Monster Ketiga dari Trio Monster Kelompok Topi Jerami

0

Dear nakama ….

Kupikir beginilah kiranya:

Kita kawin, beranak, dan beranjak tua

 

Sedangkan orang itu diperas dan dibelenggu waktu

Bacai bertumpuk buku

Tonton dan pelajari berbagai genre movie

Tak lain agar dapat suguhi kita bacaan yang bernutrisi tinggi begini

Sebab itu, cukup adil kiranya bila kita sisihkan pengeluaran kita untuk membeli komiknya, bukan?

 

Nakama, jika kita mengamati benar berbagai pola di One Piece, maka kita akan menemukan sebuah pola yang sering dimunculkan dalam cerita. Pola itu adalah pola trio. Hal ini sebenarnya sudah pernah disinggung oleh Min Ussopp a.k.a Maul dalam ulasannya. Tapi kali ini aku ingin fokus pada salah satu monster pada trio monster Kelompok Topi Jerami.

Istilah trio monster sebenarnya mulai lazim digunakan fans One Piece sejak 680 chapter yang lalu (chapter 162). Ketika Luffy, Zoro, dan Sanji menumbangkan monster kadal padang pasir dengan satu serangan combo. Nami berkata, “Mereka bertiga memang lebih kuat dari monster!” Dan benar saja, chapter-chapter selanjutnya hingga berakhirnya arc Fishman Island memang menunjukkan bahwa 3 orang ini adalah 3 petarung terunggul di Kelompok Topi Jerami, dengan kata lain 3 monster!

Tiga petarung terkuat Royal Sichibukai Sir Crocodile (Crocodile, Mr. 1, Mr.2) dikalahkan oleh trio monster ini. Lalu jangan lupakan pertarungan dengan Kelompok Bajak Laut Arlong meskipun ini terjadi sebelum Nami menyinggung soal trio monster. Arlong dihajar Luffy, Hacchi dikalahkan Zoro, dan Kuroobi dibuat KO oleh Sanji.

Yang paling kentara adalah ketika di arc Enies Lobby, dimana musuh-musuh yang dikalahkan trio monster memiliki tingkat kekuatan fisik (doriki) yang jauh di atas musuh-musuh lainnya di arc tersebut. Luffy mengalahkan Rob Lucci yang dorikinya mencapai 4000, Zoro mengalahkan Kaku yang berdoriki lebih dari 2200 (doriki yang diukur sesaat sebelum Kaku memakan buah iblis), dan Sanji mengalahkan Jyabura yang berdoriki 2180. Jika dibandingkan musuh-musuh yang dikalahkan oleh Nami (Khalifa: 630 D ++), Chopper (Kumadori: 810 D), dan Franky (Fukurou: 800 D), tentu dengan mudah kita simpulkan bahwa 3 musuh yang dihadapi trio Luffy-Zoro-Sanji adalah musuh yang jauh lebih kuat (secara fisik) dibanding yang lainnya.

Terjadinya time skip kedua di cerita One Piece (Time skip pertama sebenarnya sudah pernah terjadi di chapter 1. Time skip yang berlangsung selama 10 tahun) membuat kita menantikan perkembangan kekuatan Kelompok Topi Jerami, terutama trio monster. Kesannya luar biasa. Luffy dengan satu serangan mampu menghancurkan satu Pacifista, Zoro dan Sanji dengan satu serangan combonya mampu menghancurkan satu Pacifista. Kita berharap banyak, bahwa latihan mereka selama 2 tahun terakhir akan memuluskan pelayaran di New World. Tapi ternyata, ketika memasuki Arc Dressrosa kita jadi semakin sadar, bahwa New World memang lautan yang paling sulit untuk dilayari.

Di antara trio monster, sejauh ini perkembangan Zoro lah yang paling signifikan. Terbukti bahwa latihan di bawah asuhan Pendekar Pedang Terkuat di dunia memang sebuah takdir terbaik yang didapat oleh Zoro. Zoro bahkan mampu mengalahkan Hody Jones di dalam air (sebelum Hody Jones memakan Energy Streroid—chapter 618). Hyozo sama sekali tak merepotkan Zoro pada pertarungan Gyoncorde Plaza. Pun halnya dengan Monet di Punk Hazard. Pica si Sorprano yang cukup merepotkan Zoro dengan gaya bertarungnya yang menyerang-pergi-menyerang-pergi. Terbukti, ketika berhadapan one by one dengan Zoro, Pica bahkan tak mampu menggoreskan satu luka pun pada tubuh Zoro. Bahkan di sebuah scene singkat, ketika Fujitora menyerang Zoro dengan penjara gravitasinya, Zoro mampu keluar dengan brutal dan menyerang balik.

