Cuap Cuap One Piece Chapter 833 – 834

0

SALAM SUPPA NAKAMA SEMUA!

Chapter 833 tidak banyak memberi info. Isinya penuh aksi minim esensi. Flashback pun hanya sepotong tanpa banyak memberikan pembaca apa-apa. Di pertarungan ini kita lihat kehebatan Judge bersamaan dengan kehebatan Sanji. Ya. Seperti kesan pertama kemunculannya yang memiliki desain biasa saja, Judge ternyata ‘lagi-lagi’ masih belum mengesankan ketika sedang berkelahi. Memang, sparing macam ini tidak bisa menjadi tolak ukur kekuatan penuh kedua belah pihak. Tapi setidaknya kita sudah memiliki beberapa bayangan tentang itu.

Yeah. Kita harus ingat, di aksi pertamanya Shanks dan Shirohige mampu membelah langit. Begitu pula Rayleigh yang mampu melepas borgol tenryuubito dengan tangan kosong dan melepaskan ledakan haoh. Aksi Judge tidak terlalu mengesankan. Ataukah Sanji sebagai lawan yang memang terlalu kuat?

Padahal Sanji after timeskip selalu menjadi bulan-bulanan. Kakinya retak karena tendangan keras Vergo, kemudian dia hampir tewas oleh Doflamingo jika Law tidak menginterupsi. Dia ‘belum’ mengesankan sejauh ini. Jauh dari Zoro yang menunjukkan ke-badass-an kepada semua lawannya setelah timeskip. Apakah ini cara Oda untuk mengatakan kepada kita bahwa Sanji belum cukup kuat? Sanji perlu power-up yang tiba-tiba di Arc ini? Mungkin. Teoriku seperti itu. Silahkan baca lebih lanjut.

Kecurigaan pertamaku adalah tentang Wine Steel (Liquiore) atau Baja Anggur yang disebutkan Koala di Chapter 803. Chapter itu adalah chapter pembuka Arc Zou. Kenapa Oda sengaja menyebutkan kata Wine Steel di situ? Logam khusus yang hanya ditambang di beberapa tempat itu cukup spesial. Entah karena apa, yang kita belum cukup tahu apa alasannya. Kembali ke pertanyaan awal, kenapa Oda (melalui Koala) menyebut Wine Steel di awal Arc Zou? Apakah baja ini kemudian akan penting ceritanya di dalam Arc Zou? Ternyata tidak. Sekali diucap Koala, Wine Steel terlupakan. Tidak lagi disebut-sebut di sisa Arc.

Tapi di Arc yang sama, tepatnya chapter 812, Oda ternyata memperkenalkan kita kepada Keluarga Pembunuh dengan nama yang memiliki korelasi nyata, VINsmoke. Sudah banyak yang tahu bukan, kalau VIN adalah bahasa perancis untuk WINE? Wow. Cocoklogi sekali bukan? Vin Steel, Vin Smoke, diperkenalkan di Arc yang sama. Mesti ada hubungannya. Karena kita sedang membicarakan seorang Eichiro Oda di sini.

Jadi? Apa hubungannya? Chapter 833 membuatku berteori seperti ini. Bagaimana kalau Baja Anggur adalah Adamantium versi One Piece? Tahu Adamantium? Logam terkuat di Marvel Universe. Kalau kalian menonton X Men, kalian tahu kalau Adamantium diinjeksikan ke tubuh Wolverine, membuat seluruh tulangnya terlapisi oleh logam terkuat. Cakar adamantium legendarisnya pun karena hal itu. Yang mau kukatakan adalah bagaimana kalau dengan teknologi mereka yang cukup maju, Wine Steel telah diinjeksikan ke tubuh anak-anak Vinsmoke, menyebabkan seluruh tulang mereka dilapisi atau digabung dengan logam tersebut? Yes. Bayangkan jika Wine Steel adalah logam terkuat di dunia One Piece.

Itu akan menjelaskan banyak hal. Pertama, muka Yonji yang mengkerut. Mungkin itu karena tendangan Parage Shot Sanji yang bisa mengubah struktur tulang wajah seseorang. Tapi muka Yonji menjadi aneh. Apa karena tulang Yonji yang sudah fuse dengan wine steel sehingga reaksinya jadi seperti itu? Perhatikan pula ketika muka Yonji dipukul-pukul dengan palu, suara efeknya adalah “CLANG CLANG”, efek suara pertemuan besi dengan besi. Bukan “BAK BIK BUK” seperti seharusnya. Penggunaan PRESS MACHINE tepat ke kepala Yonji juga menjadi masuk akal jika struktur tulang tengkorang Yonji telah di-fuse dengan logam terkuat bukan? Dia bukan cyborg. Cuman struktur tulang mereka telah diperkuat.

