Bom, Big Mom, Dan Ratu Kue

0

Oi nakama, gimana cuacanya disana? Di sini sedang hujan. Paling enak emang bergelut dengan selimut atau memanjakan mulut dengan secangkir minuman hangat ditemani camilan. Minuman coklat hangat selalu jadi teman di kala hujan seperti ini, bagaimana dengan kalian?

Kali ini aku datang membawa sebuah teori yang sebenarnya terlalu spekulatif alias banyak ngarang nya namun kuharap tetap bisa dinikmati hahaha. So enjoy nakama…

Arc Whole Cake Island tanpa terasa mulai menuju titik klimaksnya. Satu persatu kartu yang jadi pelengkap mata rantai cerita pun mulai terbuka. Dan setelah mengalami berbagai insiden dalam misi merebut Sanji yang mendekati mustahil,akhirnya langkah egois Luffy sementara terhenti. Ya Luffy dan Nami terperangkap dalam penjara buku hasil manipulasi salah satu anak Big Mom, Mont D’ Or . Ability yang sungguh unik.

Perpustakaan Ajaib

Dalam sebuah ruangan khusus di kastil Big Mom yang besar, terdapat sebuah perpustakaan dengan jumlah koleksi buku yang besar serta ukuran yang besar pula. Jauh lebih besar dari ukuran buku pada umumnya. Bagi orang awam, mungkin itu tak lebih dari perpustakaan berisi ilmu pengetahuan namun saat membuka salah satu dari buku tersebut, kita akan menyadari jika perpustakaan itu adalah penjara yang mampu menampung ribuan bahkan mungkin ratusan ribu tahanan. Tak akan kalah dengan daya tampung penjara besar Impel Down milik World Goverment. Bagaimana tidak? Untuk menampung 100 an tahanan saja, Mont D’ Or hanya membutuhkan 1 buah buku. Luffy di penjara di salah satu buku hal 55 dan itu tak sampai setengah dari tebal buku .

Kau bisa berasumsi jika rata – rata 1 buah buku mampu menampung ratusan tahanan. Jika setiap buku yang tersimpan disana penuh dengan tahanan atau setidaknya 70% dari jumlah buku itu saja, maka kalian akan segera menyadari tahanan yang Big Mom miliki entah itu hewan maupun manusia bukan jumlah yang bisa dijadikan bahan gurauan. Jumlah yang amat besar.

Dikatakan siapapun atau mahluk apapun yang terpenjara disana tak akan bertambah tua tak peduli berapapun waktu yang terlewati, menjadikan ability Mont D’ Or ini tak hanya sempurna sebagai penjara namun juga sebagai museum. Bagaimana tidak? Dengan tak bertambah tuanya fisik dari sang tahanan membuat Big Mom tak akan mengkhawatirkan ribuan koleksi mahluk uniknya mati karena faktor usia.

The Prisoner of Big Mom Pirates

Apakah perpustakaan milik Big Mom hanya berisi mahluk mahluk unik dari berbagai penjuru lautan? Seperti koleksi mahluk unik yang ia tunjukkan pada Vinsmoke?

Tidak, jawabannya tentu saja tidak. Buku di perpustakaan Big Mom memiliki judul yang sesuai dengan apa yang tersimpan di dalam buku tersebut. Seperti yang Mama pegang serta buku buku yang tersusun rapi di rak-rak berukuran besar memiliki judulnya masing masing. Apakah kalian bisa menemukan buku dengan judul Dinosaur di salah satu buku tersebut? Ya, isinya tentu saja berisi beragam jenis hewan prasejarah ini. Dan tentunya ada buku buku dengan judul judul lainnya seperti hewan laut misalnya, ular atau beragam jenis kucing.

Namun dari sekian banyak buku disana, yang paling mencolok adalah buku dengan judul “Prisoner”. Ada sebuah ruangan khusus yang masih jadi bagian perpustakaan tersebut yang dinamai Prisoner Library atau Perpustakaan Tahanan. Ya, buku-buku disana memiliki satu judul yang sama, “Tahanan”. Buku yang berbaris rapi dari dinding ke dinding hingga hampir memenuhi ruangan. Kalian bisa menebak apa isinya? Isinya sama dengan salah satu buku tahanan hal. 55 yaitu orang orang yang menantang Big Mom atau membuat kekacauan Di Tottoland.