Bukan hanya soal otot, Zoro juga berkembang dalam hal pemanfaatan otak (lol). Ada 2 rencana brilian Zoro yang berhasil terwujud. Yang pertama tentang lift untuk menaiki pintu rahasia yang menghantarkan Luffy, Zoro, Violet, dan Kinemon ke lantai atas istana (chapter 735). Yang kedua saat Zoro mencapai Pica yang akan menyerang Raja Riku. Berkat taktik no.5 Zoro, yang merupakan kerjasama dengan Admiral Orlombus dan King Elizabello, Raja Riku dkk berhasil terselamatkan (chapter 778).

Perkembangan Luffy juga terbilang pesat. Dengan kontrol 3 warna haki yang semakin baik, Luffy menjadi soseorang yang sangat bisa diandalkan. Noah yang sebesar separuh dari pulau manusia ikan (yang berpenduduk > 5 juta jiwa : chapter 624) nyaris saja hancur jika para Sea King tidak muncul. Jangan lupakan bagaimana Luffy dengan satu hentakan Haoshoku hakinya mampu membuat 50.000 pasukan Hody pinsan. Pun halnya dengan King Kong Gun yang berdaya rusak luar biasa. Kalian bisa melihatnya di ch.790. Dan yang terakhir tentu saja tentang bagaimana kondisi kenyang pun bisa menjadi senjata ampuh yang dapat mengalahkan seorang tangan kanan Yonko. Tankman Full Version! Satu serangan dalam mode ini menuntaskan pertarungan panjang Luffy-Nami vs Charlotte Cracker.

Lalu bagaimana dengan Sanji? Oke, sebagai fans Sanji, aku sendiri harus berbesar hati menerima kenyataan bahwa kadar kemonsteran Sanji masih jauh di bawah 2 monster di atas jika berdasarkan scene-scene yang ditampilkan sampai sejauh ini. Sanji memang berkembang jauh dibandingkan dua tahun silam, tapi perkembangannya lebih kepada kemampuan yang sangat berguna, dibandingkan serangan serangan berdaya rusak tinggi.
Sky Walk dan Blue Walk memang kemampuan yang sangat-sangat berguna, tapi yang namanya monster tidak absah jika tidak memiliki serangan yang berdaya hancur tinggi bukan?

Menilik soal daya hancur serangan, Sanji terlihat masih berada di bawah Franky. Lihatlah bagaimana Radical Beam Franky mampu menghancurkan pintu baja tebal ruangan tempat mereka dikurung, yang sebelumnya tidak mampu dihancurkan Sanji (chapter 657). Lalu adegan dimana kaki Sanji retak ketika beradu tendangan dengan Vergo (chapter 681). Memang jika menganalisa pertarungan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Sanji hanya lengah sesaat sebelum benturan itu terjadi, karena mungkin tidak menggunakan busho. Terbukti pada benturan-benturan selanjutnya (dengan kaki yang lain), keadaan seimbang. Tapi tetap saja, sebagai petarung yang mengandalkan kaki, retaknya kaki sanji karena beradu tendangan dengan Vergo menunjukkan bahwa kemonsteran Sanji perlu ditinjau ulang.

Maksudku ditinjau ulang bukan berarti bahwa Sanji tersingkir dari posisi trio monster. Kupikir, Sanji memang butuh peningkatan level lagi agar bisa masuk ke dalam trio monster kembali. Apalagi jika next nakama adalah Jinbei. Dari percakapan Jinbei dan anggota Bajak Laut Matahari (chapter 830), bisa disimpulkan bahwa hanya tinggal selangkah lagi Jinbei akan bergabung dengan Kelompok Topi Jerami.

Sebelumnya aku pernah membahas soal next nakama, bahwa setiap ada seorang kru yang meninggalkan kelompok karena alasan pribadinya, selalu ada nakama baru. Nami meninggalkan kelompok, Sanji bergabung. Robin meninggalkan kelompok, Franky bergabung. Dan orang-orang yang membantu menyelesaikan urusan pribadi si anggota yang meninggalkan kelompok, biasanya menjadi next nakama.

