[Bukan] Review One Piece Chapter 854

0

Mohon maaf sekali karena artikel ini sebenarnya tidak layak disebut review.

Saya murni bukan reviewer, saya admin khusus pengamat netizen baik di indonesia maupun seluruh dunia, salah satunya yang paling kental adalah negeri Japan. Saya tidak pandai berspekulasi seperti admin Calgara dan admin Silvy, jadi kalian ga akan dapat menikmati syair syahdu pada artikel dibawah ini.

[Warning]

Artikel ini merupakan modifikasi dari artikel pribadi saya yang sebenarnya hanya berfungsi sebagai archive saja. Untuk lebih menarik dengan gambar kalian dapat mengaksesnya kesini.

Karena ga bisa basa basi, jadi to the point aja ya  

Here u go

Fan request cover kali ini adalah sebuah permintaan dengan codename Roronoa Natsuki agar Oda membuatkan halaman penuh Zoro yang mengenakan kacamata hitam dan mengendarai sebuah sepeda motor harley. Aku memprediksi cover fan request akan berakhir hingga chapter 859 dan mulai 860 kita kembali disuguhkan cover story. Biar kutebak cover story selanjutnya adalah “The Adventure of Fujitora”

Based on tweet diary Naito January 2017 diketahui bahwa setiap harinya ada banyak sekali message board yang masuk. Naito berhenti memilah message board tepat di urutan ke-200. Saya percaya tentunya Naito sangat tepat berkolaborasi dengan Odachi. Weekly Shonen issue 10 2017 menampilkan permintaan yang menggambarkan apa yang disukai oleh Oda. Terlihat bahwa gesture Zoro dalam mengendarai sepeda motor sangat mirip sekali dengan Arnold Schwarzenegger yang membintangi Terminator series sebagai T1100! Ya! Benar bahwa Oda menyukai sosok figure Terminator. Hal ini dapat dilihat pada ruang kerja Oda yang terlihat pada booklet Jump Ryu volume 3 (10/2015).

Jika diibaratkan maka ketiga pedang Zoro seperti double gun dan Chopper mengintrepretasikan John Connor pada serial ‘Terminator’. Selain itu simbol tengkorak silang merupakan simbol kental bagi seorang perompak. Coba lihat PoteChi yang dimakan Chopper memiliki arti Potato Chips!

The Strongest Candidate New Mugiwara Ichimi: Jinbe The Rebellion!

Kita dapat melihat kata kata seorang pria sejati di sini!

Ya memang, Mama memang mencoba melindungi Gyojin Island untuk Jinbe. Tapi untuk kali ini Jinbe mengambil sebuah keputusan bahwa ia akan melindungi Gyojin Island dengan caranya sendiri. Kita sudah diperlihatkan pada chapter sebelumnya (830), Jinbe berdiri dihadapan Mama disebuah latar Sweet City. Jinbei bermaksud mengundurkan diri yang berarti melepas ikatan antara Sun Pirates dengan Big Mom Pirates. Ya tentunya hal itu memiliki sebuah persyaratan yang sederhana yaitu “Spin the Roulette”.

Nampaknya terjawab sudah pada chapter 854 alasan Jinbe mengundurkan diri dari roulette dengan alasan terlogis yaitu Jinbe mencium aroma kematian saat ia dihadapkan dengan jarum roulette (that wheel smells only of death only). Mendengar hal itu, Pedro justru bereaksi dengan memberikan sebuah apresiasi untuk Jinbei karena tidak melakukan tindakan ceroboh. Tapi memang selalu ada hate speech dipihak oposisi. Bertentangan dengan Pedro, para warga Tottland justru memiliki pandangan yang berbeda bahwa Jinbe the Knight of the Sea merupakan seorang warlord yang pengecut!

Lima tahun yang lalu, Nox Pirate yang dipimpin oleh Pedro telah kehilangan satu orang anggota setelah dihadapkan pada sebuah Roulette dan memutarnya. Zeppo mendapat pengurangan lifespan sebanyak 100 tahun. Sayangnya hanya dibutuhkan 30 tahun lifespan telah membuat Zeppo kehilangan seluruh hidupnya. 70 tahun sisanya ditanggung oleh Pedro dengan memberikan mata kirinya sebagai pengganti 20 tahun lifespan dan tentu 50 tahun usia Pedro sebagai pengganti sisanya.

