.

Bucking kembali menjadi kandidat Ibu Lola

Oke. Setelah Lola memberikan Vivre Card nya pada Nami, spekulasi tentang hal ini bermunculan tak kunjung henti. Setiap ada bajak laut ibu-ibu di Dunia Baru, pasti dikaitkan kepada Lola. Dari Big Mom, Elmy (aliansi Shirohige), ibu-ibu bertulisan LOVE di dahi (aliansi Shiki) hingga Jola. Dan memang kalau dicocoklogikan semuanya ada kemiripan dengan Lola. Apalagi Jola yang cuma beda huruf depan saja. Haha.

Kemudian Bucking muncul, orang-orang kembali menyamakan topi kecil hitam, poni hingga kepang khas dari Weevil. Oke. Emang mirip. Dan dari 4 kandidat awal, Bucking mungkin yang paling mirip dengan Lola.

Hanya saja, kalau memang Bucking adalah ibu Lola. Berarti dia sudah lama melalangbuana di dunia perbajaklautan. Dia cukul terkenal. Bisa juga dia super kuat. Sedangkan profil awal Bucking belum terlihat seperti itu. Dia hanya terlihat seperti nenek manipulatif yang jahat. Apakah yang begitu pantas disebut bajak laut terkenal di dunia baru? Sebelum kita tahu lebih lanjut tentang Bucking, aku belum mendukung teori dia adalah ibu lola.

ZOU

Next adalah Zou. Yang ternyata adalah gajah raksasa purbakala yang berjalan pelan. Saking besarnya, punggungnya sampai dijadikan peradaban oleh suku Minkmen yang tertutup. Kakinya cukup panjang untuk mencapai dasar samudera, memang tidak perlu diragukan untuk ukuran sebesar itu.

Kabut yang terus menyelimuti barangkali diakibatkan respirasi yang konstan dilakukan olehnya. Tentu bisa membayangkan berapa besar volume udara yang dihirup dan dihela gajah sebesar itu bukan? Cukup besar untuk mempengaruhi iklim di sekitarnya menjadi konstan berkabut. Sekaligus menjadikannya lokasi persembunyian alami. Selain itu arus tolak yang sangat kuat terjadi karena gajah yang menyeret kakinya sepanjang samudera. Menyulitkan kapal yang ingin mendekat.

Chapter 795

Kita bahas kembali chapter 795. Kusarankan kalian membaca bagian ini juga sambil membaca chapter 795. Ternyata Sanji dan kawan-kawan telah mencapai Zou terlebih dahulu. Pulau aneh yang mereka labuhi sangat besar kemungkinan adalah Zou! Pertama perhatikan di mana Thousand Sunny melempar sauh. Dalam bayang-bayang kabut bentuk kaki gajah terlihat. Entah bagaimana Sunny ditempatkan di sana, entah dikaitkan atau yang lain kita belum tahu. Bisa saja bagian kaki gajah yang telah ribuan tahun terendam di lautan telah tumbuh terumbu karang secara alami. Dan di sanalah jangkar Sunny dikaitkan.

Kemudian fenomena unik gunung erupsi air juga bisa dijelaskan. Itu adalah belalai gajah yang sedang menyemprotkan air! Kita tahu gajah punya kebiasaan menyemprotkan air ke punggungnya untuk mendinginkan suhu tubuh. Nah, ini menjelaskan fenomena di kala itu ketika air yang disemprotkan serta merta langsung menyurut. Karena air itu memang sebentar saja singgah untuk menyirami punggung Zou. Belum lagi tempat berpijak yang dikatakan Nami begitu keras untuk dilalui. Semakin mensahkan kenyataan kalau Nami dan yang lain telah mencapai Zou terlebih dahulu.