Itu menjelaskan pula satu hal lainnya. Ketika Sanji kecil memukul muka Ichiji. Efek suara yang muncul lagi-lagi “CLANG”. Bukan “Buk”. Dan pukulan Sanji kecil sama sekali tidak bisa menggemingkan Ichiji kala itu. Apakah Ichiji murni kuat alami? Ataukah saat itu dia sudah menjalani prosedur penggabungan tulang dengan Baja Anggur? Ini akan menjelaskan pula kenapa Sanji dikucilkan habis-habisan. Barangkali hanya dia dari 4 kembar yang tidak mampu menjalani prosedur penggabungan tulang-baja, entah karena tubuhnya masih terlalu lemah atau alasan lainnya.

Nah, dengan teori ini semakin jelas bukan bagaimana Oda nanti meningkatkan kekuatan Sanji berkali lipat? Yeah, Oda telah menunjukkan kepada kita kalau kaki Sanji ‘kurang’ kuat menahan gempuran tendangan Vergo hingga mengalami keretakan. Di chapter ini pun Oda lagi-lagi menunjukkan kaki Sanji yang sudah dialirkan haki ‘kurang’ kuat menahan gempuran tombak Judge sehingga membuatnya sempat tertunduk kepayahan. Kaki yang ironisnya sudah dilatih selama dua tahun berlari-lari di neraka dunia. Apakah ternyata masih belum cukup? Apakah Sanji di Arc Whole Cake ini harus melakukan prosedur penggabungan tulang-baja dan menginjeksikan Baja Anggur ke tulang-tulang kakinya? Membuatnya menjadi pemilik kaki terkuat sejagat raya yang tendangannya mampu menghalau apa saja? Menghancurkan apa saja?

Dengan Baja Anggur di tulang kakinya, kekuatan Sanji akan meningkat berkali lipat tanpa meninggalkan identitasnya sebagai petarung kaki bukan? Aku tidak suka ide Sanji bertarung menggunakan tangannya dan meninggalkan ideologinya yang sudah sangat khas dan keren itu. Dengan begini dia bisa berdiri sejajar lagi dengan Zoro, yang katanya bisa memotong apa saja (kecuali sangkar burung, lol). Sanji dengan tendangan penghancur apa saja. Kan keren. Dengan upgrade mendadak itu pula aku merasa Sanji akan bisa melampaui seluruh keluarganya, yang selama ini terlalu mengandalkan teknologi dan tulang kuat. Sanji yang sekarang saja bisa mengimbangi keluarganya kan? Apalagi di upgrade? Apalagi dengan bergabungnya Jinbe kelak. Akui saja Jinbe yang sekarang auranya masih lebih hebat dari Sanji. Tapi dengan Sanji mengupgrade kekuatannya, Monster Trio tetap akan menjadi Monster Trio selamanya. Biarlah Jinbe menjadi yang keempat.

Apakah penambahan baja anggur bisa dikatakan kecurangan? Tidak juga. Toh tradisi itu mungkin khas keluarga Vinsmoke. Itu sudah ada dalam darah Sanji. Kelemahannya mungkin hanya pada magnet. Mengingat baja anggur tentu memiliki daya tarik magnet yang cukup kuat. Haha. Yah Jangan melawan Kid.

Sementara itu Chapter 834 banyak informasi. Kita mulai melihat banyak sekali kepentingan saling beradu. Chapter 833 terlihat nyata Keluarga Vinsmoke hanya ingin memanfaatkan aliansi bersama Big Mom dengan mengorbankan Sanji. Itu menjadi kepentingan pertama. Kemudian kita lihat di chapter ini, ternyata Pekoms ‘diculik’ Gang Bege tanpa diketahui oleh Bajak Laut Big Mom lainnya seperti Tamago. Yap, prajurit benteng memberitahu Tamago kalau keberadaan Pekoms tidak diketahui setelah mereka menepi di pulau Cokelat. Aneh. Mengingat Bajak Laut Big Mom seolah-olah memata-matai seluruh pergerakan Topi Jerami.

Ternyata Gang Bege menculik Pekoms dengan suatu tujuan. Entah apa. Dan kemudian Gang Bege tanpa sepengetahuan Kru Big Mom yang lain memutuskan untuk ‘melenyapkan’ Pekoms di Pesisir Timurlaut Whole Cake Island. Secara diam-diam. Teriakan terakhir Pekoms “Kau.. Meremehkan Big Mom akan menjadi keruntuhanmu” seperti mengindikasian kalau Bege sedang merencanakan pengkhianatan. Dia memiliki agenda tersendiri. Well, dia salah satu bagian dari 11 Supernova yang legendaris. Jadi wajar. Inilah kepentingan kedua. Yang juga akan berpengaruh besar kepada keseluruhan cerita. Kita saksikan pula Charlotte Chiffon yang mendukung aksi suaminya tersebut. Seperti Charlotte Praline yang juga mendukung keputusan suaminya, Aladine. Sepertinya Big Mom telah kehilangan respek dari beberapa anak kandungnya.

