Cuap-Cuap One Piece Chapter 813 : ‘Capone “Geng” Bege’

0

Selamat malam semua dan selamat datang kembali pada #Analogi Chapter dari saya. Apa itu Analogi?? Analisa dan Cocoklogi xD. Hashtag dan istilah ini disarankan oleh Admin Usopp melihat saya yang sering mencocok cocokan hal hal lain kedalam cerita One Piece

Mulai sekarang saya akan menyebut artikel ini sebagai kesan-kesan terhadap chapter atau cuap-cuap. This doesn’t mean I don’t know about review. I just go with the flow here. B-Baka!!

Tidak terlalu banyak yang aku bahas disini karena lebih terfokus pada Capone dan Vinsmoke. Oke langsung saja saya mulai.

==============================
~ Surat Undangan Pesta Teh Big Mom ~
==============================

Saat Capone memperlihatkan isi surat undangan ini, tercantum nama panjang Sanji disana sebagai putera ketiga dari Vinsmoke. Ini membuat Brook terkejut serta merasa takut. Brook tahu sesuatu tentang keluarga Vinsmoke dari masa lalunya, mengingat umur Brook sekarang adalah 90 tahun (akan kulanjutkan tentang ini dibawah). Nami pun mengingat tentang perkataan Sanji saat di pulau Jaya. Bukan berarti Sanji ingin menyembunyikan masa lalunya dari temannya, hanya saja ia tidak menyangka hal hal tentang masa lalunya bisa mengejarnya sekarang.

===========
~ Aksi Sanji ~
===========

Sanji merasakan keberadaan yang kuat diluar melalui Haki Observasinya. Keberadaan Nekomamushi! Jika melihat keadaannya, Sanji bisa saja menyelamatkan semuanya, membawa semua keluar saat Master Nekomamushi mendekat. Namun rencananya berubah sesaat setelah “Monster Gun” Vito membisikan sesuatu kepada Sanji. Ini mungkin tawaran yang tidak bisa ditolak. “Make him an offer he can’t refuse.” Vito Corleone Mafia style #IYKWIM  xD

Sanji akhirnya memutuskan untuk memenuhi permintaan Big Mom dan menitipkan surat kepada Nami. Saat Master Nekomamushi sudah dekat, dengan segera ia mendorong Brook, Chopper dan Nami keluar kastil didalam tubuh Bege. Tapi tidak untuk Caesar. Sanji menggancam akan membunuh Caesar dan memanfaatkan Poster Buronan miliknya jika pihak Bege bergerak menangkap kembali krunya. Dan lalu Bege terpaksa menuruti kemauan Sanji. Yapp itu terpaksa. Jika saja Bege merasakan keberadaan Nekomamushi juga dia pasti bisa menghindari kejadian ini.

“Castle Tank!” seru Bege. Bege mampu merubah bagian tubuhnya menjadi Tank dan kabur dengan cepat. Wanda menawarkan diri untuk mengejar Bege namun Brook mengatakan itu percuma. Bahkan jika dapat menyusulnya, Sanji tidak ada keinginan untuk kembali. Entah apa yang membuat Brook mengatakan ini. Karena Vinsemoke? Atau isi surat? Jika karena Vinsmoke, aku yakin Brook tahu sesuatu tentang keluarga ini. Jika karena surat, aku yakin Brook pasti mengerti dan membiarkan Sanji jatuh cinta hahaha. xD

================
~ Masa Lalu Brook ~
================

Brook pernah mengatakan bahwa dulunya sebelum bergabung dengan Rumbar Pirates, dia pernah menjadi ketua tentara kerajaan (Vol. 50 / Ch. 489). Brook berasal dari West Blue, begitu juga dengan Bege. Lalu bagaimana ia mengetahui tentang Vinsmoke? Masih ingatkah kalian tentang perkataan Dragon tentang banyaknya negara yang terlibat dalam penyelundupan senjata? Dan tentang Winesteel yang kusinggung pada pembahasan chapter sebelumnya? Musuh negara Brook mungkin juga terlibat dengan penyelundupan Winesteel ini. Baiklah, aku akan mencoba mengarang teori bagaimana Brook tahu akan Vinsmoke. *jangan terlalu dipercaya xD*

Brook adalah seorang Musisi. Ia berasal dari West Blue. Tetapi kita tidak tahu pulau mana dan kerajaan mana yang ia layani disana. Satu satunya petunjuk yang memungkinkan untuk mengetahuinya adalah Byron, budak dari Toroa di West Blue yang diperkenalkan oleh Disco, keturunan panjang dari keluarga musisi. Jadi menurutku Brook juga berasal dari sini.