Jika berbicara jumlah, kita tentu tak bisa memperkirakannya secara pasti karena selain tak mengetahui berapa jumlah buku tahanan yang tersimpan disana, kita juga tak mengetahui apakah buku-buku yang berbaris disana telah terisi penuh oleh tahanan. Aku hanya sekedar bisa memberikan gambaran jika 1 buah buku setidaknya berisi lebih dari 100 lembar . Itu artinya 1 buah buku tahanan memiliki kapasitas minimal 100 an orang dengan asumsi 1 tahanan untuk 1 sel namun juga bisa lebih dari satu seperti Luffy dan Nami yang ditempatkan dalam satu sel.

Berapa jumlah buku yang ada disana? Belasan, puluhan bahkan bisa saja mencapai ratusan buku. Asumsikan saja ada 100 buku tahanan di ruangan tersebut, maka setidaknya ada sekitar 10.000 orang yang terpenjara dalam buku tahanan. Itu bukan angka yang kecil jika berbicara tentang kuantitas.

Bagaimana dengan kualitas dari para tahanan tersebut?

Jika bicara tentang kuantitas maka lebih adil jika menyertakan kualitasnya. Tentu kualitas yang kumaksudkan disini adalah potensi kekuatan yang dimiliki oleh tahanan Big Mom. Lemah ? Kuat? Tentu jadi penilaian yang terlalu dini jika mengatakan hal itu sekarang tapi mari mencoba memandangnya dari sisi lain.

Mereka yang ditangkap dan dipenjara secara umum bisa digolongkan menjadi 2 :

1. Penduduk lokal Tottoland yang melanggar atura.

Sebuah negeri meskipun negeri yang diperintah oleh bajak laut tetaplah memiliki aturan hukum yang menjaga stabilitas sebuah negeri. Dan penduduk yang melanggarnya tentu akan mendapatkan hukuman sesuai hukum yang berlaku di Tottoland.

2. Orang orang yang menginvansi Tottoland.

Bisa berupa bajak laut, bounty hunter atau bahkan bisa saja Marine dan agen CP. Tentu tujuan mereka beragam. Ada yang sekedar menyusup untuk mengorek info, mencuri harta Big Mom, Mendapatkan kepala dari anggota Big Mom pirate untuk ditukar uang, bahkan bisa saja ada yang menginvansi dengan tujuan menantang Big Mom guna menumbangkan hegemoninya.

Khusus golongan kedua, melihat keberaniannya untuk masuk ke daerah kekuasaan seorang Yonkou terlepas dari apapun metode yang mereka pakai atau tujuan yang ingin mereka capai, menandakan mereka bukan orang-orang sembarangan. Setidaknya mereka memiliki keberanian serta kapasitas untuk menembus masuk daerah kekuasaan Yonkou meski akhirnya mampu di kalahkan dan di penjara dalam perpustakaan tahanan.

Tamatebako, Wedding Cake and Big Mom

Di chapter 847, ucapan Luffy lewat Denden Mushi habis-habisan memprovokasi Mama. Normalnya saat menerima provokasi tersebut, Mama yang punya ego dan harga diri selangit akan langsung naik pitam. Namun di awal chapter 848 kita malah di suguhkan reaksi yang berlawanan dari yang biasa Mama tunjukkan.

Alih-alih marah karena ucapan provokasi Luffy, Big Mom malah tenggelam dalam angan-angan indahnya tentang apa yang akan bisa ia dapatkan esok. Ya, esok hari adalah hari dimana pesta teh berlangsung. Pesta teh yang tertunda sekitar 2 minggu dan yang lebih spesial dari pesta teh kali ini adalah pernikahan putrinya dengan Vinsmoke Sanji dimana sarat akan muatan politik antara kedua belah pihak. Serta kotak Tamatebakko yang akan Big Mom buka saat pesta berlangsung. What a perfect day.

Efek Kartu Domino

Ada 4 hal yang membuat Big Mom meredam amarahnya atas provokasi Luffy:

  1. Pesta teh esok hari.
  2. Pernikahan Pudding.
  3. Kue Pernikahan.
  4. Kotak Tamatebakko

Dan tanpa Mama sadari ke 4 faktor kebahagian Mama itu bisa lenyap di hari yang sama secara berurutan bak efek kartu domino. Memberikan efek beruntun terhadap situasi secara keseluruhan di arc ini.

Kartu domino pertama yang tumbang adalah kotak Tamatebakko. Saat kotak itu dibuka ditengah tengah pesta teh yang dihadiri keluarga dari kedua belah pihak, maka akan menumbangkan kartu berikutnya. Ya Tamatebakko yang saat ini berisi oleh bom akan meledak secara otomatis ketika kotak itu dibuka. Jangan berpikir ledakan itu akan menumbangkan Big Mom serta anak anaknya ataupun keluarga Vinsmoke. Ledakan itu mungkin memberikan luka fisik pada beberapa dari mereka tapi bukan itu efek domino yang dihasilkan ledakan Tamatebakko.