Aku tidak sedang ingin membahas seberapa jauh usia mink dapat bertahan hidup dalam kondisi prima, namun nampaknya mink dapat memiliki jangka waktu usia lebih lama dari manusia normal. 80 tahun? 100 tahun ? Who knows!

The God has Injured! Soul Art Debut!

Untuk Kali Pertama, ketiga dari Wujud soru mama yang bersemayam pada prometheus, zeus dan Napoleon berhasil tergores oleh “the soul king brook”

Tak heran mereka terluka. Brook merupakan salah satu dari tipe petarung di Mugiwara no Ichimi. Yang menarik disini adalah Brook seolah olah seperti “Bag of Bones” untuk Mama. Ini mengingatkan kepada kita akan budaya Japan mengenai てるてる坊主 (Teru Bozu) jika dilihat dari fisik Brook yang dibandingkan dengan ukuran Mama.

Teru Bozu merupakan salah satu bentuk animisme di Japan. Teru Bozu dipercaya dapat membawa cuaca cerah bagi mereka yang memasangnya di depan rumah mereka. Siapa sangka ternyata Teru Bozu memiliki sebuah kisah legenda tersendiri yaitu pada awalnya Teru Bozu merupakan nama lain dari So Chin Nyan atau Soseijou. Soseijou adalah seorang gadis tumbal berupa gadis tercantik disebuah desa yang sengaja dikirim oleh sang keluarga demi menghalau badai besar yang akan menenggelamkan desa. Penggambaran sosok gadis tersebut adalah membawa sebuah sapu dengan maksud menyapu sang badai.

Terdapat syair mengenai Teru Bozu yang dapat dicocoklogikan kedalam alur cerita yaitu “sorete mo kumotte naitetara sonata no kubi wo chon to kiru zo”. Nampaknya hal ini dapat diandaikan layaknya Purin yang dijadikan tumbal Mama dalam mencapai ujung dunia, mendarat di pulau terakhir Grandline! “Janganlah membuat sang awan menangis maka akan kupenggal kepalamu” dapat dimaksudkan sebagai janganlah mengecewakanku (Mama, Zeus, Prometheus dan Napoleon) maka aku akan membunuhmu. Purin memang sosok anggota keluarga yang difavoritkan oleh Mama, tapi kedudukannya bagaikan pedang bermata dua untuknya. Dengan kata lain Mama hanya menginginkan special ability dari third eye milik Purin. Jika purin tidak berguna untuk apa Mama merawat Purin hingga sejauh ini.

A Song of Ice and Fire Lane!

Beberapa kemiripan pada karya George R Martin diantaranya adalah :

  1. Pernikahan mengandung politik.
  2. Pernikahan sudah diatur sebagai bentuk pembantaian.
  3. Orang yang mengatur pernikah adalah seorang poligami yang bermaksud menjadikan anak anak mereka dalam menghasilkan sekutu.

Tak banyak dalam hal ini yang dapat dijabarkan, karena hal ini telah dijelaskan oleh Purin pada chapter sebelumnya. Tentunya Purin tidak berbohong kepada Mama untuk ini. Dilihat dari cara Purin berbicara, masih adakah nurani kebaikan dihati Purin? Purin berencana menyiapkan tembakan bertubi tubi untuk anggota Vinsmoke yang lain setelah peluru berhasil menembus tempurung Sanji. Akankah adegan ini mendapat cut version dari adaptasi anime?

Fake News!

Fakta yang mengejutkan, ternyata ada beberapa news yang tidak sesuai ekspektasi para penghuni Tottland. Charlotte Opera yang memberikan laporan palsu mengenai kematian Topi Jerami dan Niwatori yang mengkonfirmasi kematian Pedro. Ada yang unik disini, yaitu ketika Chess Soldier berjaga pada guest room, mereka mengira bahwa Sanji sedang beristirahat untuk pernikahan besok, ternyata yang tertidur disana adalah seorang prajurit Terong! Bagaimana jika kita sebut dia Eggplant soldier?