Dengan kata lain beginilah kronologis kejadiannya. Hari pertama Dressrosa, Kelompok Jerami Keriting berusaha keras kabur dari kejaran Armada Big Mom. Hari kedua (chapter 795) mereka secara ajaib mampu meloloskan diri. Dan hanya butuh waktu satu hari bagi mereka untuk mencapai Zou. Ingat,selain dilengkapi kapal suppa bernama Thousand Sunny, di atas kapal ada navigator level dewa Nami. Jadi perjalanan ke Zou ditempuh hanya dalam waktu sehari. Di sana mereka berdebat. Apakah menunggu dengan tenang di atas kapal, menunggu teman-teman lain juga tiba di Zou, atau meninggalkan Sunny dan menaiki punggung Zou. Hanya Caesar sepertinya yang tidak ingin menginjakkan kaki di pulau itu. Sementara yang lain memutuskan untuk mengeksplorasi. Bagaimana cara mereka naik ke atas punggung gajah? Untuk sementara paling masuk akal adalah dengan menggunakan kekuatan Caesar Clown yang bisa menjadi balon gas. Walaupun kali ini dia harus mengangkut 3 orang dewasa dan 2 anak kecil. Tapi kurasa Caesar terpaksa harus melakukannya.

Kemudian masalah terjadi. Seperti yang Brook katakan di kala itu. 3 orang teralihkan perhatiannya oleh seorang gadis misterius. Mereka terpisah menjadi dua tim. Nami-Brook-Momo dan Sanji-Caesar-Chopper. Tim pertama bertemu masalah. Lord Sheeps Head dengan pengikutnya yang sedang mengejar gadis misterius itu mengira Nami dan yang lain sebagai kompatriot. Mengejar mereka. Menanyakan di mana mereka menyembunyikan gadis misterius itu. Padahal mereka tidak tahu apa-apa. Mereka baru saja bertemu!

Barangkali dari mini denden mushi, Sanji mengetahui Nami dan yang lain sedang dikejar. Caesar kesal, karena mereka lagi-lagi terlibat masalah. Sisanya kalian tahu, Sanji menyelamatkan Nami dari kejaran anak buah Kaido bernama Lord Sheeps Head. Mereka berkumpul kembali. Tapi kemudian Chopper yang berada di hutan bawah berteriak, sepertinya telah menemukan sesuatu yang menarik.

Lord Sheeps Head

Ada beberapa catatan menarik yang bisa kita ambil dari adegan singkat di Pulau Zou chapter 795 tersebut. Pertama adalah tentang Lord Sheeps Head dan para pengikutnya. Sebelum kalimatnya terpotong karena semprotan belalai gajah, dia berkata seperti ini,

“Jawab! Kenapa kalian ke pulau ini? Ini adalah tempat spesial…”

Kalimatnya terpotong karena semprotan air Zou. Menurut kalian apa yang mau dikatakannya kala itu? Karena kita sepakat Lord Sheeps Head adalah anak buah Kaidou (berdasar codedress dan jolly roger-nya yang khas), apa sebenarnya yang mau dia katakan di kala itu? Apakah dia mau mengatakan kalimat yang familiar seperti “Ini adalah pulau spesial kesukaan Kaidou” ataukah semacamnya? Ketika itu aku berpikir demikian. Aku berasumsi pulau misterius itu salah satu teritori Kaidou. Tapi kemudian Law menjelaskan kalau Zou adalah pulau tertutup tempat Minkmen bermukim. Jadinya terasa janggal bukan? Menurutku yang sebenarnya terjadi adalah Kaidou berniat menjadikan Zou sebagai salah satu teritorinya. Tapi masih kesulitan melakukannya karena Zou yang konstan berpindah dan Minkmen yang sangat misterius keberadaannya. Tapi aku berhipotesa setidaknya ada markas cabang Bajak Laut Kaidou di Zou, untuk mengawasi Minkmen.

Bisa pula Kaidou ingin menjadikan Zou sebagai kendaraan perangnya. Ingat orang ini kayaknya punya kesukaan berlebihan terhadap binatang. Dia sedang membangun pasukan 500 binatang. Dia dijuluki Kaidou si binatang. Hyakujuu no Kaidou. Tidak mengherankan jika dia mengingikan binatang purbakala sebagai tunggangan bukan? Tidak mengherankan pula jika Kaidou ingin Minkmen menjadi anak buahnya bukan?

Samurai ke 4

Samurai ke-4? Kita tahu. Yang berangkat dari Negeri Wano ada 4 orang. Momo, Kinemon, Kanjurou dan orang ke-4 yang misterius. Mereka mengalami kapal karam, 3 mencapai Dressrosa, satunya menghilang di lautan. Juga di chapter yang sama, salah satu anak buah Lord Sheeps Head, Lady Cobra (untuk sementara sebut saja seperti itu-seenaknya menamai, haha) mengindikasikan kalau mereka sedang memburu seorang samurai. Bagaimana mereka berusaha menekan Nami dan yang lain terutama gadis misterius itu untuk memancing sang samurai keluar.