Pada saat Brook masih menjabat sebagai ketua tentara kerajaan, ia mendapat misi untuk menyelidiki pihak musuh (entah kerajaan mana). Brook dan anak buah tentaranya pun mengumpulkan informasi dan menemukan senjata yang digunakan kerajaan musuh ini. Untuk mencari tahu lebih dalam bagaimana pihak musuh mendapatkan senjata ini, Brook dan bawahannya mencoba untuk mengintip penyelundupan di pelabuhan. Tetapi keberadaan mereka ketahuan oleh pihak penyuplai senjata musuh yaitu Vinsmoke. Mereka dikejar dan dibunuh oleh pihak Vinsmoke. Hanya Brook yang selamat. Brook mungkin melihat keganasan keluarga Vinsmoke saat itu dan ini membuatnya trauma.

Dengan ini Brook merasa bersalah dan mengundurkan diri dari kerajaan. Sisa hidupnya ia habiskan untuk bermain musik sampai saat dimana ia diajak mengarungi lautan bersama Rumbar Pirates. Bertemu Laboon serta membuat janji untuk kembali lagi di akhri perjalanan. Namun nasib buruk menimpa krunya kembali. Sekali lagi! Kelompoknya tewas kecuali dirinya sendiri.

Maka dari itu, saat diajak Luffy pertama kali bergabung dengan kru Mugiwara ia dengan sopan menolaknya. Ia tidak ingin kejadian yang sama menimpa krunya. Yang dia inginkan saat di akhir Arc Thriller Bark adalah untuk menepati janjinya pada Laboon. Ia telah melihat kegigihan kru Mugiwara saat menolongnya mendapatkan bayangannya kembali. Ia juga menyaksikan kegigihan sang kapten saat bertarung melawan salah satu anggota Shicibukai. Dengan ini ia mempercayakan hidupnya pada Luffy dan berharap akan bertemu lagi dengan Laboon untuk menepati janjinya.

====================
~ Capone dan Vinsmoke ~
====================

Disini juga aku akan mencoba mengarang teori bagaimana hubungan Bege dan Vinsmoke. Aku percaya Vinsmoke adalah saingan bisnis Capone di dunia bawah, terinspirasi dari teori Appha2late17 yang mengatakan pernikahan Sanji ini menjadi model dari St. Valentine’s Day Massacre. Kemudian aku memutuskan mencari lebih dalam tentang Pembantaian Valentine ini dan memang tidak jauh berbeda dari Alpha2late17.

St. Valentine’s Day Massacre.

Hari Valentine pada tahun 1929 di Chicago adalah hari paling brutal dan tidak terlupakan dalam sejarah Amerika. Hari Valentine adalah hari peringatan tentang cinta, ketulusan dan kecantikan. Tetapi Valentine yang terjadi di tahun 1929 sangat ganas bahkan untuk ukuran dunia kejahatan. Capone dipercaya sebagai orang dibalik pembantaian tujuh orang Gang Moran. Banyak film telah dibuat tentang ini. Banyak buku ditulis. Dan penelitian yang telah dilakukan. Tetapi pembantaian ini tetap menjadi misteri sampai hari ini.

Buku yang akan kusinggung disini adalah “Dead Men Do Tell Tales Series!” oleh Troy Taylor. Akan kuceritakan sedikit bagian dari cerita ini yaitu tentang St. Valentine’s Day Massacre.