Kartu kedua yang tumbang pasca ledakan itu adalah “kue pernikahan” . Kalian mungkin tak akan mengira, tapi bagi Mama, kue pernikahan adalah salah satu hal yang paling Mama nantikan di pesta teh esok.

Kue pernikahan begitu spesial bagi Mama. Setidaknya itu yang tergambar dari persiapan yang dibutuhkan untuk mendapatkan tiap bahan yang dibutuhkan. Big Mom memerintahkan elite krunya untuk mengumpulkan tiap bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini. Bahkan jika itu berarti menghancurkan sebuah negeri. Salah satu hommie di ruang Mama bahkan mengatakan jika kue pernikahan adalah ratu dari segala jenis kue. Ini adalah arc kue. Itu lah yang meyakinkanku jika kue pernikahan memegang peran penting di arc in.

Ya, saat kotak Tamatebakko meledak maka kue pernikahan akan ikut hancur akibat efek ledakan tersebut. Kartu domino kedua pun tumbang dan siap menghantam kartu berikutnya.

Kartu berikutnya yang tumbang adalah Big  Mom. Bukan Big Mam tepatnya tapi mentalnya.

Charlotte Linlin aka Big Mom adalah wanita yang memiliki satu penyakit unik. Tamago menyebutnya “eating disorder” (kelainan makan). Saat Big Mom memiliki nafsu makan besar akan salah satu jenis makanan dan makanan tersebut tak ia dapatkan, maka gejala aneh akan muncul dari dalam tubuh Big Mom dan akan bereaksi pada saraf otaknya. Membuatnya kehilangan kendali atas pikiran dan tindakannya. Mama akan mengamuk dan menghancurkan apa saja yang ada di depannya sampai ia mendapatkan makanan yang ia inginkan. Dalam kondisi seperti ini, Mama akan melupakan segalanya, entah itu pesta teh, pernikahan putrinya serta perjanjian politik dengan Germa, bahkan ia tak akan mengenali anak-anaknya. Dalam kondisi seperti ini, tak ada yang bisa menghentikan Mama.

Jika benar kue itu teramat penting bagi Mama, maka besar kemungkinan Mama akan kembali mengamuk di pesta teh kali ini. Bom yang sesungguhnya bukanlah Tamatebakko. Bom yang sesungguhnya adalah penyakit mental Big Mam itu sendiri. Ledakan kotak Tamatebakko tak lebih dari sekedar sumbu ledak sebuah bom waktu bernama Big Mom.

Dan menurut kalian apa efek terburuk dari ledakan seorang Big Mom? Batalnya pernikahan? Bukan, efek terburuknya adalah tewas atau tumbangnya salah satu anak Mama ditangan Big Mam sendiri seperti yang terjadi pada Muscat (putera ke 16). Bukan Pudding yang kumaksud melainkan Charlotte Mont D’ Or. Tewasnya Pudding mungkin akan menghancurkan rencana pernikahan tapi tumbangnya Mont D’ Or memberikan efek yang jauh lebih buruk. Efek yang mampu menjungkir balikkan situasi di cerita di arc ini secara keseluruhan.

Gemuruh di Whole Cake Island

Charlotte Mont D’ Or adalah salah satu anak Mama dengan ability Devil Fruit paling unik sejauh ini. Tipe Parameccia yang mampu memanipulasi buku. Kemampuan yang mengizinkannya untuk berkreasi dengan buku entah dengan membuat mereka terbang dengan mengepakkan tiap lembar halaman nya seolah sayap, memvisualisasikan isi didalamnya seolah menjadi nyata bagi korban serta menciptakan ruang 3 dimensi dalam buku. Tipe ability yang seperti sihir. Yang sering menjadikan perdebatan jika muncul Devil Fruit user┬ádengan tipe seperti ini, apakah efeknya bersifat permanen atau akan menghilang saat si user di tumbangkan?

Tipe ability dengan efek instan seperti ini biasanya efeknya tak permanen sehingga jika si ability user hilang kesadaran atau bahkan tewas, maka efek ability nya ikut menghilang. Tak perlu lah kusebutkan berapa banyak Devil Fruit userdengan tipe serupa memiliki pola yang sama .

