Mengulas Roronoa Zoro Sang Wakil Kapten Straw Hat Pirate

0

Zoro kecil adalah seorang murid dari perguruan kendo milik ayah Kuina, Koushiro. Zoro ketika masih kecil menggunakan dua pedang dan sangat terlatih. Dia bahkan bisa mengalahkan orang dewasa. Satu-satunya orang yang tidak bisa dikalahkan Zoro adalah Kuina, anak gadis sang guru. Zoro dikalahkan Kuina sampai 2000 kali, sampai pada akhirnya Zoro menantang Kuina untuk bertanding dengan pedang sungguhan. Zoro kemudian kalah lagi dan menangis.

Setelah itu Kuina memberitahu Zoro kalau pada akhirnya wanita-lah yang akan lemah pada saat mereka menjadi dewasa, kelak dia akan dikalahkan Zoro. Kemudian Zoro kembali berkata pada Kuina kalau dia tidak boleh bicara seperti itu dan berjanji agar terus bertanding sampai siapa di antara mereka berdua yang menjadi pendekar pedang terkuat.

Esok paginya, Kuina meninggal karena jatuh dari tangga rumahnya. Zoro marah dan menganggap kalau Kuina ingin mengingkari perjanjian tersebut. Pada akhirnya Zoro menangis sambil meminta pedang milik Kuina dan berjanji untuk meneruskan cita-citanya. Pedang milik Kuina adalah yang ada di mulutnya, Wadou Ichimonji, termasuk 21 pedang tertajam di dunia.

Ketika beranjak dewasa Zoro mulai meninggalkan tempat tinggalnya dan mencari orang yang dikabarkan sebagai pendekar pedang terhebat di dunia, Juraquille Mihawk salah seorang anggota Shichibukai dan seorang anak muda yang memiliki pedang Api dan Es yang bernama “Kyu”. Kyu adalah seorang anak muda yang memimpin salah satu organisasi Jepang yaitu Harajuku (dalam cerita ini Harajuku adalah organisasi Style Pedang).

Kyu mempunyai dua pedang yang luar biasa. Pedang yang memotong pohon setan api (suna-suna) dan pohon setang Es (hie-hie). Hingga kedua pedangnya itu menjadi Api dan Es. Kekuatan kedua pedang ini anehnya lagi bisa menyatuh ke tubuh penggunanya tapi dengan tidak bersamaan dengan kata lain bila penggunanya mengeluarkan pedang api, maka penggunanya akan menjadi api juga. Tapi dalam cerita One Piece Kyu belum pernah terlihat karena Kyu bukanlah seorang Pemerintah ataupun Bajak Laut.

Zoro mengarungi lautan dan untuk bertahan hidup, dia memperoleh uang dari hasil memburu bajak laut yang berada di daftar buruan pemerintah. Pada saat inilah Zoro bertemu dua orang pemburu hadiah kecil bernama Johnny dan Yosaku. Mereka bekerjasama dengan Zoro sebentar. Nama Zoro juga menyebar sampai ke telinga Baroque Works dan mereka mengirim agen (Mr.7) untuk meminta agar Zoro bergabung. Zoro setuju untuk bergabung asalkan ia dijadikan sebagai pimpinan Baroque Works, namun Mr. 7 menolak sehingga terjadi pertempuran antara keduanya yang kemudian dimenangkan oleh Zoro.

Zoro kemudian ditangkap angkatan laut karena membunuh serigala milik Helmeppo (Soro), putra kapten Angkatan Laut Morgan. Nama Zoro sang pemburu perompak sangat terkenal di East Blue, bajak laut besar mengenalinya seperti Buggy, Arlong dan Krieg.

Zoro si Bajak Laut

Zoro diselamatkan oleh Luffy ketika akan dieksekusi oleh Morgan. Zoro akhirnya bergabung dengan Luffy yang semenjak pertama memaksa Zoro agar bergabung. Zoro adalah andalan kedua keompok bajak laut topi jerami setelah Luffy. Zoro berkedudukan sebagai pendekar pedang. Berkat bergabung dengan Luffy, Zoro akhirnya bisa menemukan Mihawk dan bertarung dengannya meskipun kalah. Sebagai bajak laut, Zoro masuk daftar buruan dengan harga 60 juta berry karena telah mengalahkan Dazz Bones si pembunuh besar dan 100 orang pemburu hadiah di pulau kaktus Whiskey Peak.