Persaingan ini bermula dari memperebutkan wilayah kekuasaan. Capone mencoba membunuh Moran, sang rival bisnis minuman keras di Dunia Bawah. Salah satu anak buah Capone terbunuh oleh Moran, dan Capone bersumpah akan menghancurkan Moran di tanggal 14 Februari. Capone saat itu berada di Detroit. Capone menyuruh orang lain untuk memanggil Moran dan memberitahukannya bahwa akan ada pengiriman spesial minuman keras ke salah satu garasi Moran di North Side di pagi hari.

Enam orang dari pihak Moran menunggu kiriman itu datang di garasi. Moran terlambat ke lokasi dan saat sampai disekitar garasi, Moran merasa aneh dengan adanya mobil polisi yang parkir disekitar sana. Moran memutar jauh dan berhenti disudut jalan untuk menikmati kopi sambil memperhatikan mobil polisi itu. Kemudian lima orang keluar dari mobil itu dan pergi menuju garasi. Tidak lama setelah itu suara tembakan menghiasi sepinya suasana pagi. Lalu lima orang dari mobil polisi tadi kembali dan pergi meninggalkan lokasi itu disertai dengan suara yang anjing menggonggong dan mengaung.

Terganggu oleh suara anjing, tetangga sekitar sana pun pergi mengecek dan kaget melihat banyaknya mayat disana. Menelpon polisi dan sampai akhirnya kejadian ini masuk kedalam koran dengan foto pembantaian yang sangat mengejutkan.

Tersangka sebenarnya dalam pembantaian ini adalah “Machine Gun” Jack Gurn anak buah setia Capone.

===================
~ Sejarah Hari Valentine ~
===================

Cerita legenda mengisahkan tentang St. Valentine, seorang pendeta yang menentang kaisar Claudius II akan larangan pernikahan. Claudius percaya banyak yang tidak ingin bergabung dengan tentara prajurit karena ikatan mereka dengan keluarga. Maka dengan ini Claudius melarang pernikahan. Claudius percaya Roma butuh prajurit sempurna dengan sedikit atau tidak ada ikatan dengan keluarga sama sekali, jadi mereka dapat bertarung dengan baik. Merasa berat dengan keputusan ini, Valentine menentangnya dan diam diam membantu pasangan muda untuk menikah.

Saat aksi Valentine ketahuan, Claudius memerintahkan untuk memenjarakannya. Didalam penjara ia jatuh cinta kepada anak perempuan dari penjaga penjara si gadis buta. Dan kemudian memberi si gadis sepucuk surat sebelum dia dihukum mati. Legenda mengatakan si gadis buta ini mendapatkan kembali pengelihatannya.

==========================
~ #Analogi Analisa Dan Cocoklogi ~
==========================

Jika kita menerapkannya ke One Piece, banyak kemiripan dan mungkin akan terjadi kedepannya. Sebagai contoh :

St. Valentine mengirimkan surat kepada gadis buta selama di penjara.

Sanji menitipkan surat pada Nami saat didalam kastil Bege.

Atau Sanji menitipkan surat pada Purin untuk meminta bantuan? Sepertinya peran Purin disini bisa diganti dengan Lola (yang dari dulu dicurigai sebagai anak Big Mom).

Capone memancing Moran dengan pengiriman minuman keras.

Capone memancing Vinsmoke dengan pernikahan Sanji.

Moran ini menggambarkan ayah Sanji. Moran memegang kuasa di wilayah utara “North Side Gang”. Dan ayah Sanji memegang kuasa di North Blue.

“Machine Gun” Jack Gurn membunuh anak buah Moran. Tetapi Moran sendiri berhasil menghindari jebakan ini.

“Monster Gun” Vito membunuh kedua kakak Sanji tetapi ayahnya Sanji berhasil menghindari jebakan ini.

==============================
~ Spekulasi dan Prediksi Arc Kedepan ~
==============================

Kita tahu Pak Oda banyak terinspirasi dari dongeng, sejarah, dan beberapa kejadian nyata. Contohnya : nama panjang Law yang terinspirasi dari nama Perang Trafalgar dan Perang Waterloo. Perang antara British (Law) dan Spanyol (Donquixote Doflamingo) yang terjadi di Spanyol (Dressrosa).