Kepentingan-kepentingan seperti ini yang selalu menjadi struktur Arc One Piece. Kita contohkan saja Dressrosa. Selain kepentingan Topi Jerami merusak pabrik Smile, juga ada kepentingan Soldier San dan Pasukan kecil Tontatta yang ingin mengkudeta. Juga ada kepentingan para gladiator Colosseum yang ingin memperoleh Mera Mera. Kepentingan berbeda itu kemudian menjadi satu di akhir cerita. Yang secara ‘takdir’ membantu tokoh utama menyelesaikan misinya. Kepentingan Vinsmoke dan Bege kali ini akan menjadi poin penting kesuksesan Luffy menyelamatkan Sanji. Kita lihat saja.

Kita bahas pula masalah Jinbe, benarkah dia membatalkan permintaannya setelah dia tahu konsekuensi apa yang harus dia terima? Apakah itu sikap seorang ‘ksatria’ samudera? Di mana harga dirinya? Yeah. Ada hal yang lebih penting dari harga diri bagi seorang ksatria. Bukan nyawanya. Tapi nyawa teman-temannya. Ingat tidak bagaimana cara Gang Bege mengancam Sanji untuk ikut ke Pesta Teh? Dia mengancam akan membantai teman-teman Sanji dari Baratie atau Kamabakka. Begitu pula dengan Jinbe kali ini, angka 10-100-1000 pada roulette kemungkinan besar artinya “Akan kupotong kepala/kaki/tangan 100/1000 teman-temanmu jika kau ingin keluar dari Bajak Laut Big Mom”. Jinbe yang dalam hidupnya selalu melakukan berbagai hal demi kepentingan orang lain, tentu harus mundur dengan konsekuensi seperti itu bukan?

Beberapa poin yang menarik untuk dibahas.

  • Kesulitan Sanji dengan borgol tenryuubito membuktikan sedewa apa Rayleigh yang dengan santainya melepasnya dengan tangan kosong. Kan kampret.
  • Setidaknya kita kini tau kalau Pudding hatinya suci. (Duh). Dia tidak menipu Topi Jerami. Hanya saja kru Big Mom tahu tentang itu, mungkin juga tahu tentang janji Pudding yang ingin menemui Topi Jerami. Tapi sengaja membiarkannya.
  • Capone Gang Petz luar biasa. Dengan dot berbentuk cerutu. lol. Si kembaran Lola ternyata namanya Chiffon. Nama yang lagi-lagi dari makanan, Chiffon Cake.
  • Pekoms mungkin akan diselamatkan Bajak Laut Matahari atau Jinbe sendiri.
  • Impian Big Mom cukup sederhana. Dan menarik. Ingin mengadakan pesta makan dengan anak-anaknya yang memiliki ukuran sama dengan dirinya. Yang ternyata berhubungan dengan permen raksasa Caesar di Punk Hazard silam.
  • Desain Charlotte Perospero luar biasa uniknya. Manusia Permen yang sepertinya ‘bisa’ menghasilkan permen dan mengubah makhluk hidup menjadi permen. Seperti isi ancamannya kepada Caesar Clown. Buah iblis pero pero (jilat). Setidaknya kita tahu satu hal, penyebab permen berbicara di Whole Cake Island adalah orang ini, tapi apakah dia juga alasan di balik furnitur hingga matahari yang bisa berbicara? Jangan-jangan semua keanehan dan keajaiban Whole Cake Island tidak karena satu orang? Tapi karena kekuatan banyak orang? Kita tertipu kondisi di Dressrosa, di mana kala itu ternyata menjadi mainan dan eksistensinya terhapus dalam ingatan dilakukan oleh satu buah iblis super culas milik Sugar.
  • Doppelganger Nami, Carrot, Sanji dan Chopper semakin banyak. Mungkin ini adalah kemampuan mengubah penampilan makhluk lain menjadi makhluk lainnya. Berbeda dengan kemampuan Mr 2 yang mengubah penampilan dirinya sendiri. Seperti terlihat doppelganger di chapter ini jiwa aslinya sebenarnya adalah hewan-hewan. Ada yang mengeluarkan suara menggonggong ‘woof ‘(anjing/serigala), mengeong ‘meow’ (kucing) hingga mencicit ‘squeak’ (tikus). Tapi wujud mereka manusia.

 

SALAM SUPPA!

 

Cuap Cuap One Piece Chapter 833 – 834 by Tonyohoho

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World