Sanji dengan masalahnya soal Germa 66 pada arc Whole Cake Island (WCI), dan Jinbei yang sejak awal sudah berada di WCI tentu akan terlibat dalam penyelesaian masalah Sanji ini. Karena itu, jika Jinbei bergabung, posisi Sanji sebagai trio monster Kelompok Topi Jerami akan terancam jika tidak adanya power up Sanji. Oleh karena itu, aku akan membahas soal ini lebih detail lagi.

Dua tahun yang lalu, Kuma men-teleport Sanji ke Kamabaka Kingdom. Kerajaan dimana pisang berasa melon (IYKWIM), kerajaan yang memiliki 99 resep makanan yang luar biasa. Dikatakan bahwa dengan makanan kita dapat membentuk tubuh, dengan mengatur nutrisi makanan kita dapat meningkatkan kemampuan molekul-molekul tubuh. Jika diibaratkan sebelum tiba di Kamabaka Kingdom Sanji adalah seorang sarjana gizi, maka setelah keluar dari Kamabaka Sanji sudah selayaknya seorang magister. Terbukti, hanya dalam waktu satu hari, kaki yang retak bekas pertarungan dengan Vergo sudah dapat digunakan untuk menyerang Doflamingo. Bisa dilihat, bagaimana resep makanan mempercepat proses penyembuhan bekerja pada Sanji.

Pada chapter 840, Yonji mengatakan bahwa Germa 66 dikenal juga sebagai kerajaan sains. Sebelum kelima “ji” bersaudara lahir, Vinsmoke Judge bersama Vega Punk terlibat dalam sebuah penelitian ilegal. Mereka menemukan faktor garis keturunan, sesuatu yang menjadi blue print penciptaan makhluk hidup.

Dengan melihat gambar penjelasan Yonji pada chapter 840 tersebut, maka dapat dipastikan bahwa blue print yang dimaksud Yonji adalah DNA (Deoksiribo Nucleic Acid) pada dunia nyata.

Perhatikan gambar 1. Kalian bisa melihat DNA yang sebentuk tangga heliks dimana anak tangganya berbeda-beda warna. Ada yang hitam-putih, putih-putih, putih-hitam. Dalam biologi, anak tangga itu dikenal sebagai pasangan basa purin dan basa primidin. Basa purin terdiri atas Adenin (A) dan Guanin (G), basa primidin terdiri atas Timin (T) dan Citosin (C). Adenin akan selalu berpasangan dengan Timin, Guanin akan selalu berpasangan dengan Citosin.

Pasangan basa purin dan primidin itulah yang menjadi blue print dari makhluk hidup. Dikatakan bahwa dalam satu DNA terdapat 1.5 milyar pasang basa purin-primidin, artinya terdapat 1.5 milyar baris anak tangga. Simpanse juga memiliki struktur DNA yang mirip dengan manusia. Dari 1.5 milyar baris pasangan basa purin-primidin tersebut, 98% DNA manusia identik dengan simpanse, artinya terdapat 1.47 milyar baris pasangan basa kita yang sama persis dengan pasangan basa pada DNA simpanse. DNA manusia satu dengan manusia lainnya hanya berbeda 0.2%. Antara Ucok Baba dan Undertaker hanya berbeda 3 juta pasang basa purin-primidin, 1.497 milyarnya sama.

Susunan basa purin-primidin inilah yang mengatur seberapa keras tulang kita, seberapa elsatis otot kita, atau seberapa cerah pupil mata kita. Kelima “ji” bersaudara diotak-atik susunan basa purin-primidinnya agar menjadi manusia yang unggul. Bagaimana mereka memiliki tulang yang sedemikian keras sejak kecil, bagaimana mereka memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dan mungkin kemampuan Reiji menyerap dan kebal terhadap racun adalah berkat otak-atik pasangan basa purin-primidinnya, bukan karena buah iblis atau teknologi.

Dalam beberapa chapter belakangan dapat disimpulkan bahwa keempat saudara Sanji memiliki struktur tulang yang sangat keras. Dan melihat alat-alat germa 66 selama ini, mereka begitu mengandalkan listrik. Dari pertarungan singkat Niji dan Sanji di chapter 840 terlihat bahwa Niji mampu mengeluarkan listrik tanpa bantuan teknologi. Maka dapat disimpulkan bahwa selain memiliki tulang yang keras, keempat saudara Sanji juga mampu mengeluarkan listrik.