Sehingga saat Mont D’ Or tumbang entah itu pingsan atau tewas maka yang terjadi adalah hilangnya segala bentuk manipulasi buku buku yang ada di Tottoland. Buku itu akan kehilangan efek ajaibnya dan kembali ke fungsi awalnya sebagai buku biasa. Termasuk buku yang digunakan untuk memenjarakan Luffy dan Nami sehingga Luffy dan Nami bahkan akan bisa keluar dari buku tersebut secara otomatis. Tentu tak hanya Luffy, tapi setiap tahanan baik itu manusia, hewan dan mahluk mahluk aneh yang terperangkap akan bebas dari penjara buku dan berkeliaran di Tottoland. Dan seketika derap langkah dari ribuan bahkan puluhan hingga ratusan ribu dari mereka akan menciptakan gemuruh di seluruh Whole Cake Island. Mereka akan membanjiri tiap sudut kota, berkeliaran dan tentu saja menciptakan kepanikan besar di setiap penjuru Whole Cake Island. Aku bertaruh apa yang terjadi di dressrosa pasca tumbangnya Sugar bukan apa apa saat Mont D’ Or tumbang.

Titik Balik

Inilah momen dimana arc ini mencapai sebuah titik balik. Saat para tahanan terbebas dari penjara buku, entah itu bajak laut, bounty hunter atau bahkan Marine serta agen World Goverment. Dalam waktu instan, Big Mam pirate memiliki ratusan bahkan ribuan musuh yang harus mereka hadapi. Mungkin bukan jadi masalah bagi Big Mom jika musuhnya hanya berjumlah belasan atau puluhan. Tapi jika mencapai ratusan bahkan ribuan orang dengan kualitas yang tak bisa ditangani oleh sekedar hommie prajurit catur, maka mereka bisa jadi ancaman nyata bahkan bagi seorang Yonkou sekalipun.

Orang berkata, saat kita memiliki musuh yang sama maka kita adalah teman. Ya, ungkapan yang akan pas untuk menggambarkan kondisi Luffy saat ini. Disaat kita meragukan sejauh mana Luffy akan melangkah melihat timpangnya kekuatan antara pihak luffy dan Big Mom Pirate, maka eksistensi dari ratusan bahkan ribuan musuh Big Mam menjadi jawaban untuk menutup lubang menganga pada perbandingan kekuatan ke 2 kubu. Ditambah luffy secara alamiah memang memiliki daya tarik abnormal yang membuat orang disekitarnya mendukung langkahnya.

Apakah dengan suntikan power skala besar ini luffy mampu menumbangkan hegemoni seorang Yonkou Big Mam? Big No XD

Kalian terlalu menganggap remeh Yonkou jika berpikir dengan ratusan atau ribuan pasukan bisa menumbangkan seorang Yonkou dimarkasnya sendiri.

Saat aku berbicara titik balik, aku tak bermaksud untuk berkata bahwa Luffy mampu mengalahkan Big Mam saat ini. Yang kumaksud adalah dengan ratusan bahkan ribuan pasukan yang kini berada di pihaknya, maka Big Mam tak lagi memandang remeh Luffy.

Beberapa bulan yang lalu, aku pernah menuliskan sebuah teori yang intinya arc ini akan berakhir dengan sebuah negosiasi antara Luffy dan Big Mam. Tapi beberapa hari setelahnya aku sadar jika aku terlalu naif, amat naif dengan menganggap Big Mam mau bernegosiasi dengan Luffy. Tak ada alasan bagi Big Mom untuk bersedia mendengarkan ucapan Luffy atau Nami karena tanpa perjanjian itupun, Big Mam tetap mendapatkan apa yang ia mau. Jangankan bernegosiasi, didengar pun tidak.

Jadi idealnya harus tercipta sebuah kondisi dimana Big Mam mau bernegosiasi dengan Luffy dan Nami. Dan potensi ancaman yang Luffy hadirkan dengan ratusan bahkan ribuan musuh Big Mam dibelakangnya mau tak mau akan membuat Big Mam bersedia bernegosiasi dengan Luffy terkait Sanji.

Kenapa harus dengan negosiasi?

Membawa kabur Sanji begitu saja tentu bukan solusi. Mungkin Luffy bisa saja membawa kabur Sanji dan katakanlah dengan suatu cara bisa melepas borgol di kedua pergelangan tangan Sanji. Tapi bagaimana dengan nasib Baratie?
Luffy tak mungkin bisa melindungi mereka tiap saat dari ancaman seorang Yonkou.

Jadi opsi nya hanya ada 2 : bernegosiasi atau menumbangkan hegemoni Big Mam saat ini juga sehingga Baratie terbebas dari ancaman Mama.

Mana menurutmu yang lebih realistis untuk Luffy saat ini?

 

Bom, Big Mom, Dan Ratu Kue oleh Calgara

Admin One Piece Fans Club Indonesia

Share.

About Author

One Piece Indonesia. One Piece World