Kisah penyelamatan Robin

Setelah berhasil mengalahkan Kapten T-Bone di Puffing Tom, bersama anggota lain, dia menuju Enies Lobby. Ketika memasuki Enies Lobby, Zoro bertarung dengan para penjaga sampai akhirnya tugas itu diserahkan pada Pauly dan anggota Galley-LA lain. Di Gedung Pengadilan, dia menghabisi seluruh penjaga dan tersesat di situ (pada akhirnya dia berhasil pergi ke atap) dan berkumpul bersama anggota lain.

Setelah mendengar permintaan dari Robin, Zoro menjadi semangat untuk bertarung dan memasang wajah seram, setelah sampai di Menara Pengadilan, Zoro berhadapan dengan Kaku. Zoro menggunakan beberapa jurus baru dan kewalahan menghadapi wujud Jerapah Kaku, pada akhirnya, Zoro mengeluarkan sosok “Iblis” dalam jiwanya, dan menggunakan jurus Asura dan berhasil mengalahkan Kaku.

Zoro dan Sanji menyaksikan pembebasan Nico Robin dan permulaan dari Buster Call dari Menara kemudian beserta Usopp, mereka lari ke jalan bawah laut untuk menemui sisa anggota mereka, tetapi di tengah jalan, air menyerbu jalan itu dan mereka tenggelam.

Setelah diselamatkan oleh Nenek Kokoro, Zoro menolak untuk membantu Luffy bertarung melawan Lucci, dan memilih untuk menunggunya selesai bertarung di kapal evakuasi. Dia dan yang lain kemudian bertarung melawan 200 Kapten dari angkatan laut. Di sini Zoro bertarung melawan Shuu yang memiliki kekuatan buah iblis Sabi Sabi yang mengkaratkan senjata Zoro Yubashiri. Setelah Luffy berhasil menang, mereka berusaha untuk kabur dari Enies Lobby dengan Going Merry yang tiba-tiba muncul. Zoro dan yang lain kini sedang menyaksikan upacara pemakaman Going Merry, di sini dia tidak berkomentar apa-apa walaupun Usopp yang disampingnya sedang menangis. Setelah kejadian di Enies Lobby nilai buruan Zoro meningkat drastis menjadi 120 juta berry.

Di Thriller Bark, Zoro mengalahkan Ryuuma (zombie samurai legendaris yang diciptakan Moria) dan merebut pedang Shuushui sebagai pengganti pedang Yubashiri yang patah. Zoro membantu rekan-rekannya menundukkan Oz. Setelah Oz dan Moria tunduk, kemudian muncul Shichibukai lain yaitu Bartholomew Kuma. Zoro menantang Kuma demi melindungi Luffy dan rekan lainnya. Kuma kemudian memindahkan seluruh luka dan rasa lelah Luffy pada tubuh Zoro sehingga Zoro terluka paling parah di antara anggota Kelompok Topi Jerami lainnya.

Di Kepulauan Shabaody, Zoro diteleportasi oleh Kuma ke pulau Kuraigana.

Belajar kepada Mihawk

Pulau Kuragaina merupakan reruntuhan kerajaan Shikkeru. Dahulu di kerajaan ini terjadi perang saudara yang sangat menakutkan. Di pulau ini juga terdapat sejenis babun yang mampu meniru perilaku manusia. Babun ini mampu meniru perilaku penduduk Shikkeru yang pandai memainkan pedang, akibatnya babun ini pun menjadi ahli pedang. Zoro pun diserang kawanan babun ini. Selain itu pulau ini juga merupakan kediaman pribadi Mihawk. Mihawk kemudian memberi perahu pada Zoro untuk berlayar kembali ke Pulau Shabaody tapi perahu itu dirusak oleh para babun.

Zoro yang terluka parah kemudian meminta Mihawk untuk mengajarinya bermain pedang karena mengira kekutannya belum sebanding dengan Mihawk walaupun berhasil mengalahkan para babun. Mihawk yang kemudian mengajari Zoro bermain pedang yang lebih baik. 2 tahun kemudian Zoro kembali ke Shabaudy Archipelago. Di sana Zoro memperlihatkan kekuatannya selama latihan dengan Mihawk dengan membelah sebuah kapal galeon dengan sekali tebasan.