Kalian tahu belut listrik? Belut listrik adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan listrik berkat struktur tubuh alaminya. Pada ekor belut listrik terdapat lempengan kecil baterai yang bersusun sangat banyak. Tiap lempeng tersebut bersusun secara seri sehingga mampu menghasilkan listrik dengan tegangan sebesar 600 volt. Prinsip kerjanya seperti itu. Kode genetik kelima “ji” bersaudara disusun sedemikian rupa agar menumbuhkan lempengan-lempengan kecil baterai pada tubuh mereka agar mampu menghasilkan listrik.

Jadi, pada dasarnya, tubuh Sanji juga sama seperti keempat saudara yang lainnya, hanya saja, pertumbuhan tulang yang keras, pertumbuhan sel-sel baterai, dan komponen-komponenlainnya pada tubuh Sanji tidak berjalan seperti semestinya.

Seperti yang telah kukatakan di atas, dua tahun lalu, Sanji terdampar di pulau dengan 99 resep makanan yang begitu ajaib. Makanan mampu meningkatkan pertumbuhan tubuh, asalkan tahu kecocokannya. Jika ingin memiliki tulang yang kuat, susu adalah konsumsi terbaik. Jika ingin meningkatkan masa otot, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi adalah solusinya.

Salah satu ilmuan di Germa 66 mengatakan kepada Judge bahwa pertumbuhan Sanji berjalan seperti manusia normal lainnya (chapter 840). Hal itu disebabkan karena bagian-bagian yang menyebabkan keempat saudara Sanji menjadi manusia super tidak tumbuh seperti seharusnya pada tubuh Sanji. Dengan 99 resep ajaib yang dikuasai Sanji, maka pertumbuhan bagian-bagian tersebut dapat tumbuh seperti seharusnya. Maka kedepannya, Sanji akan memiliki tulang yang sangat kuat dan bahkan mampu menghasilkan listrik. Tidak akan ada lagi tulang yang retak ketika Sanji beradu tendangan dengan musuh kuat, seperti ketika Sanji berhadapan dengan Vergo.

Lalu bagaimana listrik yang akan dihasilkan Sanji nantinya?

Jika berbicara tentang kelistrikan, maka tidak sopan kiranya jika kita tak menyinggung seorang Nikola Tesla. Begitu banyak temuannya yang digunakan hingga saat ini. Ada sebuah senjata listrik yang rumornya telah disempurnakan oleh Tesla. Senjata itu bernama Tesla Death Ray. Sebuah senjata yang memiliki daya hancur tinggi. Senjata yang mampu melemparkan partikel beam dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Dikatakan bahwa senjata tersebut mampu menghancurkan 10 ribu pesawat musuh dari jarak 250 mil. Untuk melontarkan partikel beam ini dibutuhkan sumber listrik bertegangan luar biasa tinggi.

Jika kalian tahu tentang piezoelktrik, kalian akan memahami bagaimana beda potensial listrik dapat ditingkatkan dengan memberikan tekanan pada sumber listrik.

Nah, beginilah yang akan terjadi pada Sanji:

Pertama-tama, Sanji akan meningkatkan pertumbuhan bagian-bagian yang menyebabkan ia bisa seperti saudara-saudaranya (menghasilkan listrik dan bertulang keras), dengan mengkonsumsi beberapa resep ajaib yang dikuasainya di Kamabakka Kingdom.

Selanjutnya, ia akan meningkatkan potensial listrik di kakinya dengan cara melakukan gerakan yang cepat. Sama seperti ketika ia menghasilkan Diable Jambe. Gerakan yang cepat akan menghasilkan tekanan yang besar. Seperti prinsip piezoelektrik, tekanan pada sumber listrik akan menghasilkan beda potensial yang besar.

Setelah memiliki beda potensial yang besar di kakinya, Sanji dapat melemparkan partikel-partikel di sekitarnya kepada musuh. Itu akan menyebabkan ledakan yang besar. Maka daya hancur serangan Sanji tidak akan kalah lagi dengan serangan Franky.

Menurutku begitulah power up yang akan terjadi pada Sanji pada arc ini. Monster ketiga dari Trio Monster Kelompok Topi Jerami akan kembali ke tahtanya!

 

Monster Ketiga dari Trio Monster Kelompok Topi Jerami oleh Sanji

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World