Dari semua informasi yang sudah kudapat ini, aku akan mencoba membuat spekulasi dan prediksi dari imajinasi gila seperti yang kulakukan pada chapter-chapter yang lalu xD.

*Aku tidak memaksa kalian mempercayai ini tapi kumohon bacalah.

Capone dan Big Mom berencana untuk membunuh Vinsmoke dengan menggunakan Sanji. Ditengah acara pernikahan, Capone Bege beraksi dan dapat membunuh beberapa bawahan dari Vinsmoke tetapi ia gagal membunuh ayah Sanji. Kekacauan pun terjadi di pesta pernikahan ini. Kegagalan misi ini membuat Big Mom marah dan mengurung Sanji karena Big Mom pikir Sanji masih berguna untuk memancing kru SHP.

Namun berita terkait pesta teh Big Mom tersebar luas ke seluruh dunia baru, dimana berita tentang kematian sebagian keluarga Vinsmoke di pesta teh Big Mom diberitakan. Ini tentu membuat runtuh reputasi Big Mom sebagai Yonkou. Bagaimana bisa pesta teh serta pernikahan yang seharusnya tertutup dan hanya kalangan-kalangan atas yang menghadiri bisa tersebar luas keseluruh dunia baru? Kalian tentu tahu siapa reporter yang kumaksud bukan ? Haha xD

Disisi lain, mungkin Pekoms akan membantu dan menjelaskan secara detail tentang pernikahan ini sebagai balas budi atas terselamatkannya kampung halamannya. Ia juga memberitahu apa dan siapa saja yang terkait dengan Big Mom. Kekuatannya, kemurkaannya, sampai ke anak-anaknya. Tersebutlah nama Lola dari mulut Pekoms sebagai salah satu anak Big Mom entah yang keberapa. Lalu Nami ingat tentang Lola dan Vivre Card yang disimpannya serta pesan Lola agar mengikuti Vivre Card ini jika menghadapi masalah di Dunia Baru. Disaat mereka berbincang, koran News Coo datang dan memberikan berita baru ditengah perbincangan mereka. Tertulis disana artikel berita tentang kekacauan di pesta teh oleh reporter berinisial Absa.

Dengan ini kru SHP akan sangat khawatir dengan keadaan Sanji dan segera berangkat untuk menyelamatkannya. Inilah saatnya menggunakan Vivre Card yang diberikan Lola. Bukan karena mencari pertolongan tetapi memulai peperangan. Luffy tahu yang dia lawan adalah Big Mom yang tentu mempunyai banyaknya komandan serta aliansi. SHP juga butuh jumlah yang besar untuk memulai perang melawan Yonkou Big Mom.

Disinilah pertama kali armada Mugiwara dan ketujuh komandonya akan beraksi. Berita ini juga sampai kepada mereka. Mereka lalu bersiap berangkat untuk membantu Luffy dalam peperangan pertama antara Supernova dan Yonkou. Sebuah momen bersejarah dimana roda gigi lama akan segera digantikan dengan roda gigi baru.

*Sekali lagi ini hanya imajinasi semata. Untuk jalan cerita kedepannya, Pak Oda yang menentukan. Saya hanya bisa berimajinasi xD

==========
~ Konklusi ~
==========

  • Brook tahu akan keluarga Vinsmoke dulunya saat masih menjadi ketua tentara kerajaan.
  • Pernikahan ini akan berbasis cerita St. Valentine Massacre dimana Capone dan Big Mom berencana menghancurkan keluarga Vinsmoke, dan akan menjadi setting cerita untuk menyelamatkan Sanji.
  • Absalom akan menyusup kedalam pesta teh dan meliputnya.
  • Sanji akan dikurung ditahan karena menentang kehendak Big Mom, dan mencoba mengirimkan surat meminta pertolongan.

Terima kasih telah membacanya sampai habis.

 

Cuap Cuap One Piece Chapter 813 : ‘Capone “Geng” Bege’

by Baby 5. Admin ONE PIECE INDONESIA

 

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World