Keahlian dan Kekuatan

Zoro adalah pendekar pedang yang berbakat. Ia dapat menggunakan satu, dua, atau tiga pedang dengan cekatan. Karena dia tidak punya “tangan ketiga”, Zoro menggunakan mulut untuk membawa pedang ketiganya. Membuatnya menciptakan seni berpedangnya sendiri, Santoryuu (seni tiga pedang). Zoro punya kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. Terlihat seperti di cerita dia dapat membelah gerbong kereta api, mengangkat bongkahan batu besar dan meletakkan di kedua tangannya atau mengangkat tubuh Dalton. Zoro juga punya stamina yang sangat abnormal, dalam setiap pertempuran. Zoro yang kehilangan terlalu banyak darah dan masih sanggup bertempur dalam waktu yang lama. Mungkin ini disebabkan oleh kutukan pedang Zoro Sandai Kitetsu.

Pedang

Sepanjang petualangan hidupnya, Zoro telah memperoleh banyak pedang. Tiga pedang yang saat ini ia gunakan adalah :

  • Wadou Ichimonji (sebelumnya dimiliki oleh Kuina)
  • Sandai Kitetsu (sebelumnya dimiliki oleh Ippon-Matsu)
  • Shuushui (sebelumnya dimiliki oleh Ryuuma.

Dalam situasi tertentu, Zoro diharuskan untuk menggunakan pedang apapun yang ada (baik berupa pinjaman maupun improvisasi dari pedang yang sudah ada), sehingga untuk beberapa alasan tertentu pula, pedang yang ia gunakan seringkali dihancurkan, terlepas kepemilikannya, ataupun rusak karena beberapa alasan. Berikut ini merupakan pedang-pedang yang pernah Zoro gunakan sebelumnya :

  • 2 katana (kedua-duanya dihancurkan oleh Dracule Mihawk saat berada di Baratie).
  • Pedang Yosaku dan Johnny (dikembalikan setelah selesai bertarung melawan Kuroobi di Arlong Park)
  • Hana Arashi (merupakan improvisasi dari pedang Yubashiri yang dikombinasikan dengan Sogeking yang terikat bersama Zoro, berhenti digunakan saat Sogeking terlepas dari Zoro).
  • Yubashiri (sebelumnya dimiliki oleh Ippon-Matsu, dikaratkan di Enies Lobby oleh Shuu, kini beristirahat dengan tenang di Thriller Bark)
  • 2 pedang Angkatan Laut (yang pertama dikaratkan oleh Shuu, sedangkan yang kedua ditinggalkan begitu saja setalah selesai bertarung di Enies Lobby).

Jurus

Ilmu berpedang santoryuu adalah ilmu berpedang menggunakan tiga pedang, ciri khas Zoro

  • Tora Gari (pemburu harimau) Zoro memegang pedangnya sejajar dengan mulut dan mengayunkannya kebawah. Digunakan pertama kali ketika melawan kucing bersaudara, Buchi dan Sham.
  • Oni Giri (pembasmi iblis) Zoro menyilangkan dua pedang di depan dadanya dan bergerak maju dengan cepat. Pedang yang dimulut yang akan memberi kerusakan besar. Oni Giri jika dibaca bersamaan menjadi onigiri yaitu nasi kepal ciri khas Jepang. Digunakan pertama kali melawan Cabaji.
  • Nigori Zake (tikaman kekuatan 2 lengan) Zoro mengencangkan otot lengannya dan dengan kekuatan luar biasa melepaskan dorongan keras. Digunakan saat melawan Kaku dari CP9.
  • Enbima Yonezu Onigiri (Tebasan Iblis Cantik). Sama seperti Oni Giri, tapi saat Zoro menggunakan jurus ini, pedangnya seperti berkelok-kelok, dan menciptakan bayangan iblis di sekitarnya. Efek dari bengkoknya pedang yaitu kerusakan yang lebih besar terhadap musuh dan jangkauan serangnya lebih luas.
  • Tourou Nagashi (Darah Serigala). Sebuah serangan balik. Zoro memutarkan badannya untuk menghindari serangan. Kemudian dua pedang yang memblokir menerjang setelah zoro maju kedepan. Jurus ini menjadi salah satu special move Zoro dalam video game. Digunakan pertama melawan Hachi.
  • Tatsu Maki (putaran angin naga). Zoro berputar dengan pedangnya mengakibatkan angin keluar ke atas seperti naga. Pertama digunakan melawan Hachi. Luka yang diakibatkan tidak dalam kecuali jika korban serangan bergerak.
Mengulas Roronoa Zoro Sang Wakil Kapten Straw Hat Pirate
By Robin. Admin One Piece Heart

 

 

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World