Division Meeting!

Yap pada pembahasan ketika rapat pengamanan chateau Whole Cake, kita dihadirkan sosok karakter baru selain yang sudah kita ketahui seperti Mont d’Or (Milk Cheese), Opera (Opera Cake), Niwatori (Tama) , Amande (Kacang Almond) dan Galette (French Cake Galette).

Diantara mereka ada beberapa karakter yang belum kita ketahui seperti :

  • 本 Pria bertopi dan ketiga anak yang mirip dengannya. Pria bertopi ini similiar sekali dengan leprechaun seorang “male fairy” pada salah satu karakter buatan disney. Sejauh ini kita dihadapkan background sett maupun konsep character dari mereka ataupun jenis makanan yang memang bergaya fantasi eropa yang diadaptasi dari novel layaknya Alice in Wonderland, Hansel & Gratel dsb.
  • 本 Seorang pria (?) bersayap similiar to Jabberwocky Disney.
  • 本 Seorang wanita berlengan panjang seperti Longarm Tribe (?)
  • 本 Seorang yang berkepala labu.
  • 本 Seorang wanita yang bertubuh gemuk.
  • 本 Seorang berkepala labu.
  • 本 Seorang bertubuh kelinci raksasa.
  • 本 seorang wanita normal yang belum diketahui seluk beluknya.
  • 本 dan seorang pria yang berkepala thomas & friend yang nampak berpose “ntap soul”.

Hingga saat ini Big Mom Pirates yang bukan termasuk keluarga Charlotte adalah Amande, Bobbin, dan Tamago. Namun mereka memiliki peran penting sebagai anggota Big Mom Pirates! Exclude Carne, Randolph, Diesel, Croc man, dsb.

The Promises Is Not What the Mind Thinks but What the Heart Feels!-

Aku tidak mau membahas lebih jauh betapa dalamnya perasaan Reiju yang menyaksikan Luffy melewati Sweet City menuju tempat perjanjian. Aku juga tidak pandai mengungkapkan betapa pedihnya perasaan Sanji saat kegundahan pasca pengambilan keputusan yang membuatnya terperangkap kedalam situasi yang justru mengharuskan ia memiliki keputusan bercabang!

Pada akhirnya hasrat dan keinginan akan sejalan dengan apa yang hati rasakan. Pikiran seakan menolaknya, tetapi hati? Pepatah mengatakan sedalamnya lautan dapat diukur menggunakan teknologi, dalamnya hati siapa yang dapat mengukurnya?

Sebagai pengakhiran artikel, aku hanya ingin memberikan gambaran bahwa Bobbin belum tumbang! Bobbin masih dapat bangkit dan mengejar Sanji menuju tempat perjanjian. Bobbin merupakan salah satu petinggi Mama yang cukup tangguh *pada debut awal Bobbin disebutkan memiliki epithet “the debt collector”, sebagai orang yang dipercaya Mama ia mampu membakar sebuah kerajaan

PS:

Nampaknya Oda melupakan celah dari pakaian curian Nami. Dibagian bawah pakaian Nami seolah olah pakaian tersebut tidak memiliki rongga untuk kaki, ataukah bagian dari sensor karena Nami tidak mengenakan celana dalam? Ataukah memang modelnya seperti itu.

Juga pada adegan meeting para anggota petinggi, Niwatori tidak terlihat pada panel selanjutnya.

Thanks to: Ishuhui, TalkOP, Takada, Sabo420, One Piece Herritage Atsuko, penyedia scanlation Mangastream (saya baru tahu Eucalypthus diganti oleh Voxanimus).

Oh iya, saya mendapat kabar, sebenarnya hanya rumor jika wanpis kembali mengadakan exhibition untuk opten 20th anniversary. Semoga Oda merilis mook khusus dan konfirmasi mengenai new Mugiwara 9th & 10th. Project saya masih banyak sebenarnya dibeberapa forum

*fan art : seniman tertera

Makasih yang mau baca

[Bukan] Review One Piece Chapter 854 oleh General Hashimoto

Admin One Piece Fan Club Indonesia

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World