Nah. Dengan begitu cukup jelas apa yang terjadi. Ketika mengalami kapal karam, Samurai ke-4 alih-alih ikut terdampar ke Dressrosa, dia justru terdampar ke Zou. Barangkali dengan memanjat, dia mencapai punggung gajah. Di sana dia bertemu Suku Minkmen, yang ternyata menyambutnya dengan cukup baik. Merawatnya malah. Perempuan misterius dengan hidung kancil itu adalah salah satu Suku Minkmen yang dekat dengan Samurai ke-4. Entah darimana, Lord Sheeps Head mendengar tentang lokasi samurai ini. Berusaha mencarinya dengan memburu gadis kancil tersebut. Yang kemudian bertemu Nami dan kawan-kawan. Sisanya kalian tahu apa yang terjadi.

Minkmen?

Minkmen? Apa itu? Ada 3 makhluk misterius yang muncul di dunia One Piece. Kucing Hitam anak buah Basil Hawkins. Bepo (Beruang) dari Bajak laut Hati. Dan Pekoms (singa) dari Bajak Laut Big Mom. Mereka ini ras apa belum jelas. Tapi hipotesanya adalah mereka termasuk Ras Minkmen. Manusia berbulu. Jika Fishman (Manusia Ikan) dan Merman (Manusia Duyung) adalah hybrid dari manusia dan Subphyla Fish (Ikan) dari filum Chordata. Maka Minkmen (manusia bulu) adalah hybrid dari manusia dan Subphyla Mammals (Mamalia-Hewan Berdarah panas) yang memiliki ciri khas berbulu halus juga dari filum Chordata. Kita sudah lihat Hybrid manusia-kucing, manusia-beruang, manusia-singa yang kesemuanya adalah mamalia. Ditambah lagi si gadis kancil yang jika benar adalah hybrid manusia-kancil. Semakin menguatkan teori ini. Jadi kita akan melihat hybrid manusia-mamalia lainnya di arc ini!

Ini juga menjelaskan bagaimana Bepo dan kru Bajak Laut Hati yang lainnya memutuskan Zou untuk menjadi titik pertemuan setelah mengalahkan Dofamingo. Karena Bepo berasal dari sana! Dia tahu bagaimana cara mencapai Zou, dia mungkin juga memiliki banyak teman di sana. Kita tahu, Law memang mengatakan Bangsa Minkmen sangat tertutup. Tapi tidaklah janggal jika ada beberapa orang yang memutuskan untuk keluar pulau dan berpetualang seperti Bepo dan Pekoms.

Bagaimana cara Law dan yang lain mencapai punggung Zou? Sebenarnya Law adalah kuncinya. Dia bisa menteleportasi mereka semua ke atas. Untuk sementara itu masuk akal. Atau Kanjurou menggambar tangga. Atau Robin membuat tangga lengan. Hipotesa awal sembari menunggu metoda alami untuk naik ke atas punggung Zou yang sementara ini belum terpikirkan.

Apa selanjutnya?

Bersamaan dengan Arc baru, karakter-karakter baru akan bermunculan. Karena Weevil dan Bucking muncul di awal arc, sepertinya mereka akan berperan cukup besar di Arc ini. Mereka akan menjadi salah satu antagonis di arc ini. Sebelum akhirnya Luffy menyadarkan Weevil dari manipulasi (sihir) jahat Bucking dan menjadikannya teman yang bisa diandalkan. Kemunculan bajak laut Kaidou yang sudah dikodekan oleh kemunculah Lord Sheeps Head tidak terelakkan di arc ini. Mungkin konflik antara Minkmen dan Bajak laut Kaidou lah yang kali ini harus diselesaikan kelompok Topi Jerami dan kawan-kawan.

Seminggu. Waktu yang diperlukan oleh Bajak Laut tanpa navigator untuk mencapai pulau Zou yang di kala itu hanya berjarak satu hari. Haha. Memang Law mengatakan di chapter terbaru kalau Zou bergerak membelakangi mereka. Jadi jarak tempuhnya memang terus melebar beberapa hari terakhir, tapi ya tidak seminggu juga. Haha.

Salam Suppa!

 

Review dan Teori oleh : Tonyohoho

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World